Kamis, 27 Agustus 2020

Seni Tari (Artikel Lengkap)

Seni tari merupakan seni yang asal dari gerakan tubuh berirama yang biasanya diiringi menggunakan seni musik. Tarian dapat pertanda ekspresi, emosional, maupun buat doa dalam sebuah ritual. Unsur utama pada tari merupakan mobilitas tubuh insan & nir tanggal pula menggunakan irama, ruang, dan ketika. Seni tari jua dipercaya sebagai bentuk komunikasi nonverbal pada hewan misalnya lebah yg melakukan tarian waktu kawin. Tari bisa dibedakan & dijelaskan dengan banyak sekali cara seperti koreografi, gerakan, ketika, & tempat berasal. Tetapi poly penelitian yang memperlihatkan kesamaan beberapa tarian di beberapa loka.

seni tari

Perbedaan penting berdasarkan tarian adalah tarian teatrikal & tarian partisipatif. Tetapi demikian, dua kategori itu tidak benar-benar terpisah. Masing-masing saling menghipnotis. Keduanya juga memiliki fungsi khusus seperti tarian seremonial yg hanya dilakukan sekali setahun, tarian er0tis, tarian perang, atau tarian sakral.

Beberapa jenis bela diri dan olahraga jua dapat disamakan dengan tarian misalnya senam, skating, & berenang.

1. Pengertian Seni Tari

Seni adalah proses penciptaan yg didasari oleh rasa & karsa. Sedangkan tari merupakan gerakan tubuh yg berirama dan umumnya diiringi oleh musik. Jadi, secara harfiah seni tari merupakan proses penciptaan yang didasari oleh rasa dan karsa berupa gerakan tubuh berirama & diiringi oleh musik.

Dua. Pembagian Seni Tari dari Jenis Pertunjukan dan Partisipasi

Seni tari bisa dibedakan sebagai 2 dilihat dari jenis pertunjukan dan partisipasinya. Yaitu tari teater & tari partisipatif.

Tari teater yg pula disebut tari pertunjukan atau konser tarian, berfungsi sebagai tontonan & hiburan. Biasanya dilakukan pada atas panggung dan menceritakan sebuah kisah yg mungkin akan memakai properti spesifik. Bisa jua diiringi musik. Contoh tari teater merupakan balet, tari modern, tari India klasik, tarian drama Tiongkok dan Jepang, dll. Tarian tadi bisa pula muncul dalam opera atau teater musikal.

Tari partisipatif adalah tarian masyarakat, tarian sosial, tarian berkelompok, atau tari berpasangan. Tujuan tarian ini lebih ditujukan buat hubungan sosial atau olahraga dimana tidak ada penonton. Tarian jenis ini sporadis mendeskripsikan sebuah cerita. Hampir seluruh macam tarian ini dapat dilakukan dengan bebas tanpa terdapat anggaran. Namun terdapat beberapa macam tarian yang mempunyai anggaran tertentu contohnya hanya pria, perempuan , atau anak-anak yang boleh melakukannya.

Tiga. Asal & Sejarah Seni Tari

Bukti arkeologis tertua yang memberitahuakn adanya tarian merupakan lukisan tua berusia 9000 tahun pada Shelter Rock of Bhimbetka, India & lukisan pada makam yang dibentuk dalam tahun 3300 SM di Mesir yg menggambarkan seseorang penari.

Sebelum penemukan bahasa dan tulisan, tari merupakan cara untuk mengungkapkan sesuatu berupa cerita berdasarkan generasi ke generasi. Penggunaan tarian pada saat itu dipakai buat mengungkapkan kegembiraan & ritual penyembuhan seperti yang waktu ini ditemukan pada kebudayaan masyarakat pada daerah hutan hujan Brasil dan gurun Kalahari. Hal tersebut menjadi salah satu faktor keluarnya tarian.

Tarian Yunani (horos) pernah disebutkan sang Plato, Aristoteles, Plutarch, dan Lucian.

Bible & Talmud merujuk ke poly event yang berhubungan dengan seni tari dan terdiri menurut lebih berdasarkan 30 makna tari yang tidak sama.

Dalam tembikar Cina Kuno dalam masa Neolitikum terdapat gambar sekelompok orang menari sembari berpegangan tangan. Huruf Cina ?Menari? Pertama kali ditemukan pada tulang oracle. Tarian primitif pada masa Cina antik sering dikaitkan dengan ilmu sihir dan ritual perdukunan.

Selama milenium pertama sebelum masehi di India, seni tari berperan penting dalam budaya India.

Banyak sekali jenis tarian pada masa ini misalnya tarian historis, tari tradisional, tari seremonial, dan tari etnis.

4. Musik pada Seni Tari

Banyak sekali jenis seni musik & seni tari yang diciptakan buat dimainkan beserta-sama. Pengembangan berpasangan ini terus dilakukan berdasarkan saat ke ketika dan membuat bentuk tarian misalnya jig, waltz, tango, disko, dan salsa. Beberapa aliran musik terdapat tariannya misalnya musik barok & tarian barok, atau musik klasik & balet klasik.

Meskipun tarian sering disertai dengan musik, ada beberapa tarian yang dilakukan tanpa musik seperti tap dance. Saat melakukan pertunjukkan musik, tarian tidak selalu dimainkan selama iringan musik.

Lima. Seni Tari pada Berbagai Belahan Dunia

Semua tarian klasik India berakar berdasarkan Natyashastra. Ciri khasnya adalah penggunaan lonceng di kurang lebih pergelangan kaki mereka. Sekarang masih ada poly varietas tarian klasik India pada beberapa wilayah.

Pada tarian Sri Lanka terdapat tarian setan yang disebut yakin natima. Tarian ini merupakan ritual pra-Buddha Sri Lanka yang menggabungkan Ayurvedic dan Sinhala. Pengaruh tarian tersebut juga dapat dilihat pada tarian klasik Sri Lanka.

Di Indonesia, masih ada poly sekali jenis tarian. Setiap wilayah mempunyai beberapa tarian khas. Beberapa jenis tarian telah populer hingga ke mancanegara seperti tari Pendet, tari Kecak, tari Tor-Tor, tari Piring, tari Saman, dll. Beberapa tarian tersebut mendapat efek dari budaya Hindu, budaya Islam, atau campuran keduanya.

Balet pertama kali dikembangkan di Italia dan kemudian di Perancis. Balet dapat dikatakan hiburan mewah yang dikombinasikan sang musik, drama, puisi, lagu, busana , dan tarian. Selama pemerintahan Louis XIV yg juga adalah seseorang penari, seni tari seringkali dikodifikasi. Penari profesional mulai mendapatkan tempat. Bahkan terdapat pakar balet yang mendapatkan lisensi berdasarkan pemerintah Perancis. Akademi tari balet pertama, Acad?Mie Royale de Danse, dibuka pada Paris pada tahun 1661. Tak usang lalu, ada kelompok penari balet yg awalnya hanya buat pria. Tetapi dalam tahun 1681 wanita mulai ikut serta.

Konser tari abad ke-20 membawa ledakan penemuan dalam gaya tari yang ditandai dengan eksplorasi teknik tari yg lebih bebas. Pelopor awal berdasarkan apa yang dikenal menjadi tari terkini termasuk Loie Fuller, Isadora Duncan, Mary Wigman, & Ruth St. Denis.

Tari Afrika Amerika merupakan tarian yg berkembang pada kehidupan sehari-hari rakyat Amerika Utara. Tarian tersebut termasuk disko, tari jazz, tari hip hop, tari rock dan roll, dll. Kebanyakan tarian tadi sudah mempunyai efek dunia.

6. Pendidikan Seni Tari

Studi tari saat ini ditawarkan melalui acara seni & humaniora. Banyak lembaga pendidikan tinggi di Fakultas Seni yg mengajarkan seni tari. Sebuah kurikulum studi tari dapat mencakup beragam topi misalnya latihan tari, koreografi, etnokoreologi, notasi tari, & dansa.

7. Pekerjaan pada Bidang Seni Tari

Penari profesional biasanya dipekerjakan menggunakan sistem kontrak untuk pertunjukan tertentu atau buat diproduksi. Kehidupan penari profesional umumnya selalu menerima tekanan kompetiti yg kuat dan menggunakan upah yang tergolong rendah. Akibatnya, penari profesional harus mencari penghasilan tambahan buat mencukupi kebutuhan hidupnya. Di Amerika Serikat banyak perkumpulan penari profesional yang tetapkan kondisi kerja & honor minimum buat anggotanya.

Pengajar tari biasanya berfokus pada pedagogi tari. Mereka umumnya memiliki pengalaman dalam jenis tari yg mereka ajarkan. Paling umum berasal menurut mantan penari jenis eksklusif atau yang sebelumnya acapkali memenangkan lomba tari.

Guru tari mungkin membuka les sendiri atau dipekerjakan sang sekolah tari. Beberapa sekolah tari dikelola secara profesional, tetapi ada pula guru yang membuka usaha les menari yg dikelola & diajarkan oleh dia sendiri.

Koreografer seringkali asal berdasarkan universitas dan digunakan buat proyek-proyek pertunjukan eksklusif.

8. Kompetisi Seni Tari

Kompetisi atau lomba tari adalah sebuah acara yg terorganisir di mana kontestan melakukan tarian ad interim para juri menaruh penilaian untuk memilih pemenang. Pemenang umumnya akan mendapatkan penghargaan dan hibah berupa uang tunai. Kompetisi ini biasanya dilakukan pemerintah atau lembaga pendidikan dalam rangka melestarikan seni tari di daerahnya.

9. Menari buat Meningkatkan Kesadaran

Seperti jenis-jenis hiburan lainnya, seni tari kadang dipakai buat menaikkan pencerahan para peserta mengenai info-informasi sosial. Pertunjukan tari sudah dipakai buat menaikkan pencerahan diabetes, kekerasan terhadap wanita, menjaga sumber daya air, alzheimers, dan kanker.

10. Jenis-Jenis Seni Tari

Banyak sekali jenis-jenis seni tari yg dibedakan dari masa, jumlah penari, fungsi, dll. Ada tari tradisional dan tari terbaru apabila dibedakan dari masanya. Ada tari tunggal, tari berpasangan, & tari gerombolan bila dibedakan berdasarkan jumlah penari. Ada tari pergaulan, tari penyambutan, & tari kompetitif apabila dibedakan berdasarkan kegunaannya.

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...