Minggu, 07 Juni 2020

Cara Sederhana Budidaya Tanaman Bawang Putih

Cara Sederhana Budidaya Tanaman Bawang Putih

Posted by Agrikompleks

Budidaya Bawang Putih -Mempunyai segudang manfaat, bawang putih menjadi salah satu umbi yang sangat banyak diperlukan buat keperluan memasak dan mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Tingginya permintaan bawang putih di Indonesia sendiri, membuat banyak pebisnis melaksanakan budidaya bawang putih. Apalagi, sebagian pasokan bawang putih di Indonesia, masih mengimpor dari luar negara.

Budidaya tanaman bawang putih

Buat kalian yg bertekad menerapkan budidaya bawang putih buat dijadikan bisnis, berikut masih ada sebagian metode efisien budidaya bawang putih yang berkualitas, mulai berdasarkan persiapan hingga sukses panen.

Menyiapkan Lahan

Cara budidaya bawang putih yg pertama kali dilakukan merupakan menyiapkan lahan hingga peralatan yang akan diharapkan. Di Indonesia sendiri memang sangat beruntung, buat perkara iklim. Karena iklim di Indonesia termasuk stabil untuk menumbuhkan poly jenis flora termasuk bawang putih.

Kamu sanggup memakai media tanam memakai polibag, pot, atau pribadi ke lahan tanah di pekarangan. Tidak perlu huma yg luas, buat budidaya bawang putih, engkau bisa melakukannya di huma mini sekalipun.

Bawang putih juga sangat menyukai tanah yg mempunyai tekstur lempung berpasir & struktur tanah yang gembur menggunakan pH 5,lima-7. Tanam bawang putih menggunakan jarak 4 inci dan kedalaman 2 inci. Letakan bawang putih menggunakan bagian akar yg menghadap ke bawah, & bagian runcing menghadap ke atas. Kemudian, kamu mampu tutup dengan tanah, lalu beri pupuk dan ditepuk secara perlahan.

Menyiapkan Bibit

Cara budidaya bawang putih selanjutnya yang wajib dilakukan adalah menyiapkan bibit bawang putih. Kalian bisa memakai umbi bibit yg berkualitas sanggup engkau dapatkan pada pasar atau pada toko tani terdekat. Namun, engkau juga wajib mengetahui jenis bawang putih mana yg cocok buat dijadikan bibit. Alangkah lebih baiknya jika kamu membeli bibit bawang putih di toko flora yg menjual varietas bawang putih. Jadi sangat disaranakan, bila kamu membelinya di toko tanaman saja.

Waktu Tanam

Cara budidaya bawang putih selanjutnya adalah memperhatikan ketika tanam. Pasalnya, saat tanam yang cocok buat bawang putih merupakan pada waktu isu terkini gugur. Bawang yg ditanam dalam musim tadi, akan memiliki ukuran yg lebih akbar, dan memiliki rasa yang lebih bertenaga.

Namun, karena pada Indonesia hanya memiliki dua ekspresi dominan & berada di iklim tropis, maka waktu tanam yg sempurna adalah dalam awal ekspresi dominan semi. Kamu sanggup melakukan penanaman bawang putih pada bulan Februari atau Maret.

Perawatan

Dalam melakukan budidaya bawang putih, engkau juga wajib senantiasa merawat flora hingga membuat bawang yg berkualitas. Kamu juga tidak boleh lupa untuk mencukupi kebutuhan air, menggunakan periode yg sempurna, yakni setiap 3-4 hari tergantung cuaca.

Setelah itu, jika tumbuhan bawang putihmu telah mulai timbul akar bunga, maka kamu mampu memotongnya. Hal itu dilakukan supaya umbi bawang putih bisa tumbur besar .

Pemberian Pupuk

Dalam anugerah pupuk dalam budidaya bawang putih, kamu bisa menggunakan jenis pupuk organik maupun non-organik. Untuk pupuk organik, engkau mampu memakai pupuk sangkar berdasarkan kotoran ayam atau kambing, menggunakan takaran masing-masing 10-20 ton/ha dan 30 ton/ha.

Kamu jua bisa menggunakan pupuk nitrogen yg umumnya dipakai tiga kali selama pertumbuhan, yakni pada ketika tanam, pembentukan tunas, dan pembentukan umbi. Nah, buat dosis pupuk non-organik adalah 200 kg N, 180 kg P2O5, 60 kg K2O, & 142 kg S per hektar.

Tidak hanya itu, anugerah pupuk kimia cair (unsur mikro) Sitozim menggunakan konsentrasi 0,25%, pula krusial buat membuat bawang yang berkualitas. Pupuk kimia cair sanggup kamu semprotkan ke daun bawang putih. Melakukan pembasmian gulma juga sangat krusial, agar budidaya bawang putih mampu tumbuh pesat. Pasalnya, gulma akan merusak proses pertumbuhan, pembentukan, & pembesaran umbi.

Panen Bawang Putih

Dalam budidaya bawang putih, engkau pula harus memahami flora yg telah siap panen. Untuk rata-rata waktu yang diperlukan budidaya bawang putih dari awal tumbuh sampai masa panen adalah sekitar 90-120 hari.

Tanaman bawang putih yang siap panen, akan menaruh indikasi daun yg menguning & mulai meninggal. Bahkan, buat waktu panen, engkau jua tidak boleh terlambat memanen, lantaran hasil umbinya akan mengkerut & membuat rasa yang nir lezat .

Cara memanen bawang putih, mampu kamu lakukan menggunakan cara mencabut flora menggunakan tangan. Setelah dipanen, output panen diikat sebanyak 20-30 rumpun per ikat, kemudian dijemur hingga batangnya kemarau, & ketika yang diharapkan merupakan kurang lebih 15 hari.

Proses Pengawetan Bawang Putih

Pengawetan dilakukan selama 2 minggu hingga kering, menggunakan cara didiamkan begitu saja sesudah masa panen. Setelah kemarau, maka kulitnya akan mengering dan umbinya mengeras. Lalu, engkau wajib menyimpannya di loka yang dingin & kemarau. Setelah itu engkau sanggup menggunakan bawang putih buat olahan kuliner, kesehatan, ataupun buat dijual.

Memiliki harga yang relatif tetap, menciptakan budidaya bawang putih sebagai galat satu prospek yang menguntungkan bagi para pebisnis. Karena, jumlah petani bawang putih sampai saat ini masih dibilang terbatas, mungkin engkau mampu memulai usaha budidaya bawang putih rumahan terlebih dahulu.

Itulah kabar tentang cara budidaya tanaman bawang putih, mudah-mudahan bisa berguna & menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...