Selasa, 23 Februari 2021

Cinta Itu Datang Dari Ketidaksengajaan dan Dimulai dari Keberanian

Cinta Itu Datang Dari Ketidaksengajaan dan Dimulai dari KeberanianCinta memang ada pada tangan Tuhan & akan segera memberikannya pada kita. Namun, kita juga wajib berani buat mengambilnya. Tuhan telah menciptakan skenario agar kita bisa bertemu dengan orang yg adalah pasangan terbaik Anda. Skenario yang dibentuk Tuhan tak jarang tidak terduga. Bisa saja lantaran nir sengaja kenal pada kelas, ekstrakurikuler, jejaring sosial, atau bahkan karena suatu peristiwa pada jalan (kayak sinetron aja). Jika telah merasa relatif akrab, kita jua harus berani menembaknya.

Jadi, jangan terlalu memaksakan diri Anda buat mencari cinta hanya untuk sekedar mendapatkan status saja. Seperti mencari lewat jejaring sosial atau situs kencan. Percayalah, hubungan cinta dengan cara misalnya itu nir akan berlangsung lama . Dan lebih parah lagi, itu akan menghalangi jalan Anda buat menemukan cinta sejati Anda.

Selain menurut ketidaksengajaan, kita juga harus memiliki keberanian. Sebagai cowok, kita harus berani menembaknya apabila dirasa sudah pantas buat menembaknya. Sebagai cewek, kita juga wajib berani dengan menaruh sedikit tanda-tanda bahwa Anda senang dengannya. Dengan demikian, Anda akan segera mendapatkan cinta sejati Anda.

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga berguna Tips Cinta

Genetika (Artikel Lengkap)

GenetikaGenetika adalah ilmu yg memeriksa sifat keturunan. Keturunan merupakan proses biologis dimana orangtua/induk mewariskan gen kepada anaknya atau keturunannya. Istilah ?Genetika? Adalah serapan menurut bahasa Belanda genetica, adaptasi menurut bahasa Inggris genetics, yang dari berdasarkan bahasa Yunani Kuno ????????? (genetikos) yg berarti ?Tempat?/?Generatif?, yang asal menurut istilah dasar ??????? (genesis) yg berarti ?Asal?.

Dalam hayati, ilmu genetika menilik gen, pewarisan sifat, & keanekaragaman organisme hayati. Genetika dapat diaplikasikan ke banyak sekali studi mengenai kehidupan misalnya bacteria, plantae, animalia, & insan. Sejak dulu, telah terdapat banyak sekali observasi buat berbagi varietas dari suatu flora dan hewan. Ilmu genetika terbaru dimulai sang Gregor Mendel dalam pertengahan abad ke-19.

Genetika berusaha mengungkapkan material pembawa kabar buat diwariskan (bahan genetik), bagaimana kabar itu diekspresikan (aktualisasi diri genetik), & bagaimana berita itu dipindahkan dari satu individu ke individu lain (pewarisan genetik).

1. Sejarah Genetika

Ilmu genetika dimulai dari penelitian yang dilakukan sang Gregor Mendel pada pertengahan abad ke-19. Gregor Johann Mendel, merupakan seorang ilmuwan & biarawan berkebangsaan Jerman-Ceko yg meneliti pewarisan sifat dalam tanaman .

Dalam papernya yg berjudul Versuche ?Ber Pflanzenhybriden (Penelitian tentang Perkawinan Silang pada Tumbuhan) yang dipresentasikan pada tahun 1865 pada Naturforschender Verein (Asosiasi Penelitian mengenai Alam) di Br?Nn, Mendel menelusuri pola pewarisan sifat-sifat eksklusif pada tanaman kacang ercis/kapri (Pisum sativum) & menjelaskannya secara matematis. Kacang ercis dipakai lantaran:

memiliki pasangan sifat yg menyolok

bisa melakukan penyerbukan sendiri

segera menghasilkan keturunan atau umurnya pendek

sanggup membuat poly keturunan, dan

mudah disilangkan

Mendel tetapkan dua hukum yg terkait dengan genetika. Hukum Mendel I (Hukum Segregasi) menyatakan ?Pada pembentukan gamet kedua gen yg merupakan pasangan akan dipisahkan pada dua sel anak?. Hukum Mendel II (Hukum Independent Assortment( menyatakan ?Bila 2 individu tidak selaras satu dengan yang lain dalam 2 pasang sifat atau lebih, maka diturunkannya sifat yang sepasang itu tidak bergantung dalam sifat pasangan lainnya?.

Sebelum Mendel, telah ada teori lain tentang pewarisan sifat. Salah satu teori populer pada masa Mendel adalah konsep pewarisan adonan yakni pandangan baru yang menyatakan bahwa seseorang individu adalah output pencampuran sifat yg dimiliki orangtuanya (ibu dan ayahnya).

Hasil penelitian Mendel nir menerima pengertian yang luas hingga pada tahun 1890-an?Sehabis beliau mangkat ?Waktu peneliti lain pula mengamati perkara yg mirip dan melakukan penelitian ulang output penelitian Gregor Mendel. William Bateson?Pendukung penelitian Mendel?Membangun kata genetics dalam tahun 1905. Bateson mempopulerkan kata ini buat mengistilahkan studi tentang pewarisan sifat pada ajang Third International Conference on Plant Hybridization pada London dalam tahun 1906.

Setelah penelitian ulang output penelitian Mendel, para ilmuwan mencoba untuk menentukan molekul mana yg bertanggung jawab terhadap proses pewarisan sifat. Pada tahun 1911, Thomas Hunt Morgan mengatakan bahwa kromosom yg bertanggung jawab menurut hasil penelitiannya terhadap lalat buah.

James D. Watson & Francis Crick menyebutkan struktur DNA dalam tahun 1953. Rosalind Franklin & Maurice Wilkins menemukan bahwa DNA mempunyai struktur helix.

2. Molekul Dasar pada Genetika

Molekul dasar berdasarkan gen adalah asam deoksiribonukleat (DNA). DNA tersusun menurut rantai nukleotida yang terdiri dari empat tipe: adenin (A), sitosin (C), guanin (G), dan timin (T). Informasi genetik masih ada pada rangkaian nukleotida tersebut & gen terdapat sebagai regangan pada rangkaian sepanjang rantai DNA. Virus merupakan satu-satunya pengecualian pada hukum ini. Sesekali virus hanya terdapat RNA sebagai materi genetik. Virus nir bisa bereproduksi tanpa inang & terpengaruh oleh beragam proses genetik. Jadi, virus cenderung tidak dipercaya menjadi makhluk hayati.

Gen tersusun secara linear sepanjang rantai panjang DNA. Pada bakteria, setiap sel biasanya masih ada sebuah genophore melingkar tunggal. Sementara pada organisme eukariotik (seperti flora dan hewan) mempunyai DNA yg tersusun pada kromosom. DNA pada kromosom terhubung dengan struktur protein yg menyusun dan mengendalikan akses ke DNA yg diklaim kromatin.

Banyak spesies makhluk hidup mempunyai kromosom seksual yg memilih jenis kelamin setiap organisme. Pada manusia & kebanyakan hewan lainnya, kromosom Y memiliki gen yang memicu perkembangan karakter laki-laki . Kromosom ini terkadang hanya sedikit dan terkadang sangat banyak. Kromosom X seperti menggunakan kromosom lain & mengandung banyak gen. Kromosom X dan Y menciptakan pasangan yang sangat tidak selaras.

Kromosom mengandung gen yg bagaikan page dalam sebuah kitab . Beberapa kromosom bisa membawa ratusan gen penting & beberapa yg lain hanya membawa beberapa gen. Gen terdiri menurut substansi kimia yg disebut DNA.

Manusia mempunyai 23 pasang kromosom. Setengah DNA kita dipengaruhi menurut bunda kita dan setengahnya lagi menurut ayah kita. Jadi, bila Anda lebih mirip misalnya ibu, mungkin Anda mewariskan semua phenotypes menurut mak Anda. Mungkin saja gen buat tubuh dan bagaimana cara organ Anda bekerja adalah warisan dari ayah Anda.

3. Kode Genetik

Kode genetik (kodon) adalah deret nukleotida dalam mRNA yang terdiri atas kombinasi tiga nukleotida berurutan yang menyandi suatu asam amino eksklusif. Gen dalam umumnya mengekspresikan kegunaannya terdapat produksi protein yg merupakan molekul kompleks yg bertanggung jawab terhadap banyak fungsi pada pada sel. Protein terdiri menurut satu atau lebih rantai polipeptida yg masing-masing polipeptida tersusun berdasarkan rangkaian asam amino. DNA digunakan untuk memproduksi rangkaian asam amino yg lebih spesifik. Proses ini dimulai menggunakan produksi molekul RNA dengan pencocokan rangkaian gen DNA. Proses ini disebut transkripsi. Molekul RNA ini lalu digunakan buat memproduksi rangkaian asam amino yg sesuai melalui proses yg dianggap translasi.

4. Mutasi

Selama proses replikasi DNA, kesalahan terkadang terjadi pada proses polimerisasi pada untaian kedua. Kesalahan tersebut diklaim mutasi dan berdampak pada organisme. Khususnya jika itu terjadi tanpa adanya pengkodean protein dalam rangkaian gen. Peluang kesalahan umumnya sangat rendah yakni satu berbanding 10-100 juta. Proses ini meningkatkan nomor perubahan dalam DNA yg disebut mutagenik. Mutagenik mengakibatkan kesalahan dalam replikasi DNA. Kerusakan dalam DNA terjadi secara alami & sel akan memakai metode pemugaran DNA buat memperbaiki ketidakcocokan & kerusakan. Namun, metode perbaikan ini tidak akan mengembalikan DNA ke rangkaian semula sebelum rusak.

5. Penelitian Genetika

Penelitian genetika dilakukan untuk mengetahui interaksi variasi genetik terhadap kesehatan insan & penyakitnya. Organisme yang umumnya dipakai buat mengadakan penelitian mengenai genetika adalah bakteri Escherichia coli, flora Arabidopsis thaliana, ragi (Saccharomyces cerevisiae, nematoda Caenorhabditis elegans, lalat butir (Drosophila melanogaster), dan tikus rumahan (Mus musculus).

DNA bisa dimanipulasi pada laboratorium. Enzim ligasi digunakan untuk memotong DNA dalam rangkaian yg spesifik, sebagai akibatnya membuat fragmen DNA yg dapat diprediksi. Penggunaan enzim ligasi jua bisa menyambungkan aneka macam fragmen DNA. DNA juga bisa diperkuat melalui mekanisme yg diklaim polymerase chain reaction (PCR). Dengan menggunakan rangkaian pendek DNA yang khusus, PCR bisa mengisolasi dan memperkuat wilayah DNA yang diinginkan.

6. Cabang-Cabang Genetika

Genetika berkembang baik sebagai ilmu murni juga ilmu terapan. Cabang-cabang ilmu ini terbentuk terutama sebagai dampak pendalaman terhadap suatu aspek tertentu dari objek kajiannya.

Cabang-cabang murni genetika:

genetika molekular

genetika sel (sitogenetika)

genetika populasi

genetika kuantitatif

genetika perkembangan

Cabang-cabang terapan genetika:

genetika kedokteran

ilmu pemuliaan

rekayasa genetika atau rekayasa gen

Bioteknologi adalah ilmu terapan yg nir secara pribadi merupakan cabang genetika tetapi sangat terkait dengan perkembangan pada bidang genetika.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda bisa request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Materi Pelajaran

Bagaimana Cara Mengganti Background Foto di Photoshop?

Untuk pertama kalinya, saya membuat artikel tutorial mengenai cara mengganti latar belakang foto dengan menggunakan software Adobe Photoshop. Saya memakai Adobe Photoshop CS6. Sesungguhnya semua versi Photoshop lain misalnya CS2, CS3, CS4, CS5, dan CS5.Lima bisa menggunakan tutorial ini lantaran tool yang aku pakai sudah tersedia di sana. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Tentukan terlebih dahulu foto yang akan diganti background-nya (foto asli) dan background yang Anda inginkan.

Foto Asli

Background

2. Klik kanan file gambar background yang akan dipilih > Open with > Adobe Photoshop. Lakukan hal serupa pada file foto asli.

1

2

3. Klik ikon 4 (Quick Selection Tool) pada Photoshop. Lalu seleksi gambar yang akan Anda pindahkan ke background hingga gambar tersebut dikelilingi oleh garis putus-putus. Setelah itu, klik Ctrl+C untuk menyalin (mengcopy) gambar.

3

5

4. Klik tab file gambar background.

6

7

5. Klik Ctrl V buat menempelkan (paste) gambar yg sudah diseleksi tersebut.

8

6. Gambar sudah ada, namun letaknya nir kentara. Untuk membarui letak gambar, tekan Ctrl T kemudian ubah & sesuaikan ukuran & letak gambar. Cara mengubahnya sama menggunakan cara mengubah berukuran dan letak gambar dalam perangkat lunak Microsoft Office Word. Setelah dianggap sinkron, klik indikasi centang seperti yg terdapat pada dalam kotak merah.9

7. Gambar sudah selesai! Sekarang simpan menggunakan menekan tombol Shift Ctrl S (Save As?) kemudian taruh di loka yang Anda inginkan. Klik tombol Format kemudian ubah menjadi JPEG (misalnya yg terlihat pada kotak merah). Kemudian klik Save (kotak kuning).

10

8. Apabila ada perintah misalnya pada bawah, eksklusif saja klik OK.

11

9. Gambar sudah selesai! Cobalah buka file tersebut.

12

Praktis bukan? Nah, silakan mencoba :)

Anda bisa request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Catatan Harian

Senin, 22 Februari 2021

Mengapa Pembukaan UUD 1945 Tidak Mengalami Amandemen?

Mengapa Pembukaan UUD 1945 Tidak Mengalami AmandemenAda yang bilang bahwa jika kita mengubah isi Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, maka NKRI akan bubar. Lalu, mengapa mampu demikian? Seberapa pentingkah isi Pembukaan UUD 1945 hingga tidak boleh diubah? Berikut adalah alasan mengapa Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tidak boleh pada ubah. Langsung saja kita simak yang pertama:

Berdasarkan fakta yuridis konstitusional mengenai kedudukan Pancasila sebagai dasar negara sebagaimana telah diuraikan, maka MPR RI sebagai forum negara yg memiliki kewenangan mengganti & memutuskan UUD sinkron ketentuan Pasal 3 Ayat (1) Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 menegaskan pada pemohon bahwa kedudukan Pancasila sebagai dasar & ideologi negara adalah final & konstitusional. Oleh karena itu, meskipun reformasi konstitusi dilakukan, Majelis Permusyawaratan Rakyat putusan bulat nir mengubah Pembukaan Undang-Undang Dasar yg memuat Pancasila menjadi dasar negara.

Majelis, edisi Maret 2014

Dari kutipan menurut majalah terbitan MPR RI tadi, maka disimpulkan bahwa Pembukaan UUD memuat dasar & ideologi negara (Pancasila) yang memang tidak boleh diubah. Bagian yg terpenting tadi terdapat di Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4 pada potongan kalimat:

berdasar pada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yg adil & beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yg dipimpin sang hikmat kebijaksanaan pada Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh warga Indonesia.

(Bagian penting sengaja dicetak tebal)

Nah, dalam potongan kalimat tersebut sudah masih ada sila-sila Pancasila yang merupakan dasar-dasar filosofis & dasar normatif yg mendasari semua pasal pada Undang-Undang Dasar 1945 serta segala hukum yang terdapat di Indonesia. Selain itu, pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 jua memuat tujuan negara yang juga masih ada dalam alinea ke-4.

Anda mampu request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga berguna, Tetap Semangat!

Budaya di Kamboja (Artikel Lengkap)

Le Ballet Royal du CambodgeSejak dulu, kepercayaan sebagai sumber wangsit primer bagi kebudayaan di Kamboja. Hampir selama 2 milenium, Kamboja membuatkan agama Khmer yang adalah adonan antara agama animisme, agama Buddha, & kepercayaan Hindu. Kultur menurut India?Termasuk bahasa & kesenian?Dibawa sang orang India ke Asia Tenggara lebih kurang abad pertama masehi. Saat ini, budaya di Kamboja dipromosikan dan dikelola sang Kementerian Kebudayan dan Kesenian Kamboja.

1. Sejarah Kebudayaan Kamboja

Masa keemasan Kamboja adalah antara abad ke-9 & ke-14 masehi dibawah periode kerajaan Angkor, dimana dalam waktu itu adalah kerajaan yang bertenaga dan sejahtera yg berhasil menguasai hampir seluruh wilayah daratan Asia Tenggara. Tetapi, kerajaan Angkor runtuh dampak perebutan kekuasaan & perang melawan kerajaan yg berada di dekatnya seperti Siam dan Dai Viet. Banyak candi yg dibangun dalam masa itu misalnya Bayon & Angkor Wat masih ada sampai kini . Candi-candi tersebut tersebar pada Thailand, Kamboja, Laos, & Vietnam yg mengingatkan kita kepada kemegahan seni dan budaya Khmer. Seni, arsitektur, musik, dan tarian yg terdapat di Kamboja sekarang sudah mendapat banyak dampak dari poly kerajaan lain seperti Thailand & Laos. Efek berdasarkan kultur Angkor masih bisa ditinjau sampai sekarang pada beberapa negara, kultur tadi memiliki banyak kedekatan dengan Kamboja sekarang.

Dua. Arsitektur & Rumah di Kamboja

Arsitek dan pemahat Kamboja menciptakan candi yg terbuat dari batu. Dekorasi Khmer terinspirasi dari kepercayaan . Dewa-tuhan menurut agama Hindu dan Buddha terukir pada tembok. Candi/kuil dibuat sesuai dengan aturan arsitektur Khmer Kuno yang terdiri berdasarkan susunan candi biasa ditambah dengan satu candi yg tampak mencolok ditengahnya, sebuah tembok, dan sebuah parit. Motif Khmer memakai banyak dewa berdasarkan mitologi Buddha & Hindu. Contohnya misalnya istana kerajaan di Phnom Penh yg memakai motif garuda yg adalah burung mitologi dalam agama Hindu. Hanya sedikit bangunan yang tersisa semenjak masa kerajaan Khmer. Yang tersisa hanyalah bangunan religius yang terbuat menurut batu seperti candi Angkor.

Dalam kebudayaan terkini Kamboja, sebuah famili biasanya tinggal pada bangunan berbentuk petak dengan berukuran bervariasi mulai berdasarkan 4 X 6 meter sampai 6 X 10 meter. Bangunan tersebut terbuat menurut bambu. Rumah Khmer umumnya berpanggung dengan ketinggian tiga meter diatas bagian atas tanah buat melindungi isi tempat tinggal menurut banjir. Tangganya terbuat berdasarkan kayu. Sebuah rumah umumnya terdiri berdasarkan tiga ruangan yang dibatasi oleh bambu. Ruangan depan dijadikan ruang tamu, ruangan ke 2 dijadikan kamar tidur orangtua, & ruangan ketiga dijadikan kamar tidur bagi putrinya yg belum menikah. Anak laki-laki tidur dimanapun mereka mendapatkan loka. Anggota famili bersama tetangga bergotong-royong membangun tempat tinggal , serta diadakan suatu upacara bagi rumah yg baru terselesaikan dibangun. Rumah bagi keluarga yg kurang mampu umumnya hanya terdiri berdasarkan satu ruangan akbar. Dapur umumnya terletak di belakang tempat tinggal . Kamar mandi umumnya berada di sungai yg ditutupi oleh triplek. Kandang ternak biasanya dibuat dibawah rumah. Rumah orang Tionghoa dan Vietnam di kota maupun desa di Kamboja umumnya tidak berpanggung & berlantai semen atau keramik. Rumah kaum urban dan bangunan komersial umumnya terbuat berdasarkan batu bata, beton, atau kayu.

Tiga. Agama pada Kamboja

Penduduk di Kamboja didominasi sang penganut kepercayaan Buddha dengan 90% populasi menganut Buddha Theravada. Terdapat 1% populasi pemeluk kepercayaan Kristen & sisanya beragama Islam, atheis, atau penganut kepercayaan animisme.

Agama Buddha sudah ada pada Kamboja sejak abad ke-5 masehi. Buddha Theravada telah terdapat di Kamboja sejak abad ke-13 masehi & sekarang telah dianut oleh 90% populasi di Kamboja.

Islam merupakan agama yang dominan dianut oleh kaum Cham (disebut jua Khmer Islam) dan minoritas kaum Melayu pada Kamboja. Berdasarkan data dari Po Dharma, masih ada 150.000 sampai 200.000 penduduk Muslim pada Kamboja dalam tahun 1975. Semuanya menganut genre Sunni.

Kristen dibawa ke Kamboja oleh misionaris Katholik Roma dalam tahun 1660. Pada tahun 1972, terdapat kurang lebih 20.000 kaum Kristiani pada Kamboja, kebanyakan berdasarkan mereka adalah Katholik Roma. Berdasarkan statistik berdasarkan Vatikan, dalam tahun 1953, anggota Gereja Katholik Roma pada Kamboja berjumlah 120.000. Hal itu membuatnya menjadi agama terbesar ke 2 di negara ini. 50.000 diantaranya adalah orang Vietnam & sisanya kebanyakan orang Eropa. Berdasarkan sensus tahun 1962, masih ada 2.000 pemeluk agama Kristen Protestan di Kamboja. Terdapat sekitar 20.000 pemeluk agama Kristen Katholik di Kamboja dimana hanya 0,15% dari total populasi.

Terdapat 100.000 orang yang menganut aliran agama daerah. Seperti kaum Khmer Loeu yg menganut animisme. Mereka memakai nasi, air, barah, batu, dll buat melangsungkan ritual. Kaum ini umumnya menduga tabu beberapa objek dan praktek.

4. Kehidupan pada Kamboja

Kelahiran bayi adalah waktu yg membahagiakan bagi famili. Berdasarkan agama tradisional, mereka (ibu dan bayi) akan dikurung karena mereka sangat rentan terhadap global mistik. Seorang bunda yang meninggal ketika melahirkan bayinya dipercaya akan sebagai roh yang jahat. Dalam rakyat Khmer tradisional, wanita hamil dianggap tabu memakan beberapa kuliner dan wajib menghindari beberapa situasi. Tradisi ini masih berlangsung di pedesaan, namun mulai berkurang di wilayah perkotaan.

Kematian tidak dipandang dengan penuh kesedihan disini; tetapi ditinjau sebagai akhir berdasarkan sebuah hayati dan adalah awal menurut kehidupan selanjutnya yg diperlukan akan lebih baik berdasarkan sebelumnya. Kaum Khmer Buddha umumnya mengkremasi & debunya disimpan di pada sebuah stupa pada dalam candi. Bendera panji putih dikibarkan?Yang dianggap ?Bendera buaya putih??Di luar tempat tinggal , yg mengindikasikan ada seorang di dalam tempat tinggal tadi yang telah meninggal. Prosesi pemakaman dihadiri sang biksu Buddha, anggota keluarga, dan kerabat yang berduka. Suami/istri dan anaknya yg ditinggalkan berduka dengan cara mencukur kepalanya & mengenakan pakaian putih.

Anak kecil di Kamboja dirawat sampai usia dua atau empat tahun. Sampai usia tiga atau empat tahun, anak diberi afeksi dan kebebasan. Permainan anak-anak lebih menekankan dalam sosialisasi atau kemampuan ketimbang menang atau kalah.

Kebanyakan anak mulai bersekolah dalam usia tujuh atau delapan. Ketika beliau mencapai usia ini, mereka harus mengetahui kebiasaan kesopanan, kepatuhan, dan hormat pada yang lebih tua dan kepada biarawan Buddha (biksu). Ayahnya bertugas buat mengontrol anaknya & menaruh biar pada anaknya. Saat usia sepuluh tahun, anak wanita membantu ibunya buat mengerjakan beberapa pekerjaan tempat tinggal tangga; sedangkan anak laki-laki memahami bagaimana menjaga ternak mereka & bisa berladang beserta laki-laki lain yang lebih tua.

Para remaja biasanya bermain dengan temannya yang sesama jenis kelamin. Selama masa remajanya, pria umumnya menjadi pelayan di Wihara & sebagai calon biarawan, dimana hal itu merupakan suatu kehormatan besar buat orangtuanya. Orangtua memiliki kewenangan penuh terhadap anaknya sampai mereka menikah, & orangtuanya permanen mengendalikan beberapa kontrol saat pernikahan.

Memilih teman hayati adalah hal yg kompleks bagi pria muda, dan itu mungkin melibatkan tidak hanya orangtuanya & temannya, namun juga ?Bunda comblang? Dan Haora. Secara teori, wanita dapat menolak pasangan yang dipilih orangtuanya. Pola pacaran tidak sama antara orang Khmer pada desa dan di kota; cinta yg romantis adalah kebiasaan yang ada di kebanyakan kota-kota besar . Laki-laki umumnya menikah antara usia 19 sampai 25 tahun, sedangkan perempuan antara 16 sampai 22 tahun. Setelah pasangan dipilih, masing-masing famili saling mengusut satu sama lain buat meyakinkan bahwa anaknya akan menikah bersama pasangan yang mempunyai keluarga yg baik. Di pedesaan, masih ada bentuk jasa pengantin perempuan ; ialah, pria muda bersumpah akan melayani ayah tirinya pada jangka beberapa ketika.

Pernikahan tradisional merupakan seremoni yang panjang & berwarna. Dulunya, itu berlangsung tiga hari, tetapi dalam tahun 1980-an itu berlangsung selama satu hari atau setengah hari. Pendeta Buddha melakukan upacara singkat dan mengucapkan beberapa doa. Bagian dari perayaan ini melibatkan ritual memotong rambut, mengikatkan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air suci pada pergelangan tangan pengantin pria & wanita, dan melewati lilin yg terdapat di sekitar pasangan yg telah menikah dan memberkati pasangan tadi sebagai satu kesatuan. Setelah pernikahan, dilakukan acara jamuan makan. Pasangan yg baru menikah secara tradisional akan tinggal beserta famili istri dan mungkin akan tinggal bersama mereka selama setahun, sampai mereka bisa membentuk rumah baru.

Perceraian merupakan legal & nisbi gampang buat dilakukan, tetapi hal ini tidak umum dilakukan. Orang yg bercerai akan dilihat menggunakan beberapa ketidaksenangan. Masing-masing pasangan akan mempertahankan properti yg dia beli saat pernikahan, & kepemilikannya akan dibagi menjadi dua. Hak asuh anak umumnya akan diberikan pada ibunya, & ke 2 keluarganya permanen menyumbang sejumlah uang buat melanjutkan pendidikan anaknya. Pria yg telah bercerai beliau mempunyai masa menunggu sampai dia dapat menikah kembali.

Pada kenyataannya, hingga kini dominan orang Kamboja yg telah menikah tidak memiliki akta pernikahan yang legal. Walaupun pasangan tersebut sudah menyelenggarakan upacara & pesta pernikahan. Tetapi mereka dianggap tidak menikah secara legal. Begitu juga waktu bercerai, mereka umumnya tidak memerlukan surat somasi cerai.

5. Pakaian di Kamboja

Pakaian di Kamboja merupakan galat satu aspek krusial menurut budaya pada Kamboja. Mode orang Kamboja bhineka tergantung dalam suku etnis dan status sosial. Orang Khmer secara tradisional mengenakan syal kotak-kotak yang dianggap Krama. ?Krama? Membedakan orang-orang Khmer (Kamboja) dengan tetangganya misalnya orang Thai, orang Vietnam, & orang Laos. Syal tadi dipakai buat beragam fungsi seperti gaya, melindungi menurut mentari , & sebagai pelindung (untuk kaki) saat mendaki pohon, membantu menggendong bayi, menjadi handuk, atau sebagai sarung. Krama dapat dengan mudah diubah sebagai boneka buat dimainkan anak-anak.

Kain tradisional yang dikenal sebagai Sampot, adalah sebuah kostum yang terkena dampak berdasarkan India dalam era Funan. Pakaian Khmer telah berubah seiring menggunakan saat & kepercayaan . Pada masa transisi menurut era Funan ke era Angkor, masih ada dampak Hindu yang bertenaga dalam pakaian di Kamboja dimana orang-orang menyukai Sampot termasuk Sarong Kor (perhiasan) yg merupakan simbol kepercayaan Hindu.

Ketika kepercayaan Buddha menggantikan agama Hindu, orang-orang Khmer mulai mengenakan blus, kemeja, & celana. Tentunya sinkron gaya Khmer. Orang Khmer, termasuk rakyat & famili kerajaan, berhenti memakai kerah bergaya Hindu & mulai mengadopsi syal yang telah diberi dekorasi. Style ini terkenal pada periode Udong.

Perempuan Khmer biasa menentukan warna yang pas buat Sampot-nya menurut hati nurainya sendir atau mengikuti isu terkini yang ada.

Beberapa orang Kamboja selalu memakai sandang bergaya religius. Beberapa laki-laki & wanita Khmer mengenakan bandul Buddha pada kalungnya. Fungsinya merupakan buat menjaga berdasarkan roh dursila & membawa keberuntungan.

Keluarga kerajaan biasa mengenakan sandang yang mahal. Sampot masih digunakan dikalangan kerajaan. Kebanyakan mereka menentukan Sampot Phamuong, edisi baru menurut sampot yg digunakan oleh orang Thai pada abad ke-17. Sejak periode Udong, keluarga kerajaan mempertahankan norma mereka dalam berpakaian. Mereka yg perempuan menciptakan sandang yang sangat atraktif. Para perempuan selalu mengenakan penutup bahu tradisional yang disebut sbai atau rabai kanorng.

Para penari mengenakan kerah yg dianggap Sarong Kor di lebih kurang lehernya. Yang terpenting, mereka mengenakan gaun unik yg diklaim Samprot sara-bhap yang terbuat berdasarkan kain sutra yg dijahit dengan menggunakan benang emas atau perak. Gaun tadi mengkilap, dengan desain yg rumit, dan berkelip-kelip waktu penari tadi beranjak. Penari juga menggunakan sabuk yang diisi batu mulia. Banyak perhiasan yang dipakai oleh penari perempuan . Seperti anting-anting, sepasang gelang, hiasan pada mata kaki, dll.

6. Kuliner pada Kamboja

Kuliner Khmer mirip dengan masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya terutama masakan Thailand, Vietnam, & Kamboja yakni menggunakan saos ikan dalam sup & tumisan. Makanan yg terkenal efek menurut Tiongkok seperti chha (Bahasa Khmer: tumisan) dan majemuk jenis nasi goreng. Makanan Tiongkok yg paling populer adalah ?Sup mie dengan nasi dan daging babi?, seperti dengan ph?, diklaim kuy tieu. Hidangan yang menerima efek dari India kebanyakan memakai bahan kari. Banh chaew, kuliner Vietnam B?Nh x?O versi Khmer, jua merupakan hidangan yang terkenal.

Kuliner Khmer populer akan penggunakan pharok-nya. Pharok adalah homogen pasta ikan yang telah dipermentasi. Apabila Pharok nir digunakan, maka kapi dapat dipakai. Kapi adalah homogen pasta udang terfermentasi. Santan adalah bahan standar menurut aneka macam jenis kari dan sajian pencuci mulut Khmer. Orang Kamboja umumnya memakai nasi menggunakan melati atau ketan. Hidangan epilog umumnya menggunakan buah misalnya durian. Hampir seluruh kuliner dimakan bersama semangkuk nasi. Cabai dipisahkan dari makanan supaya bisa diisi sesuai selera.

7. Seni & Sastra pada Kamboja

Sejarah seni rupa pada Kamboja bisa dilihat berdasarkan jaman kuno. Seni di Kamboja mencapai puncaknya ketika periode Angkor. Seni & kerajinan tradisional Kamboja bisa berupa tekstil, tenunan, kerajinan perak, pahatan batu, keramik, lukisan, dan layang-layang. Pada pertengahan abad ke-20, seni terbaru timbul pada Kamboja. Seniman menerima dukungan berdasarkan pemerintah & wisatawan.

Antara tahun 60-70an, penyanyi duet Sinn Sisamouth dan Ros Serey Sothea menerima banyak hit di negara ini. Setelah mereka meninggal, bintang musik baru berusaha buat membawa balik musik. Musik Kamboja sudah menerima banyak impak berdasarkan budaya Barat.

Musik tradisional Kamboja umumnya terdengar ketika perayaan pada pagoda, saat mengadakan suatu ritual, atau menjadi musik teater. Musik ini dibunyikan sang beberapa alat misalnya roneat ek (silofon utama), roneat thung (seruling), kong vong touch & kong vong thom (gong kecil & akbar), sampho (gendang), skor thom (2 drum besar ), & sralai.

Tari di Kamboja dapat dibagi sebagai 3 kategori utama: tarian klasik, tarian wilayah, & tarian tidak resmi.

Tarian klasik Khmer merupakan bentuk tarian Kamboja yg hanya dipertunjukan buat kerajaan. Tarian ini mempunyai banyak elemen berdasarkan tarian klasik Thai. Pada pertengahan abad ke-20, tarian ini dipertunjukan kepada publik dimana ini menjadi simbol berdasarkan kebudayaan Khmer. Dan dipertunjukan ketika terdapat aktivitas publik, liburan, dan untuk wisatawan yg berkunjung ke Kamboja. Tarian klasik dikenal akan penggunaan tangan dan kaki buat mengekspresikan emosinya dimana terdapat sekitar 4.000 gerakan tidak selaras dalam tarian ini. Tarian ini dikenal sebagai The Royal Ballet of Cambodia (Tari Balet Kerajaan Kamboja) sehabis ditetapkan menjadi warisan budaya UNESCO pada tahun 1960-an. Cerita Ramayana memberi impak kuat terhadap tarian klasik Khmer dipandang dari gerakan & alur cerita.

Tari Apsara adalah tarian Khmer yang masih ada sejak era Angkor. Tarian ini menarik wisatawan & membuat budaya Khmer dikenal dunia. Tarian Apsara dipromosikan oleh Norodom Buppha Devi & sebagai galat satu simbol berdasarkan Kamboja.

Tarian daerah Khmer mempunyai gerakan yg tidak seanggun tarian klasik Khmer. Penari mengenakan kostum yg sinkron dengan yang dia perankan misalnya Chams, kepala suku, petani, dan petani miskin. Tarian ini diiringi sang musik yang dimainkan oleh orkestra mahori.

Tarian tidak resmi Kamboja (atau tarian sosial) ditarikan ketika acara sosial. Macam-macam tariannya termasuk Romvong, Rom Kbach, Rom Saravan, dan Lam Leav. Beberapa dari tarian tersebut menerima poly dampak menurut tarian tradisional Laos. Tari Rom Kbach menerima banyak efek dari tarian klasik kerajaan. Tarian lainnya yang mendapat dampak menurut globalisasi merupakan Cha-Cha, Bolero, dan Madison.

Tulisan sastra pertama adalah dibentuk pada masa Kerajaan Khmer. Biasanya goresan pena tadi berisi tentang keturunan kerajaan, anggaran keagamaan, penaklukan daerah, & organisasi internal pada kerajaan.

Dokumen Khmer tertua adalah terjemahan dan ulasan teks Pali Buddhist dalam Tripitaka. Dokumen tersebut ditulis sang bhiksu pada daum palem & tersimpan pada biara.

Reamker (Bahasa Khmer: Kemashuran Rama) adalah versi Kamboja menurut Ramayana, sebuah epos India yg sangat populer. Reamker tersusun pada bentuk puisi dan tahapan kisahnya diadaptasi menurut gerakan tari yg ditarikan sang seniman Khmer. Reamker tak jarang diubahsuaikan ke dalam teater tradisional Kamboja.

Kamboja kaya akan karya sastra mulut. Terdapat banyak legenda, kisah, & lagu yg ada semenjak jaman dulu dan tidak pernah ditulis hingga kedatangan bangsa Eropa. Salah satu kisah yang terkenal adalah kisah mengenai Vorvong dan Sorvong (Vorvong dan Saurivong), sebuah cerita mengenai 2 pangeran Khmer yg pertama kali dijadikan pada bentuk tulisan oleh Auguste Pavie. Warga Perancis ini menjamin bahwa dia mendapatkan cerita ini dari Paman Nip pada Distrik Somrontong. Pada tahun 2006, cerita Vorvong & Sorvong diadopsikan ke pada bentuk tarian sang Balet Kerajaan Kamboja.

Tum Teav, yang bisa dibandingkan menggunakan cerita Romeo dan Juliet, merupakan cerita yg paling populer, dari berdasarkan puisi yang pertama kali ditulis sang biarawan Khmer bernama Sam. Kisah cinta tragis ini disetting dalam era Lovek. Cerita ini diceritakan diseluruh Kamboja semenjak pertengahan abad ke-19. Cerita ini telah diadopsi pada poly bentuk seperti lisan, sejarah, literatur, teater, dan bahkan film. Tum Teav pula berperan pada pendidikan di Kamboja, misalnya adalah menjadi materi ujian bahasa Khmer pada kelas 12. Terjemahan sebagai bahasa Perancis pertama kali dilakukan oleh ?Tienne Aymonier dalam tahun 1880. Tum Teav terkenal di luar negeri saat penulis George Chigas menerjemahkan versi sastranya yang ditulis pada tahun 1915 oleh biarawan Buddha terhormat Preah Botumthera Som atau Patumatthera Som, yg pula dikenal menjadi Som, salah satu penulis pada bahasa Khmer yang terbaik.

Beberapa anggota famili Kerajaan Khmer yang berbakat seperti Raja Ang Duong (1841-1860) dan Raja Thommaracha II (1629-1634) sudah membuat karya sastra yang indah. Raja Thomaracha menulis puisi buat orang Kamboja yg lebih belia. Raja Ang Duong dikenal menggunakan novelnya yg berjudul Kakey yang terinspirasi sang cerita Jataka tentang seorang perempuan yg nir setia. Kini, Kakey umumnya digunakan sebagai media pendidikan buat mengajarkan gadis Khmer mengenai pentingnya kesetiaan.

Pewayangan di Kamboja biasa disebut Nang Sbek atau Lakhaon Nang Sbek. Nang Sbek mirip degan Nang Yai pada Thailand, Wayang di Malaysia dan Indonesia khususnya yang berada di pulau Jawa & Bali. Nang Sbek mungkin dari menurut Indonesia atau Malaysia semenjak berabad-abad yang kemudian. Seni ini mulai memudar seiring perkembangan hiburan terkini. Sebelum terdapat film, video, dan televisi, masyarakat Khmer seringkali menikmati pertunjukan wayang ini. Terdapat tiga macam teater bayangan di Kamboja:

Nang Sbek Thom adalah seni yang melibatkan mimik, musik sebagai pengiring tarian, dan narasi.

Nang Sbek Toch yang juga disebut Nang Kalum dan sesekali disebut Ayang. Menggunakan wayang yang lebih kecil dengan ruang lingkup cerita yang lebih luas.

Sbek Paor menggunakan wayang yang berwarna.

Sinema pada Kamboja dimulai sejak tahun 1950-an. Raja Norodon Sihanok sendiri adalah ?Pecandu? Film. Banyak film yang ditayangkan di bioskop diseluruh negara pada tahun 1960-an. Setelah rezim Khmer Rouge berakhir, perkembangan industri film pada Kamboja melemah lantaran persaingan menurut video & televisi.

8. Olahraga pada Kamboja

Olahraga berkembang pesat pada Kamboja semenjak 30 tahun terakhir. Sepakbola dibawa ke Kamboja oleh orang Perancis dan menjadi terkenal di Kamboja. Terdapat beberapa seni bela diri misalnya bokator, pradal serey (tinju spesial Khmer) & gulat tradisional Khmer. Olahraga berdasarkan barat misalnya voli, binaraga, hoki, golf, dan baseball jua populer di Kamboja. Lomba balapan termasuk lomba boat tradisional dan lomba balap kerbau. Phnom Pehn National Olympic Stadium adalah stadion nasional menggunakan kapasitas 50.000 orang pada Phnom Penh. Kamboja pertama kali mengikuti olimpiade dalam tahun 1956 menggunakan mengirimkan beberapa penunggang kuda. Kamboja pula pernah menjadi tuan rumah GANEFO dalam tahun 1960-an. GANEFO adalah ajang olahraga internasional yg diciptakan Indonesia untuk memboikot Olimpiade. Di Kamboja diadakan Festival Bonn OmTeuk, yaitu festival balap bahtera nasional yg diadakan setiap bulan November.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda mampu request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga berguna Materi Pelajaran

5 Tips Meningkatkan Produktivitas

ProductivityTingkat produktivitas sangatlah penting dalam bekerja. Dengan tingkat produktivitas yg tinggi, kita mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam saat yang lebih singkat. Namun, tingkat produktivitas jua wajib diimbangi menggunakan kualitas produk yang kita hasilkan. Jangan hingga Anda buatnya ?Dari cepat jadi? Saja tanpa memperhatian kualitas output pekerjaan Anda. Berikut merupakan 5 tips menaikkan produktivitas baik waktu bekerja maupun ketika mengerjakan tugas/PR berdasarkan sekolah. Langsung saja kita simak yang pertama:

Janganlah bekerja terlalu lama . Walaupun banyak yg menganggap bahwa semakin lama kita bekerja, maka semakin poly hal yg bisa kita kerjakan. Padahal, justru itu yang menciptakan kita cepat jenuh & pada hari berikutnya kita malah semakin malas bekerja. Selain itu, menggunakan bekerja lebih usang, taraf konsentrasi kita akan berkurang. Namun, apabila Anda ingin bekerja lebih usang, Anda sanggup melakukan peregangan selama lima mnt setiap 30 mnt Anda bekerja. Gunakanlah ketika lima mnt tersebut untuk peregangan dan sedikit bersantai agar Anda nir jenuh dalam bekerja. Pada akhirnya itu akan menaikkan produktivitas Anda.

Kita ini tidak misalnya personal komputer atau smartphone yang sanggup melakukan multitasking. Yaitu melakukan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan. Itu karena otak kita nir bisa penekanan terhadap beberapa hal secara bersamaan. Apabila kita memaksakan diri buat melakukan multitasking, yg terdapat malah pekerjaan kita sebagai rancu & lebih lama selesai. Sebaiknya kerjakan satu per satu. Urutkan tugas Anda sinkron daftar prioritas. Tetapi, apabila Anda ingin menuntaskan dua hal secara bersamaan, kerjakan dulu satu tugas hingga 1/2 jadi, lalu istirahat sebentar buat menjaga supaya otak tetap penekanan, setelah itu barulah kita mengerjakan tugas yg lain. Cara ini jauh lebih efektif dibandingkan mengerjakan keduanya sekaligus secara bersamaan.

Dalam mengerjakan tugas sekolah, jangan abaikan ketika Anda terbuang menggunakan sia-sia hanya buat mencari apa yg ingin Anda cari pada buku pelajaran. Ini hanya membuang-buang saat saja dan belum tentu jua ada disana. Sebaiknya kita tinggal membuka situs mesin pencari misalnya Google atau Bing, lalu kita mengetik istilah kunci yg mengacu pada apa yg sedang kita cari. Dengan itu, kita mendapatkan berita yang kita butuhkan hanya pada ketika sekian dtk.

Pilihlah sendiri apakah Anda lebih senang mengerjakan tugas di rumah atau di sekolah/tempat kerja? Pada biasanya, perkantoran pada Indonesia memang kurang mengijinkan karyawannya buat mengerjakan tugas pada tempat tinggal kecuali sehabis jam kerja kantor terselesaikan. Namun jika Anda adalah seseorang murid, Anda mampu mengerjakan tugas Anda di sekolah atau pada rumah. Tinggal pilih apakah Anda lebih suka suasana pada rumah atau fasilitas yang terdapat di sekolah (contohnya wifi, perpustakaan, teman, atau guru). Selain itu, buat juga suasana tempat Anda mengerjakan tugas menjadi lebih nyaman.

Gunakanlah secara aporisma waktu bersantai Anda. Jangan sampai Anda menggunakan ketika tersebut buat bekerja. Sementara saat waktu kerja Anda malah bersantai. Ini akan membuat hidup Anda terasa berantakan. Selain itu, setelah bekerja selama beberapa lama & Anda merasa jenuh/bosan, maka Anda wajib istirahat sementara waktu. Jangan memaksakan diri Anda buat terus bekerja karena itu malah menciptakan hasil pekerjaan Anda menjadi tidak maksimal .

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga berguna, Tetap Semangat!

Minggu, 21 Februari 2021

Tips Berkomunikasi: Jadilah Pendengar yang Baik

jadi pendengar yang baikPernahkah Anda berpikir bahwa dengan sebagai orang yang poly omong dan sedikit jenaka sanggup menciptakan orang tersebut disukai banyak orang sehingga Anda akan bekerja keras buat sebagai sepertinya? Itu merupakan paradigma yang salah . Karena sifat tersebut tiba secara alami dalam diri seseorang. Jika Anda datang-tiba bersikap demikian?Apalagi kelihatan banget ?Maksanya??Maka mereka akan menduga Anda sebagai orang yang aneh dan tidak permanen pendirian. Nah, ada galat satu tips berkomunikasi yg baik, yaitu menggunakan sebagai pendengar yang baik.

Berkomunikasi bukan berarti kita wajib selalu ngomong. Justru itu yg membuat lawan bicara kesal karena tidak diberi kesempatan ngomong. Bicaralah waktu beliau telah selesai bicara. Jangan memotong pembicaraannya. Yang wajib Anda lakukan saat lawan bicara Anda sedang bicara adalah mendengarkannya dengan baik. Dengan demikian, mereka akan merasa lebih dihargai sehingga lama -kelamaan dia sebagai senang berkomunikasi menggunakan Anda.

Secara psikologis, orang curhat itu tidak selalu membutuhkan jawaban yg baik berdasarkan orang yg dia ajak curhat. Dia lebih ingin diperhatikan atas masalah yg beliau hadapi. Biarkanlah dia melepas unek-uneknya dulu. Setelah itu barulah Anda berikan saran atas permasalahannya. Itupun kalau beliau meminta saran dari Anda.

Orang yg menjadi pendengar yang baik akan disukai poly orang. Lalu, apa manfaatnya? Banyak sekali! Mulai berdasarkan mempunyai banyak teman, menambah wawasan, menerima ide baru, memiliki poly pengalaman, & siapa tahu dia juga sanggup membantu Anda suatu hari nanti.

Mengapa sanggup menambah wawasan? Misalnya, orang yg sedang bicara kepada Anda itu adalah orang yang suka astronomi. Dia sanggup saja selalu mengungkapkan segala hal yg beliau ketahui mengenai astronomi. Sesekali Anda pula sanggup bertanya kepadanya soal astronomi. Dengan demikian, pengetahuan Anda mengenai astronomi akan meningkat.

Mengapa mampu mendapatkan pandangan baru baru? Siapa tahu dia curhat atas inspirasi yang sedang ia pikirkan. Jika idenya menurut Anda sangat cemerlang, Anda sanggup bekerjasama dengannya buat mewujudkan ilham itu. Lihatlah berapa banyak pengusaha yang sangat sukses menggunakan hanya bermodalkan wangsit yang cemerlang. Tahukah Anda bahwa sebuah ilham yg cemerlang itu nilainya mampu mencapai jutaan dolar!

Mengapa sanggup mempunyai banyak pengalaman? Dengan mendengar curhat berdasarkan teman tentang masalah yang dihadapi (terutama perkara cinta), Anda jadi memahami pengalamannya misalnya apa. Sehingga Anda sanggup menerapkannya pada kehidupan sehari-hari. Jadi, Anda bisa pengalaman baru tanpa wajib mengalaminya.

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Catatan Harian

Jaringan Meristem (Materi Lengkap)

jaringan meristemJaringan meristem merupakan jaringan muda pada tumbuhan yg sel-selnya selalu membelah. Hal ini disebabkan karena sel penyusun jaringan meristem bersifat embrional. Berikut merupakan karakteristik-ciri jaringan meristem:

Terdiri dari sel-sel muda pada fase pembelahan dan pertumbuhan.

Biasanya tidak ditemukan ruang antarsel di antara sel-sel meristem.

Bentuk sel bundar , lonjong atau poligonal, dan dengan dinding sel yg tipis.

Masing-masing sel kaya akan sitoplasma & protoplasma.

Mengandung satu atau lebih berdasarkan satu inti sel dan ukuran besar .

Plastida belum matang.

Vakuola sel sangat mini atau mungkin tidak ada.

Selnya berbentuk kuboid atau prismatis.

Jaringan meristem bisa digolongkan sebagai 2 jenis yaitu menurut posisinya di dalam tubuh flora dan berasal-usulnya.

Meristem apikal (meristem ujung), selalu terdapat di ujung akar dan ujung batang tumbuhan. Mengakibatkan pertumbuhan primer berupa pertambahan panjang pada akar dan batang tumbuhan. Jaringan yang terbentuk dari meristem apikal disebut jaringan primer. Selama proses pemanjangan meristem apikal, dihasilkan tunas apikal (tunas ujung) yang akan menjadi cabang samping, daun, dan bunga.

Meristem interkalar, terdapat di antara ruas-ruas batang (di antara jaringan dewasa). Jaringan yang terbentuk merupakan jaringan primer. Pertumbuhan yang diakibatkan oleh aktivitas meristem interkalar menyebabkan pertambahan panjang pada antar ruas-ruas batang. Mengakibatkan munculnya bunga. Sesungguhnya meristem interkalar ini merupakan meristem apikal yang tertinggal ketika meristem tersebut tumbuh.

Meristem lateral (meristem samping), terletak sejajar dengan lingkaran organ tempat ditemukannya meristem lateral dan merupakan meristem yang menghasilkan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan sekunder adalah proses penebalan/pembesaran pada akar dan batang tumbuhan. Menyebabkan organ bertambah lebar ke arah lateral. Contohnya adalah kambium gabus dan kambium pembuluh. Kambium gabus menghasilkan lapisan pelindung yang disebut lapisan periderm (gabus). Kambium vaskuler berperan dalam penebalan selama pertumbuhan sekunder.

Meristem primer, merupakan jaringan meristem yang mengalami perkembangan lebih lanjut dari pertumbuhan embrio dan berkembang langsung dari sel-sel embrional. Biasanya terdapat di ujung atas (tunas) dan ujung bawah (akar) tumbuhan. Mengakibatkan terjadinya pemanjangan (pertumbuhan primer). Disebut juga meristem apikal.

Meristem sekunder, adalah jaringan meristem yang berasal dari jaringan meristem primer yang telah terdiferensiasi (diferensiasi adalah proses perubahan jaringan meristem menjadi jaringan lain). Meristem sekunder mengakibatkan batang dan akar membesar ke arah samping. Contohnya adalah kambium, felogen, perikambium/perisikel, dan parenkum meristematik. Meristem sekunder disebut juga meristem lateral.

Promeristem, adalah jaringan meristem yang telah ada ketika tumbuhan masih dalam tingkat embrio.

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga berguna Materi Pelajaran

Keharmonisan Hanya Terjadi Jika Adanya Perbedaan

Keharmonisan Hanya Terjadi Jika Adanya PerbedaanSaat ini, banyak yg galat dengan konsep keharmonisan. Banyak yang menganggap bahwa jika segala perbedaan tadi disatukan, maka keharmonisan akan timbul. Tetapi, tentu saja disparitas tidak dapat disatukan. Namanya saja tidak sama. Justru karena upaya menyatukan disparitas itulah yang mengakibatkan permasalahan pada masyarakat. Mengapa? Lantaran rakyat yang tidak selaras tadi pastilah akan permanen berpegang teguh pada pendiriannya dan nir mau dipersatukan menggunakan masyarakat lain yg sudah niscaya tidak selaras. Apabila itu dipaksa, maka keharmonisan justru tidak akan terjadi.

Keharmonisan kata dasarnya adalah ?Harmoni? Yang menurut KBBI berarti ?Pernyataan rasa, aksi, gagasan, dan minat; keselarasan; keserasian: sine qua non ? Antara irama dan mobilitas?. Berarti harmonis muncul menurut 2 atau lebih hal yang memiliki keselarasan & keserasian. Jadi, bila kita mempersatukan disparitas, maka keharmonisan tidak akan timbul lantaran pada hakikatnya keharmonisan muncul berdasarkan perbedaan.

Ciri-ciri warga multikultural yg serasi?Bagi kebanyakan orang?Merupakan hening, tenteram, aman, dan tenang. Ciri-karakteristik tersebut salah akbar! Mengapa? Lantaran masyarakat seperti tersebut adalah rakyat yang masing-masing individunya nir peduli dengan orang pada sekitarnya. Mereka terlalu sibuk dengan urusannya masing-masing. Ini bukan harmonis namanya. Harmonis itu haruslah saling bergotong-royong menggunakan orang-orang pada kurang lebih kita. Tidak peduli akan disparitas suku, kepercayaan , ras, atau norma adat.

Nah, bagaimana caranya membentuk rakyat yang serasi ditengah disparitas? Kita mampu memulainya dari diri kita sendiri. Yaitu dengan mengadakan kerja bakti, saling memberi ucapan selamat saat ada seremoni besar agamanya, saling tolong menolong, dan tidak pernah memikirkan perbedaan kita dengan mereka. Ingatlah bahwa Indonesia merupakan negara yg multikultural sehingga kita harus bijak menghadapi disparitas ini supaya tidak terjadi disintegrasi bangsa.

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Catatan Harian

Sabtu, 20 Februari 2021

Syarat dan Ketentuan

Syarat dan Ketentuan ini berlaku untuk semua orang. Kami susun sesuai layanan yg kami miliki. Dengan memakai layanan kami, berarti Anda telah putusan bulat menggunakan kondisi dan ketentuan kami. Yang dimaksud menggunakan ?Kami? Disini adalah tim pengurus yang membidangi pembuatan artikel, status, tweet, dan balasan email.

  1. Artikel dalam kategori ini termasuk Artikel Lengkap, Materi Lengkap, Arti Kata, dan Materi Ringkasan.
  2. Anda setuju bahwa seluruh artikel kami belum sempurna sehingga ada beberapa bagian di Materi Lengkap yang belum dibuatkan artikel.
  3. Anda setuju bahwa komentar Anda yang berisi saran dan kritik kami gunakan untuk meningkatkan kualitas artikel kami dan juga sebagai inspirasi untuk membuat artikel baru.
  4. Anda setuju bahwa seluruh komentar tidak bisa kami respon dengan segera karena keterbatasan sumber daya yang kami miliki.
  5. Sebagian besar sumber artikel berasal dari Wikipedia dan berbagai buku BSE. Serta dari buku dan blog lain.
  6. Kami tidak bertanggungjawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan konten kami.
  1. Seluruh artikel dalam kategori ini bersumber dari pemikiran kami dan terinspirasi dari curahan hati dari Anda lewat email maupun komentar.
  2. Anda setuju bahwa segala artikel yang kami buat tidak ada hubungannnya sama sekali dengan kehidupan dan pengalaman kami.
  3. Anda setuju bahwa komentar Anda yang berisi saran dan kritik kami gunakan untuk meningkatkan kualitas artikel kami dan juga sebagai inspirasi untuk membuat artikel baru.
  4. Anda setuju bahwa seluruh komentar tidak bisa kami respon dengan segera karena keterbatasan sumber daya yang kami miliki.
  5. Kami tidak bertanggungjawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan konten kami.
  6. Anda setuju bahwa artikel yang kami buat belum tentu cocok dengan apa yang pernah Anda alami.
  7. Sumber dari pembuatan artikel adalah berbagai buku psikologi, artikel dari blog lain, pengalaman orang lain, pemikiran kami sendiri, dan buku tentang cinta.
  1. Catatan Harian disini bukanlah sebuah buku harian kami, melainkan salah satu kategori artikel yang membahas segala hal diluar kategori Materi Pelajaran dan Tips Cinta. Bisa berupa opini, tips, keuangan, pribadi, tutorial, dll.
  2. Anda setuju bahwa segala artikel yang kami buat tidak ada hubungannnya sama sekali dengan kehidupan dan pengalaman kami.
  3. Anda setuju bahwa komentar Anda yang berisi saran dan kritik kami gunakan untuk meningkatkan kualitas artikel kami dan juga sebagai inspirasi untuk membuat artikel baru.
  4. Anda setuju bahwa seluruh komentar tidak bisa kami respon dengan segera karena keterbatasan sumber daya yang kami miliki.
  5. Kami tidak bertanggungjawab atas segala akibat yang mungkin timbul dari penggunaan konten kami.
  6. Anda setuju bahwa artikel yang kami buat belum tentu cocok dengan apa yang pernah Anda alami.

Anda putusan bulat bahwa segala percakapan pada curhat Anda akan kami jadikan asal artikel. Tentunya dengan pemugaran EYD, pertanda baca, & menghapus nama, alamat, usia, agama, tempat, sekolah, kelas, absen, dll demi menjaga privasi.

Anda setuju bahwa curhat dan request artikel berdasarkan Anda nir segera kami respon karena keterbatasan asal daya.

Kami akan selalu menjaga privasi Anda.

Segala request artikel Anda akan kami pertimbangkan terlebih dahulu sebelum dibuatkan sebuah artikel.

  1. Alamat resmi Twitter kami adalah http://twitter.com/HediSasrawan
  2. Alamat resmi Facebook kami adalah http://facebook.com/hedisasrawan
  3. Selain alamat di atas, kami tidak bertanggungjawab atas segala konten yang diposting di alamat selain di atas.
  4. Anda setuju bahwa seluruh komentar atau mention tidak bisa kami respon dengan segera karena keterbatasan sumber daya yang kami miliki.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...