Selasa, 30 Juni 2020

10 Fungsi Perwakilan Diplomatik

Perwakilan diplomatik merupakan perwakilan yg kegiatannya mewakili negaranya dalam melaksanakan interaksi diplomatik dengan negara penerima atau suatu organisasi internasional. Perwakilan diplomatik di Indonesia merupakan Kedutaan Besar RI dan Perutusan Tetap RI. Berikut merupakan fungsi perwakilan diplomatik. Langsung saja kita simak yg pertama:

Mewakili pemerintah negara pengirim pada pada negara penerima (fungsi representasi).

Memelihara kepentingan negaranya pada negara penerima, sehingga bila terjadi suatu urusan, perwakilan tersebut dapat mengambil langkah-langkah buat menyelesaikannya.

Meningkatkan interaksi persahabatan antara negara pengirim & negara penerima (fungsi persahabatan).

Melindungi kepentingan negara pengirim dan masyarakat negaranya pada negara penerima pada batas-batas yg diizinkan sang hukum internasional (fungsi proteksi).

Meningkatkan kolaborasi politik, keamanan, ekonomi, sosial, dan budaya menggunakan negara penerima.

Menerima pengaduan-pengaduan untuk diteruskan pada pemerintah negara penerima.

Sebagai loka pencatatat sipil & hadiah paspor (bila perlu).

Mengadakan perundingan menggunakan negara penerima (fungsi negosiasi).

Mengadakan persetujuan menggunakan pemerintah negara penerima.

Meneliti, menganalisis, & memberikan warta mengenai syarat dan perkembangan negara penerima sinkron dengan Undang-Undang & melaporkan pada Pemerintah negara pengirim (fungsi observasi).

Referensi:

  1. Pengertian Perwakilan Diplomatik (http://rohanimasyahid.blogspot.co.id/2010/08/pengertian-perwakilan-diplomatik.html)
  2. Jelaskan fungsi perwakilan diplomatik ! (http://brainly.co.id/tugas/9554)
  3. FUNGSI PERWAKILAN DIPLOMATIK (http://pknmansa-11.blogspot.co.id/2014/03/fungsi-perwakilan-diplomatik.html)
  4. Pengertian, Tugas dan Fungsi Perwakilan Diplomatik (http://www.burung-net.com/2015/05/pengertian-tugas-dan-fungsi-perwakilan-diplomatik.html)

Anda sanggup request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau pribadi saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...