Sabtu, 27 Juni 2020

Pengertian Kewirausahaan (Artikel Lengkap)

Kewirausahaan adalah sikap mental dan jiwa yg selalu aktif, kreatif, inovatif, berdaya, bercipta, berkarsa, dan bersahaja pada berusaha pada rangka meningkatkan pendapatan dan memberikan nilai lebih buat rakyat dalam kegiatan usahanya. Orang yg mempunyai jiwa kewirausahaan diklaim wirausaha (Baca pula: Pengertian Wirausaha). Dalam bahasa Inggris, ?Kewirausahaan? Disebut entrepreneurship.

Pengertian Kewirausahaan

1. Asal Mula Kata Kewirausahaan

Etimologi kata ?Kewirausahaan? Asal dari istilah ?Wira? Dan ?Bisnis? Dan menerima awalan ?Ke-? Dan akhiran ?-an?.

?Wira? (Baca pula: Pengertian Wira) berarti pejuang, pahlawan, insan unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani, & berwatak agung. ?Usaha? Berarti ?Perbuatan buat mencapai sebuah tujuan?. Awalan ?Ke-? Berarti ?Sifat? Atau ?Tabiat?. Sedangkan akhiran ?-an? Mendukung awalan ?Ke-? Dalam membangun arti ?Sifat? Atau ?Watak?.

Jadi, secara harfiah kewirausahaan merupakan ?Sifat perjuangan yg melakukan suatu perbuatan buat mencapai sebuah tujuan?.

2. Arti Kata Kewirausahaan

Tidak terdapat arti istilah kewirausahaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Begitu juga dengan arti istilah wirausaha. Namun ada satu istilah yang seperti yaitu wiraswasta. Berikut merupakan arti istilah wiraswasta menurut KBBI:

Wiraswasta (nomina/istilah benda) orang yang berani merogoh risiko buat memulai usaha baru, memasarkan, dan mengatur permodalam usahanya.

Tiga. Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut merupakan beberapa pengertian kewirausahaan berdasarkan para ahli:

Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

Robbin & Coulter, kewirausahaan adalah suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan.

Achmad Sanusi, kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan di dalam perilaku yang menjadi dasar tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses, dan hasil bisnis.

4. Perbedaan Kewirausahaan dan Wirausaha

Kewirausahaan menekankan pada sikap dan perilaku, sedangkan wirausaha lebih menekankan pada orang yang memiliki sikap kewirausahaan.

Referensi:

  1. Pengertian Wirausaha (Artikel Lengkap) (http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-wirausaha-artikel-lengkap.html)
  2. Ke- (https://id.wikipedia.org/wiki/Ke-)
  3. Akhiran –an (http://bahasaindonesiayh.blogspot.co.id/2012/05/akhiran.html)
  4. Pengertian kewirausahaan (https://www.wattpad.com/4338180-pengertian-kewirausahaan)
  5. PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN DAN WIRAUSAHA MENURUT PARA AHLI (http://www.kitapunya.net/2015/08/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha-menurut-para-ahli.html)

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...