Selasa, 25 Agustus 2020

12 Bagian-Bagian Jantung Manusia Beserta Fungsinya

Jantung merupakan organ muskular dalam manusia yg berfungsi memompa darah melalui pembuluh darah pada sistem sirkulasi darah insan. Bentuknya misalnya buah pir terbalik dengan berukuran setara dengan kepalan orang dewasa. Fungsi jantung sangatlah penting karena jantung menjaga darah agar permanen mengalir dan membawa oksigen serta sari-sari kuliner ke pada setiap sel tubuh. Jantung terdiri menurut beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian jantung manusia bersama kegunaannya lengkap bersama gambar anatomi jantung. Langsung saja kita simak yg pertama:

anatomi jantung manusia

Aorta merupakan arteri terbesar dalam tubuh. Letaknya di permukaan jantung. Fungsi aorta merupakan buat membawa darah yg mengandung oksigen dari ventrikel kiri ke semua tubuh.

Vena kava superior (vena cava) adalah vena besar dalam tubuh. Letaknya juga di bagian atas jantung. Fungsi vena kava superior merupakan buat membawa kembali darah kaya karbon dioksida berdasarkan semua tubuh permukaan ke jantung.

Arteri pulmonalis merupakan arteri yg mengangkut darah berdasarkan jantung ke paru-paru. Fungsi arteri pulmonalis merupakan untuk mengganti karbon dioksida dan uap air yg ada di dalam darah menggunakan oksigen.

Katup aorta adalah katup yg memisahkan ventrikel kiri menggunakan aorta. Perubahan tekanan darah pada kedua sisi katup menyebabkan katup bisa terbuka & tertutup. Fungsi katup aorta merupakan untuk mencegah darah mengalir ke arah yang galat.

Atrium adalah bentuk jamak dari atria yang sama artinya dengan serambi. Terdapat 2 atrium yaitu atrium kiri (serambi kiri) dan atrium kanan (serambi kanan). Atrium dua ruangan teratas berdasarkan empat ruang primer dalam jantung. Fungsi atrium kiri adalah adalah mendapat darah berdasarkan paru-paru yg kaya oksigen & membawanya ke ventrikel kiri. Sedangkan fungsi atrium kanan adalah mendapat darah berdasarkan semua tubuh yang kaya akan karbon dioksida kemudian membawanya ke ventrikel kanan.

Vena pulmonalis adalah vena yg membawa darah kaya oksigen dari paru-paru ke jantung tepatnya pada atrium kiri. Ukurannya lebih mini berdasarkan vena cava & terdiri berdasarkan vena pulmonalis kanan & vena pulmonalis kiri. Fungsi vena pulmonalis adalah buat membawa darah kaya oksigen kembali ke jantung buat kemudian diedarkan ke semua tubuh.

Katup trikuspidalis atau katup trikuspid merupakan katup yang terdiri berdasarkan menurut 3 daun katup. Katup ini bisa terbuka apabila sistole berkontraksi & bisa menutup kembali. Fungsi katup trikuspidalis adalah buat memisahkan atrium kanan dan ventrikel kanan dan membantu mengalirkan darah miskin oksigen berdasarkan atrium kanan ke ventrikel kanan.

Katup mitral atau bicuspid merupakan katup yg memisahkan atrium kiri & ventrikel kiri. Katup ini bisa terbuka ketika darah kaya oksigen di atrium kiri hendak mengalir ke ventrikel kiri. Fungsi katup mitral merupakan buat mencegah darah yang telah berada di ventrikel kiri kembali ke atrium kiri.

Ventrikel merupakan dua ruang kosong berdasarkan empat ruang pada bagian bawah jantung. Ventrikel jua disebut bilik. Ada dua macam ventrikel, yaitu ventrikel kiri (bilik kiri) & ventrikel kanan (bilik kanan). Fungsi ventrikel adalah untuk mendapat darah berdasarkan atrium lalu membawanya keluar berdasarkan jantung. Fungsi ventrikel kiri adalah mendapat darah berdasarkan atrium kiri & membawanya ke semua tubuh. Fungsi ventrikel kanan merupakan menerima darah berdasarkan atrium kanan & membawanya ke paru-paru.

Vena kava inferior atau vena cava inferior adalah vena terbesar pada tubuh insan. Fungsi vena kava inferior adalah membawah darah dari bagian bawah tubuh ke atrium kanan jantung.

Selain bagian-bagian yang disebutkan dalam gambar anatomi pada atas, berikut adalah beberapa bagian lain jantung manusia:

Katup atrioventrikular atau katup atrioventrikuler merupakan katup yg terletak di antara atrium & ventrikel. Fungsi katup atrioventrikular adalah buat membuat darah hanya dapat mengalir berdasarkan atrium ke ventrikel.

Dinding jantung merupakan bagian terluar yg melapisi jantung. Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan yaitu endokardium (terdalam), miokardium (bagian tengah), dan epikardium (terluar). Endokardium terdiri menurut epitel pipih selapis. Miokardium terdiri berdasarkan otot kardiak (otot jantung). Epikardium merupakan sebuah membran fibrosa. Fungsi dinding jantung adalah menciptakan jantung berdetak & mencegah supaya jantung tidak bocor.

Sumber:

  1. Bagian-Bagian Jantung dan Fungsinya (http://idpengertian.com/2015/04/bagian-bagian-jantung-manusia.html)
  2. Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Ciri-Ciri Pembuluh Nadi (Arteri) (http://www.artikelsiana.com/2014/12/pengertian-fungsi-jenis-ciri-pembuluh-nadi.html)
  3. Katup jantung )https://id.wikipedia.org/wiki/Katup_jantung)
  4. Apa Perbedaan Atrium dan ventrikel Jantung (http://www.sridianti.com/apa-perbedaan-atrium-dan-ventrikel-jantung.html)
  5. Apakah fungsi Atrium kanan dan kiri (http://budisma.net/2015/01/apakah-fungsi-atrium-kanan-dan-kiri.html)
  6. Katup-katup pada jantung (http://adyantavitrie.blogspot.com/2012/04/katup-katup-pada-jantung.html)
  7. Bagian-bagian jantung dan fungsinya (http://kliksma.com/2015/03/bagian-bagian-jantung-dan-fungsinya.html)
  8. Perbedaan Antara Vena Cava superior dan Inferior (http://www.sridianti.com/perbedaan-antara-vena-cava-superior-dan-inferior.html)
  9. kardoivaskuler (http://saproll-welcome.blogspot.com/2009/09/kardoivaskuler.html)
  10. Bagian-bagian Jantung Manusia dan fungsinya (http://www.sridianti.com/bagian-bagian-jantung-manusia.html)
  11. Heart (https://en.wikipedia.org/wiki/Heart)

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...