Selasa, 30 Juni 2020

Tantangan Dalam Usaha Peternakan Ayam Broiler

Tantangan Dalam Usaha Peternakan Ayam Broiler

Posted by Agrikompleks

Tantangan Dalam Usaha Peternakan Ayam Broiler - Usaha peternakan ayam dibagi menjadi tiga kategori, yaitu peternakan rakyat, usaha kecil peternakan dan perusahaan peternakan.

Peternakan masyarakat yaitu bisnis peternakan ayam yg jumlahnya nir melebihi 15.000 ekor per periode produksi.

Tantangan dalam usaha peternakan ayam broiler

Usaha mini peternakan adalah bisnis budidaya ayam ras yg jumlahnya tidak melebihi menurut 65.000 ekor per periode produksi.

Perusahaan peternakan merupakan bisnis menengah & besar pada bidang usaha budidaya ayam yg jumlahnya lebih akbar berdasarkan 65.000 ekor per periode produksi (Suharno, 2000).

Tujuan setiap perusahaan adalah meraih keuntungan semaksimal mungkin dan mempertahankan kelestarian perusahaan, namun buat mencapai tujuan tadi perusahaan harus bisa menghadapi poly tantangan.

Beberapa tantangan dalam bisnis budidaya ayam broiler, antara lain :

Kelemahan manajemen pemeliharaan, lantaran broiler merupakan output berdasarkan banyak sekali perkawinan silang & seleksi yang rumit, kesalahan berdasarkan segi manajemen pemeliharaan akan mengakibatkan kerugian;

Fluktuasi harga produk, harga ayam broiler pada Indonesia sangat fluktuatif, ditimbulkan oleh faktor ekuilibrium antara permintaan & penawaran;

Fluktuasi harga Day Old Chick (DOC) yang bermuara dalam ekuilibrium penawaran & permintaan pada pasar;

Tidak terdapat kepastian waktu jual, dimana dalam syarat normal peternak broiler berdikari menjual ayam siap potong namun tidak sinkron dalam syarat penawaran lebih tinggi dari permintaan, peternak dapat menjual murah hasil ternaknya atau menunggu harga yang lebih baik akan tetapi sekaligus mengeluarkan biaya ekstra buat ransum;

Margin usaha rendah, margin usaha budidaya ayam broiler keuntungannya sangat tipis kurang lebih lima-10% menurut setiap daur produksinya;

Faktor lain yang Mengganggu, lebih dari sebagian harga sapronak contohnya vaksin, obat-obatan, feed supplement & bahan standar ransum merupakan produk impor.

Rasyaf (2002) menyatakan bahwa terdapat tiga unsur dalam beternak ayam yaitu (1) unsur produksi; (2) unsur manajemen; dan (3) unsur pasar & pemasaran.Satu masa produksi merupakan satu kurun waktu dimana dilakukan produksi atau pembesaran anak ayam broiler mulai umur sehari hingga siap jual.

Sumber :

Rasyaf, M. 2002. Manajemen Peternakan Ayam Broiler. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Suharno, B. 2000. Kiat Sukses Berbisnis Ayam. PT. Penebar Swadaya. Jakarta.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...