Senin, 28 Desember 2020

Duramater (Artikel Lengkap)

duramaterDuramater (atau sering dianggap durameter) adalah lapisan terluar menurut 3 lapisan meninges yang mengelilingi otak & sumsum tulang belakang. Sementara dua lapisan lainnya adalah piamater (piameter) & arachnoid. Fungsi duramater merupakan menjadi pelindung otak dan sumsum tulang belakang lantaran sifatnya yg sangat padat, keras, dan menyatu menggunakan tulang tengkorak. Duramater jua dianggap pacymeninx.

1. Struktur Duramater

Duramater dibuat dari jaringan ikat fibrous (terdiri dari serabut kolagen) yang tebal & bertenaga. Pada duramater terdapat serabut elastis, fibrosit, saraf, pembuluh darah, & limfe. Di bagian eksklusif masih ada rongga yg dianggap sinus longitudinal superior yg berisi darah vena menurut otak.

Duramater terdiri dari 2 lapis yaitu lapisan endosteal (menyatu dengan tengkorak menjadi endostium) dan lapisan meningeal (duramater yg sesungguhnya yg gampang dilepaskan berdasarkan tulang kepala). Kedua lapisan ini dipisahkan sang sinus vena dural. Sinus ini mengalirkan darah & cairan serebrospinal berdasarkan otak dan bermuara di vena jugularis interna. Di antara tulang ketua dengan duramater masih ada rongga epidural.

Lapisan meningeal membangun empat septum yg berfungsi untuk menahan pergeseran otak dan membagi rongga kranium menjadi ruang-ruang yg saling berafiliasi.

Lapisan duramater merupakan lapisan yg mempunyai banyak ujung-ujung saraf sensorik yang peka terhadap rangsangan. Jika ada rangsangan pada bagian ini bisa menyebabkan sakit kepala yang hebat. Saraf inilah yg bertanggung jawab terhadap beberapa jenis sakit kepala.

2. Arti Kata Duramater

Etimologi kata ?Duramater? Berasal dari bahasa Latin yg berarti ?Ibu yang tangguh?. Kata tadi adalah terjemahan menurut bahasa Arab ?? ?????? ??????? (umm al-dim?Gh As-?Af?Qah) yang berarti ?Mak otak yang tebal? Atau ?Matriks otak?. Duramater juga dianggap pachymeninx (jamak: pachymeninges). ?Dura? Sudah diartikan sebagai ?Tidak fleksibel? Dan ?Misalnya kulit?.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Materi Pelajaran

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...