Jumat, 25 September 2020

Pengertian Seni Musik (Artikel Lengkap)

Seni musik adalah keliru satu cabang seni yg memakai olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya. Seni musik ketika ini sudah sebagai galat satu sarana hiburan terpopuler seiring dengan perkembangan teknologi waktu ini. Seni musik terdiri dari alunan musik dari alat musik dan beberapa memakai olah vokal. Dalam bahasa Inggris, ?Seni? Disebut art & ?Musik? Dianggap music.

Pengertian Seni Musik

1. Definisi Seni Musik

Seni musik asal menurut dua kata, yaitu ?Seni? Dan ?Musik?. Seni adalah output cipta, rasa, & karsa insan yang diwujudkan pada berbagai wahana. Sedangkan musik merupakan output pengolahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo. Jadi, secara harfiah seni musik adalah output cipta, rasa, dan karsa mausia yg diwujudkan dalam olahan bunyi, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo.

Tidak ada arti kata seni musik pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun masih ada arti istilah seni suara yg mempunyai makna paling dekat berdasarkan seni musik. Arti istilah seni suara berdasarkan KBBI adalah seni olah suara atau suara (nyanyian, musik, dsb).

2. Asal Mula Kata Seni Musik

Etimologi istilah ?Seni? Berasal menurut bahasa Sansekerta yg berarti ?Penyembahan, pelayanan, pemberian ?. Ada jua yang mengatakan bahwa dari mula istila ?Seni? Berasa dari bahasa Belanda genie yang asal dari bahasa Latin yang berarti ?Jenius?.

Sedangkan etimologi kata ?Musik? Berasal dari bahasa Inggris music yang berasal menurut bahasa Yunani mousik?. Mousik? Merujuk kepada semua seni yang dipimpin oleh Muses yg berupa musik & puisi.

3. Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Saya sengaja bedakan pengertian seni musik & pengertian musik. Banyak sekali para pakar yg mencoba memberikan pengertian seni musik berdasarkan pandanganya masing-masing. Salah satunya merupakan Suhastjarja. Pengertian seni musik menurut Suhastjarja adalah pengungkapan rasa keindahan seorang insan yang diwujudkan pada pada nada atau suara yang pada akhirnya menghasilkan ritme & harmoni.

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...