Jumat, 27 November 2020

Pengertian Politik (Artikel Lengkap)

Politik adalah suatu teknik dan teori buat menghipnotis orang sipil atau individu. Politik juga dapat berarti cara seseorang buat mendapatkan suatu kekuasaan atau posisi pada pemerintahan atau organisasi lainnya.

1. Asal Mula Kata Politik

Kata ?Politik? Asal dari bahasa Yunani polis yang merupakan ?Kota? Atau ?Negara? Dan teta yg berarti ?Urusan?. Kata ?Politik? Pertama kali dipakai sang Aristoteles yg awalnya diklaim zoon politikon. Kemudian arti itu berkembang sebagai polites yg berarti warganegara, politeia yg berarti seluruh yg berhubungan dengan negara, politika yg berarti pemerintahan negara & politikos yang berarti kewarganegaraan. Dengan demikian, politik berarti urusan negara atau pemerintahan. Secara konsep, kata politik itu sendiri masih herbi istilah polisi.

Dua. Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Setiap pakar politik mempunyai pengertian masing-masing tentang politik. Jadi, tentu saja pengertian politik dari mereka pula bhineka. Berbagai pengertian politik dari para pakar ini bisa mempertinggi pemahaman mengenai arti politik.

Pengertian politik dari aristoteles merupakan upaya atau cara buat memperoleh sesuatu yg dikehendaki.

Pengertian politik berdasarkan Joice Mitchel adalah pengambilan keputusan kolektif atau pembuatan kebijaksanaan umum buat rakyat seluruhnya.

Pengertian politik dari Johan Kaspar Bluntschli merupakan ilmu yg memerhatikan kasus kenegaraan, menggunakan memperjuangkan pengertian & pemahaman mengenai negara dan keadaannya, sifat-sifat dasarnya, dalam berbagai bentuk atau manifestasi pembangunannya.

Pengertian politik berdasarkan F. Soltau adalah ilmu yg menyelidiki negara, tujuan-tujuan negara, & forum-forum yg akan melaksanakan tujuan itu; hubungan antar negara dengan warganegaranya dan menggunakan negara-negara lain.

Pengertian politik berdasarkan Prof. Miriam Budiardjo adalah beragam aktivitas yang menyangkut penentuan tujuan-tujuan dan pelaksanaan tujuan itu.

Tiga. Pengertian Politik Secara Umum

Pengertian politik secara lebih luas yaitu proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam rakyat yg diantaranya berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya pada negara. Untuk lebih memberikan pengertian tentang arti politik, berikut merupakan beberapa arti politik menurut segi kepentingan pengguna:

Politik dalam arti kepentingan generik merupakan segala bisnis buat kepentingan umum, baik yang berada dibawah kekuasaan negara pada sentra juga di daerah.

Politik dalam arti kebijaksanaan merupakan penggunaan pertimbangan-pertimbangan eksklusif yg dianggap lebih menjamin terlaksananya suatu bisnis, hasrat/hasrat atau keadaan yg kita hendaki.

Jadi politik adalah tindakan menurut suatu gerombolan individu mengenai suatu kasus dari rakyat atau negara. Dengan demikian, politik menyampaikan hal-hal yg berkaitan dengan negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan umum, dan distribusi kemakmuran.

Politik dipakai buat menentukan kebijaksanaan-kebijaksanaan umum yg menyangkut pengaturan & pembagian dari sumber-asal yang ada & buat melaksanakannya perlu mempunyai kekuasaan & wewenang yg berfungsi untuk membina kerjasama dan buat menyelsaikan konflik yang ada dalam proses ini.

4. Paradigma Arti Politik

Pengertian politik selalu dikonotasikan negatif sang sejumlah pihak terutama orang umum (masyarakat). Itu lantaran mereka selalu menonton televisi atau membaca koran & melihat aktivitas politik merupakan aktivitas yg kejam dan kotor. Sebenarnya bukan politiknya yg kotor atau kejam, namun pelaku politik tersebut yg menyalahgunakan kekuasaan politiknya.

Sumber:

Judul

Alamat

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...