Senin, 20 Juli 2020

Pengertian Statistika (Artikel Lengkap)

Statistika adalah ilmu yg menilik pengumpulan, analisis, interpretasi, presentasi, & penyusunan data. Statistik dipakai pada banyak sekali keperluan misalnya penyusunan karya ilmiah, industri, atau buat mengetahui masalah sosial. Statistik berguna untuk mempermudah pada penyusunan data sehingga mudah dipahami orang lain. Dalam bahasa Inggris, ?Statistika? Disebut statistics.

pengertian statistika

1. Asal Mula Kata Statistika

Etimologi istilah “statistika” adalah kata serapan bahasa Inggris statistics. Penggunaan kata statistics dalam bahasa Inggris pertama kali digunakan pada tahun 1770. Kata statistics berasal dari bahasa Jerman statistik yang pertama kali digunakan pada tahun 1748 dalam buku berjudul “Vorbereitung zur Staatswissenschaft” oleh ilmuwan politik Jerman Gottfried Aschenwall (1719-1772). Kata tersebut berasal dari bahasa Latin Modern statisticum yang berarti “urusan negara”. Kata tersebut berasal dari bahasa Italia statista yang berarti “keterampilan dalam tata negara”. Kata tersebut berasal dari bahasa Latin status.

Awalnya, statistics berarti ?Perpaduan berita baik yg berbentuk angka-angka maupun kumpulan kabar yang nir berbentuk angka-angka yang mempunyai arti krusial dan kegunaan besar bagi suatu negara. Penggunaan kata statistics dalam bahasa Inggris yg berarti ?Pengumpulan dan pengklasifikasi data numerik? Pertama kali digunakan dalam tahun 1829. Penyingkatan menjadi stats pertama kali digunakan pada tahun 1961.

2. Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc., statistika merupakan pengetahuan yg herbi cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisisnya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan perpaduan data dan penganalisaan yg dilakukan. Sedangkan dari Anderson & Bancrof, statistika adalah ilmu & seni pengembangan & penerapan metode yg paling efektif buat kemungkinan salah pada konklusi & estimasi bisa diperkirakan dengan memakai penalaran induktif menurut matematika probabilitas.

3. Perbedaan Statistika menggunakan Statistik

Meskipun perbedaannya hanyalah penambahan huruf ?A? Di bagian belakang, pengertian statistika dan statistik berbeda. Statistika merupakan ilmu yg mempelajari tentang cara menciptakan statistik. Sedangkan statistik merupakan hasil-output pengolahan & analisis data.

4. Arti Kata Statistika

Tidak ada arti istilah ?Statistika? Pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Namun, disana ada arti kata ?Statistik?. Statistik adalah kata benda (nomina) yg berarti:

Catatan angka-angka (sapta); perangkaan.

Data yang berupa angka yg dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga bisa memberi berita yg berarti tentang suatu masalah atau tanda-tanda.

Referensi:

  1. Statistics (https://en.wikipedia.org/wiki/Statistics)
  2. statistics (n.) (http://www.etymonline.com/index.php?term=statistics)
  3. Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli (http://www.gurupendidikan.com/pengertian-statistik-lengkap-menurut-para-ahli/)
  4. Pengertian Statistika Menurut Para Ahli (http://dilihatya.com/1050/pengertian-statistika-menurut-para-ahli)
  5. Pengertian Statistika dan Statistik (http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-statistika-dan-statistik.html)

Daftar Pustaka:

  1. Wirawan, Nata. 2012. Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi dan Bisnis (Statistika Deskriptif) Buku 1 Edisi Ketiga. Denpasar: Keraras Emas.
  2. Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Anda sanggup request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...