Senin, 20 Juli 2020

Hama yang Paling Sering Menyerang Padi

Hama yang Paling Sering Menyerang Padi

Posted by Agrikompleks

Hama Tanaman Padi - Dalam budidaya tanaman padi, maka kita tidak akan terlepas dari ancaman hama yang sering menyerang tanaman padi kita. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan petani untuk bisa mengenal jenis-hama tanaman padi agar petani dapat mengatur dan dapat menerapkan pengaturan yang tepat, cepat, dan akurat.

Apabila kita mengetahui hama yang paling seringkali menyerang padi dan bagaimana cara mengendalikannya maka kita dapat membentuk padi dengan baik, buat itu kami akan memberikan liputan mengenai hama yg paling seringkali menyerang padi.

1. Tikus

Sumber : jualpestisida.Com

Hama tikus menyerang tumbuhan padi berdasarkan mulai masih sebagai flora hingga tanaman mulai masa pengisian bulir. Kalian juga wajib mengetahui kapang tikus menyerang, tikus sangat aktif pada malam hari makanya hama tikus bisa menyerang padi pada malam hari & dalam siang hari tikus bersembunyi pada lubang menjadi loka mereka bersarang misalnya pada pematang sawah.

Tikus dapa perkembangbiak sangat cepat makanya bila tidak membasmi tikus maka kerusakan yang disebabkan tikus akan sangat merugikan bagi petani yg sedang membudidayakan flora padi & kondisi terparahnya, agresi hama tikus bisa menyebabkan sampai flora padi gagal panen. Buat mengendalikan hama tikus kalian tinggal menggunakan cara ekstrim dengan memasang musuh alaminya yaitu ular.

Sumber : badungkab.Go.Id

Sundep adalah nama lain dari hama penggerek btg, mereka umumnya menyerang dalam fase vegetatif menggunakan karakteristik ditandai daun tengah atau pucuk flora akan tewas karena titik tumbuh dimakan larva penggerek btg.

Kehadiran pada hama ini menggunakan ditandai oleh kehadiran ngengat dan kematian dalam tunas padi. Untuk mengendalikannya sanggup menggunakan cara mekanik, mengendalikan dengan memakai cara hayati, dan menggunakan insektisida.

Sumber : www.Inibaru.Id

Untuk hama keong mas mereka menyerang pada ketika tumbuhan padi mulai dari masa vegetatif & itu dimulai berdasarkan masa pembibitan. Keong mas Mengganggu tumbuhan dengan cara memarut jaringan tumbuhan dan disimpannya menyebabkan timbulnya bibit yg hilang per flora.

Untuk mengendalikan bisa menggunakan cara mekanik yang dimulai menggunakan merogoh telur dan keong mas pada area budidaya. Selain itu mampu menciptakan parit mini yang ukurannya lebih besar kemudian daun pisang atau daun pepaya sebelum wilayah budidaya padi pada keringkan. Dengan adanya parit yg berisi udara & dedaunan ini diperlukan mas akan didukung dengan gampang dalam pengambilan.

Sumber : www.Beritasatu.Com

Hama wereng sangat banyak jenisnya jadi kalian jua harus mengetahuinya diantarnya wereng cokelat, wereng putih, dan wereng hijau. Buat serangan hama wereng tersebut mereka menyerang menggunakan cara menghisap cairan yang terdapat di flora padi & dapat menularkan virus ke tanaman . Serangan ini bisa menyebabkan padi menjadi kering atau pertumbuhannya menjadi kerdil.

Untuk mengendalikan hama wereng ada poly cara yang dilakukan galat satunya menggunakan membersihkan gulma yang ada pada area sawah, terus kalian jua mampu lakukan tanam padi secara serentek, & kalian juga mampu lakukan dengan cara menentukan varietas benih yg tahan.

Sumber : milesia.Id

Hama walang sangit akan menyerang dalam waktu flora padi telah memulai fase memasak susu. Hama ini akan menyerang bulir padi dengan menghisap cairan sehingga menghasilkan bulir padi sebagai hampa, berkerut, berwarna cokelat & menurunkan kualitas dari segi rasa.

Dengan serangan parah output panen akan menjadi lebih jelek & penurunan produktivitas hasil panen. Nah, buat pengendalian hama walang sangit kalian tinggal mengumpulkan telur-telurnya atau kalian juga bisa mengendalikannya menggunakan cara melepas musuh alaminya yaitu jangkrik & laba-keuntungan.

6. Burung

Sumber : s3-ap-southeast-1.Amazonaws.Com

Hama burung menyerang flora padi pada fase masak susu panen padi. Burung yg akan dipindahkan pribadi sebagai bulir padi yg sedang menguning sebagai akibatnya mengakibatkan hasil pribadi. Selain itu, burung ini juga sanggup patahnya malai padi.

Buat mengendalikan hama burung kalian tinggal menciptakan orang-orangan sawah yg mampu mengusir burung yg menyerang tumbuhan padi, kalian pula bisa membentangkan tali pada area persawahan agar burung sulit menyerang flora padi

Itulah kabar tentang jenis hama yg paling sering menyerang tanaman padi, mudah-mudahan mampu bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...