Jumat, 25 Desember 2020

Meninges (Artikel Lengkap)

MeningesMeninges merupakan jaringan yang memisahkan otak menggunakan tulang tengkorak & membangun sistem saraf sentra. Meninges terdiri dari beberapa bagian yaitu duramater, arachnoid, dan piamater. Selain itu, dalam meninges masih ada jua cairan serebrospinal, jaringan saraf, & pembuluh darah. Duramater merupakan lapisan terluar, arachnoid terletak pada tengah, dan piamater terdapat pada dalam. Penyakit infeksi yg menyerang meninges disebut meningitis. Kata meninges berasal berdasarkan bahasa Yunani Kuno ?????? (m?Ninx) yg berarti ?Membran?. Fungsi utama meninges adalah untuk melindungi sistem saraf sentra.

1. Struktur Meninges

Meninges terdiri berdasarkan tiga lapisan utama, yaitu duramater, arachnoid, & piamater. Duramater melekat dalam tengkorak atau tulang kanalis vertebralis di sumsum tulang belakang. Arachnoid melekat pada duramater. Sedangkan piamater melekat pada jaringan sistem saraf sentra.

Duramater merupakan lapisan meninges yg tebal, bertenaga, & paling dekat menggunakan otak. Duramater berarti ?Bunda yang kuat?. Pada bagian terluar yang longgar terdiri menurut serat fibrosa dan serat kenyal. Pada bagian tengah kebanyakan berserat dan terdiri menurut dua bagian: lapisan endosteal (yang lebih dekat dengan tengkorak) & lapisan meningeal (yg lebih dekat menggunakan otak). Duramater bersifat seperti kantung yg menyelubungi arachnoid dan membawa darah menurut otak ke jantung.

Lapisan meninges yg terletak dibagian tengah diklaim arachnoid mater. Dinamakan demikian lantaran strukturnya mirip jaring laba-laba namun transparan. Struktur ini memberikan efek bantalan buat sistem saraf pusat. Arachnoid adalah membran transparan yang tipis serta terdiri dari jaringan fibrosa & sel-sel yg rapat cairan. Arachnoid tidak mengikuti bentuk permukaan otak jadi terlihat misalnya kantong yang longgar tapi pas.

Piamater merupakan membran yang sangat halus, tipis, dan mengikuti bentuk permukaan otak yg berlekuk-lekuk. Ia terdiri berdasarkan jaringan fibrosa & sel yang kedap cairan. Pada piamater masih ada pembuluh darah menuju ke otak dan sumsum tulang belakang.

Lantaran tipis, arachnoid & piamater acapkali dianggap manunggal yang dianggap leptomeninges yg berarti ?Meninges tipis?. Dianggap manunggal karena serat-serat pada arachnoid yang sering menyatu dengan piamater.

Ruang subarachnoid merupakan ruang yang masih ada pada antara arachnoid & piamater. Ruang ini diisi dengan cairan serebrospinal. Ruang antara duramater & arachnoid diklaim ruang subdural. Terdapat jua ruang epidural yang bisa terdapat diantara duramater & tengkorak. Ruang subdural dan ruang epidural mampu saja muncul waktu terjadi cedera atau sakit dalam kepala.

2. Penyakit pada Meninges

Ada tiga jenis pendarahan yg melibatkan meninges:

Pendarahan subarachnoid yg terjadi pada bawah arachnoid. Dapat terjadi secara impulsif menjadi akibat menurut stress berat.

Hematoma subdural merupakan pendarahan yang terjadi diantara arachnoid & duramater. Pembuluh darah mini kerap masih ada disini yg robek lantaran kecelakaan sebagai akibatnya menyebabkan pendarahan atau yg biasa disebut ?Kepala bocor?.

Hematoma epidural yang mungkin muncul sehabis kecelakaan atau secara spontan.

Penyakit dalam meninges yg lainnya adalah meningitis yang disebabkan sang jamur, bakteri, atau virus infeksi. Ada jua penyakit meningioma dan carcinomatoses meningeal yakni tumor pada meninges.

3. Meninges dalam Hewan Lain

Pada ikan, terdapat meninges primitif yg merupakan membran tunggal. Dalam amfibi, reptil, dan burung, meninges terdiri menurut duramater yg tebal & meninges sekunder yang juga tebal. Pada mamalia juga terdapat duramater dan meninges sekunder yang terbagi sebagai arachnoid & piamater.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Materi Pelajaran

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...