Sabtu, 27 Juni 2020

Panduan Singkat Budidaya Serta Pemasaran Kepiting Lumpur

Panduan Singkat Budidaya Serta Pemasaran Kepiting Lumpur

Posted by Agrikompleks

Budidaya dan Pemasaran  Kepiting Lumpur - Budidaya kepiting lumpur sangat populer di beberapa negara Asia seperti Bangladesh, India, Indonesia, Thailand, Filipina, dll. Kepiting lumpur memiliki permintaan dan harga yang sangat besar di pasar internasional.

Budidaya dan pemasaran kepiting lumpur

Kepiting sangat lezat dan banyak negara pada global mengimpor kepiting dalam jumlah besar buat dikonsumsi setiap tahun. Akibatnya, terdapat kemungkinan besar membentuk mata uang asing dengan mengekspor kepiting.

Keuntungan dari Peternakan Kepiting Lumpur

Manfaat utama berdasarkan budidaya kepiting adalah, biaya energi kerja sangat rendah, porto produksi nisbi lebih rendah & mereka tumbuh sangat cepat. Bisnis budidaya kepiting komersial membuatkan gaya hayati masyarakat pesisir.

Dengan perawatan dan manajemen yg sempurna, kita dapat memperoleh lebih banyak dari bisnis budidaya kepiting daripada budidaya udang. Dan budidaya kepiting skala kecil menerima popularitas berdasarkan hari ke hari. Sistem pertanian kepiting lumpur di wilayah pesisir dijelaskan pada bawah ini.

Metode Budidaya Kepiting Lumpur

Anda dapat meningkatkan kepiting lumpur pada 2 sistem. Tumbuhkan sistem pertanian dan penggemukan. Sistem pertanian pada dua metode ini dijelaskan secara singkat pada bawah ini.

Sistem Tumbuh

Dalam sistem pertanian pembesaran, kepiting belia dibesarkan dan ditumbuhkan selama lima sampai 6 bulan hingga mencapai berukuran dan berat pemasaran.

Jenis sistem usahatani kepiting ini umumnya berbasis kolam. Ukuran kolam tergantung pada jenis produk. Umumnya tambak buat budidaya kepiting berukuran antara 0,5 hingga dua hector.

Pertukaran air pasang surut merupakan suatu keharusan. Kolam ukuran kecil sangat cocok buat budidaya kepiting. Karena mereka gampang dipelihara. Buat pagar yg cocok jika berukuran kolam menjadi mini .

Di kolam ukuran lebih besar di mana syarat alam berlaku, penguatan diharapkan pada sepanjang area outlet.

Anda bisa menyimpan kepiting muda yg dikumpulkan liar dengan berat lebih kurang 10 hingga 100 gr. Tergantung dalam ukuran kepiting dan fasilitas yg tersedia, durasi produksi bisa bervariasi antara 3 hingga 6 bulan.

Dalam produksi komersial menggunakan hadiah kuliner tambahan, Anda bisa menyimpan 1-tiga kepiting per meter persegi.

Anda dapat memberi makan ikan kepiting murah, udang, kepiting ukuran mini , dll. Anda dapat mengunjungi pasar lokal terdekat & mengumpulkan ikan busuk dan jeroan burung.

Berikan kepiting umpan lima% setiap hari menurut total berat badan mereka. Misalnya, bila ada 100 kg kepiting di kolam maka beri makan lima kg makanan setiap hari. Kumpulkan beberapa kepiting & cobalah buat menentukan berat rata-rata.

Pengambilan sampel secara teratur sangat diperlukan buat memantau pertumbuhan dan kesehatan umum, & buat menyesuaikan taraf hadiah makan.

Simpan beberapa pipa pada kolam buat proteksi & tujuan mengurangi serangan timbal pulang & kanibalisme. Dalam 3 sampai lima bulan mereka akan mencapai bobot pemasaran dan sebagai cocok buat penjualan.

Makanan

Untuk tujuan komersial, kepiting membutuhkan makanan 5-8% menurut berat badannya. Anda bisa memberi makan kepiting ikan sampah murah, limbah ayam, jeroan fauna yg dikumpulkan menurut rumah jagal, kerang air payau, dll. Jangan melayani seluruh pakan sekaligus. Sebagai gantinya, berikan 2 kali sehari. Berikan bagian primer dari total hadiah selama jam malam.

Pemasaran

Setelah periode tertentu, periksa kepiting buat pengerasannya. Dalam sistem pertanian kepiting yg besar , mereka menjadi cocok untuk tujuan pemasaran pada usia tiga hingga 6 bulan.

Dan dalam sistem penggemukan, waktunya tergantung pada ukuran kepiting. Tetapi, kumpulkan kepiting waktu mereka mencapai berat yg tepat & ketika harganya permanen tinggi. Kumpulkan kepiting di pagi hari atau malam hari. Anda sanggup mengumpulkan kepiting dari kolam dengan memakai scoop net atau memakai umpan memikat.

Cuci kepiting yg terkumpul menggunakan air payau yang baik dan singkirkan seluruh jenis kotoran & lumpur. Dan lalu hati-hati mengikat kepiting dengan sangat hati-hati tanpa mematahkan kakinya.

Kemudian cobalah buat menjaga kepiting itu dalam kondisi lembab. Jauhkan menurut sinar mentari . Lantaran sinar mentari pribadi mempunyai efek negatif pada kelangsungan hidup mereka. Setelah itu kirim mereka ke pasar.

Bisnis pertanian kepiting komersial semakin populer berdasarkan hari ke hari di banyak wilayah pesisir di semua global. Lantaran itu sangat gampang, menguntungkan dan membutuhkan saat lebih sedikit. Kepiting lumpur memiliki permintaan akbar & bernilai tinggi pada pasar internasional.

Jadi, Anda sanggup menerima uang tambahan & membuat peluang kerja dengan melakukan bisnis pertanian kepiting komersial. Semoga berguna!

Sumber : https://www.roysfarm.com/mud-crab-farming

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...