Jumat, 25 September 2020

6 Penyebab Hilangnya Keanekaragaman Hayati (Materi Lengkap Biologi SMA X)

Kenekaragaman hayati pada global terus menurun seiring kemajuan teknologi umat insan. Manusia seolah-olah menjadi ?Penguasa global? & seenaknya Mengganggu keanekaragaman biologi hanya buat kepentingan sendiri. Padahal pada akhirnya manusia yang akan dirugikan dari hilangnya keanekaramgan biologi. Banyak sekali penyebab terjadi hilangnya keanekaragaman hayati. Berikut merupakan penyebabnya:

Bagian berdasarkan: Keanekaragaman Hayati (Materi Lengkap)

perburuan liar dapat menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati
Perburuan liar bisa menyebabkan hilangnya keanekaragaman biologi

1. Hilangnya Habitat

Deforestasi (penebangan hutan) sudah mengakibatkan hilangnya tempat asli sejumlah makhluk hayati yang berdampak dalam berkurangnya keanekaragaman biologi. Penggunaan bom ikan pula berdampak jelek dalam ekosistem laut. Penyebab utama masalah ini merupakan populasi manusia yg terus bertambah yang seiring dengan perkembangan kebutuhan yg semakin pesat.

Dua. Introduksi Spesies

Introduksi spesies (pengenalan spesies) adalah upaya mendatangkan sebuah spesies asing ke suatu tempat. Hal itu dapat mengganggu keseimbangan ekosistem dan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati karena bisa saja spesies asing lebih kuat dibandingkan spesies lokal sehingga kelestarian spesies lokal terancam. Misalnya jika ada sebuah pulau yang dihuni banyak rusa kemudian dimasukkan beberapa singa ke dalam pulau tersebut. Contoh introduksi spesies yang sering terjadi adalah penggunaan padi unggul yang telah memusnahkan padi tradisional.

3. Eksploitasi Berlebihan

Kemajuan teknologi manusia menciptakan manusia mampu berburu apa saja termasuk hewan buas. Lantaran nilai jual yang tinggi, poly orang yang tega mengeksploitasinya secara berlebihan tanpa memikirkan generasi yg akan tiba. Akibatnya, populasi beberapa jenis hewan terus menurun bahkan hampir punah. Eksploitasi hutan pula bisa mengganggu ekosistem dan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati.

4. Pencemaran

pencemaran udara menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati
Pencemaran udara mengakibatkan hilangnya keanekaragaman hayati

Pencemaran di kota-kota besar sudah semakin mengkhawatirkan. Banyak orang yang seenaknya membuang sampah dan limbah ke sungai. Padahal sungai adalah tempat hidup berbagai jenis ikan dan tumbuhan air. Ekosistem pantai juga ikut terganggu karena pencemaran ini. Penggunaan pestisida dan pupuk buatan juga berbahaya bagi tanah. Tanah akan tercemar dan menjadi tidak subur lagi. Asap kendaraan bermotor dan pabrik berkontribusi terhadap pencemaran udara yang dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global sehingga daerah kutub menjadi tidak nyaman ditinggali oleh hewan kutub. Semua pencemaran tersebut pada akhirnya akan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati.

5. Pemanasan Global

eksploitasi hutan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati
Eksploitasi hutan mengakibatkan hilangnya keanekaragaman biologi

Suhu global terus naik karena impak samping pencemaran udara. Udara yang semakin panas ini bisa melelehkan es pada kutub. Akibatnya permukaan bahari naik & menenggelamkan pulau-pulau kecil di dunia. Tumbuhan dan hewan yg tinggal pada pulau kecil tadi akan lenyap.

6. Industrialisasi

Sistem pertanian ketika ini lebih condong ke sistem monokultur atau hanya menanam satu varietas padi. Varietas padi tadi merupakan varietas unggul yg dikembangkan di laboratorium. Akibatnya, keanekaragaman hayati padi menurun.

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...