Sabtu, 26 Desember 2020

Piamater (Artikel Lengkap)

PiamaterPiamater (seringkali disebut piameter) adalah lapisan paling pada dan paling halus menurut meninges yg mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Kata piamater dalam bahasa Latin berarti ?Ibu lembut? Lantaran strukturnya merupakan yang terhalus dibandingkan bagian meninges yg lain. Sementara 2 membran meningeal lainnya adalah duramater & arachnoid. Piamater berupa jaringan fibrosa tipis yg rapat cairan yang memungkinkan buat dimasuki sang cairan serebrospinal.

Piamater yg berisi cairan serebrospinal bersifat seperti bantal yang melindungi otak beserta dengan lapisan meningeal lain. Selain itu, piamater memungkinkan pembuluh darah buat melewati & memelihara otak serta menjadi sistem limfatik untuk otak. Iritasi & radang dalam piamater diklaim meningitis.

1. Struktur Piamater

Struktur piamater merupakan tipis & transparan serta mencakup hampir semua permukaan otak. Piamater mengikuti lekukan-lekukan dalam bagian atas otak. Piamater terdiri menurut jaringan ikat yg ditutupi oleh sel yg rapat cairan. Terdapat jaringan pembuluh darah buat memberi nutrisi pada otak dan sumsum tulang belakang. Piamater dibagi sebagai 2 jenis yaitu piamater kranial pada otak & piamater spinal pada sumsum tulang belakang.

Piamater yg membungkus otak disebut piamater kranial. Piamater kranial bergabung menggunakan ependyma yang melapisi ventrikel otak untuk membangun pleksus koroid yg membuat cairan serebrospinal. Bersama dengan lapisan meninges lain, fungsi berdasarkan piamater merupakan buat melindungi otak yang berisi cairan serebrospinal. Piamater pada otak kecil lebih ringkih dibandingkan pada serebrum.

Piamater dalam tulang belakang mengikuti bentuk sumsum tulang belakang. Piamater spinal lebih tebal daripada piamater kranial karena terdiri berdasarkan jaringan ikat yang lebih poly.

2. Fungsi Piamater

Piamater memiliki fungsi primer buat menutupi & melindungi sistem saraf sentra, melindungi pembuluh darah, & mengedarkan cairan serebrospinal. Piamater, cairan serebrospinal, duramater, & arachnoid bekerja sama menjadi seperangkat buat melindungi otak. Cairan serebrospinal seringkali diklaim sebagai lapisan keempat dari meninges.

Cairan serebrospinal disirkulasikan melalui ventrikel & ruang subarachnoid dalam otak dan sumsum tulang belakang. Total cairan serebrospinal yg beredar mencapai 150 mililiter & terus menerus didaur ulang menggunakan produksi hingga 500 mililiter setiap hari. Sepertiga dari cairan serebrospinal disekresikan sang piamater. Pada piamater terdapat celah-celah yg memungkinkan cairan serebrospinal buat mengalir melalui celah-celah tadi.

Piamater memungkinkan buat membentuk ruang perivaskuler yg menciptakan sistem limfatik otak. Ruang ini berakhir pada ruang interstital.

Fungsi lain dari piamater merupakan buat menjaga agar cairan serebrospinal dan cairan otak terpisah dengan darah.

Piamater juga berfungsi buat menhindari sumsum tulang belakang berubah bentuk dampak tekanan. Itu bisa dilakukan karena piamater mempunyai elastisitas yang tinggi. Elastisitas ini dapat mengurangi peregangan pada sumsum tulang belakang dan bisa memulihkan sumsum tulang belakang ke bentuk aslinya.

Di pada piamater terdapat ujung-ujung saraf yang berfungsi untuk mendapat kabar sensorik dari piamater.

3. Penyakit Pada Piamater

Meningitis adalah peradangan pada piamater dan arachnoid. Penyebabnya merupakan bakteri yang memasuki ruang subarachnoid. Selain itu, virus, jamur, dan obat-obatan tertentu jua bisa mengakibatkan meningitis. Bakteri memasuki ruang subarachnoid melalui genre darah. Kemudian di dalam subarachnoid, bakteri mengeluarkan racun seperti hidrogen peroksida (H2O2) yg bisa Mengganggu mitokondria. Ciri-ciri penyakit ini adalah sakit kepala.

Meningioma merupakan tumor yang tumbuh dari meninges. Kebanyakan tumor ini tumbuh menurut arachnoid yg dapat menekan piamater. 90% tumor ini adalah jinak. Meningioma cenderung tumbuh perlahan-lahan dan gejalanya mungkin akan timbul beberapa tahun sehabis pembentukan awal tumor tersebut. Gejala yang sering muncul adalah sakit kepada dan kejang-kejang karena tumor sudah merangsang saraf sensorik. Tindakan yg sanggup dilakukan buat menangani tumor ini adalah pembedahan dan radiasi.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda bisa request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga berguna, Tetap Semangat!

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...