Rabu, 25 November 2020

Pengertian Atom (Artikel Lengkap)

Atom merupakan unit dasar dari semua benda yg terdiri berdasarkan nukleus (inti atom) & dikelilingi oleh awan elektron bermuatan negatif. Inti atom terdiri berdasarkan proton bermuatan positif & neutron yg netral (kecuali pada atom hidrogen yang tidak masih ada neutron). Jari-jari atom lebih kurang 3 ? 15 nm.Elektron yang terdapat dalam atom terikat menggunakan inti atom sang gaya elektromagnetik. Dengan gaya itu pula atom bisa berikatan menggunakan atom lainnya & menciptakan sebuah molekul. Hingga kini , atom tidak dapat dilihat menggunakan indera optik manapun termasuk mikroskop.

Atom yg mengandung jumlah proton & elektron yg sama bersifat netral. Sedangkan apabila jumlahnya tidak sama diklaim ion karena bermuatan positif atau negatif. Apabila jumlah proton lebih poly, maka atomnya bermuatan positif. Apabila jumlah elektron lebih banyak, maka atomnya bermuatan negatif. Lebih dari 99,9% massa atom berpusat pada inti atom. Atom terdiri menurut 3 partikel dasar yaitu:

Proton: partikel bermuatan positif ( 1), diameternya hanya 1/3 diameter elektron, tetapi mempunyai massa kurang lebih 1840 kali massa elektron.

Elektron: partikel bermuatan negatif (-1), memiliki massa paling ringan yaitu hanya 1/1840 kali masa proton atau neutron.

Neutron: partikel tidak bermuatan (netral), mempunyai massa yang kira-kira sama menggunakan adonan massa proton & elektron.

Teori mengenai atom terus berkembang karena insan bertanya-tanya dengan apa yang menyusun semua benda. Manusia berpikir bahwa saat kertas dipotong-pangkas, niscaya akan ada saat dimana potongan kertas sudah sangat kecil sehingga tidak bisa dipotong. Untuk itulah, istilah ?Atom? Dari berdasarkan bahasa Yunani a & tomos yang berarti ?Tidak bisa dipotong? (a=nir; tomos=terbagi/dipotong). Jadi, awalnya atom dianggap merupakan unit terkecil yg menyusun seluruh benda. Atom memang berukuran sangat kecil. Sebuah pertanda titik saja masih ada sekitar 20 juta atom. Kemudian, atom berkembang sesuai menggunakan perkembangan penelitian dari berbagai ahli. Berikut merupakan perkembangan pengertian atom menurut para ahli kimia:

Pengertian Atom Menurut Demokritos: Atom adalah partikel terkecil penyusun seluruh materi di alam semesta.

Pengertian Atom Menurut John Dalton: Atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat seperti unsurnya.

Pengertian Atom Menurut J.J. Thomson: Atom adalah bola yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif tersebar secara merata.

Pengertian Atom Menurut Ernest Rutherford: Atom adalah partikel yang terdiri dari inti atom, yaitu proton dan neutron yang berada pada bagian pusat dan dikelilingi elektron-elektron.

Di alam masih ada poly jenis atom. Atom-atom tadi disusun dalam sistem periodik unsur kimia. Atom-atom disusun menurut jumlah proton pada pada atom. Semua atom yang ditemukan telah diberi nama & lambang. Lambang tadi menganut sistem Jons Jakob Berzelius. Seorang pakar kimia dari Swedia.

Sumber:

1. Atomhttp://en.wikipedia.org/wiki/Atom
2. Atomhttp://id.wikipedia.org/wiki/Atom
3. Pengertian Atomhttp://softilmu.blogspot.com/2013/04/pengertian-dan-pembahasan-atom.html
4. Perkembangan Teori Atom (Artikel Ringkasan)http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/08/perkembangan-teori-atom-artikel.html
5. Pengertian Atom Menurut para Ahlihttp://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-atom-menurut-para-ahli.html
6. Pengertian Atom, lon, dan Molekulhttp://manfaat-pengetahuan.blogspot.com/2013/09/pengertian-atom-lon-dan-molekul.html
7. Pengertian atom bermuatan positif dan negatif?http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20130930055644AA5K3Dp
8. Pengertian Atomhttp://gipeng.blogspot.com/2012/07/pengertian-atom.html

Judul

Alamat

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...