Minggu, 07 Juni 2020

Cara Budidaya Ternak Burung Walet Paling Gampang dan Sederhana di Rumah

Cara Budidaya Ternak Burung Walet Paling Gampang dan Sederhana di Rumah

Posted by Agrikompleks

Budidaya Ternak Burung Walet - Burung walet ialah burung yang mempunyai karakteristik fisik, dengan bagian ekor yang panjang serta sayap yang agak meruncing, dengan bagian dasar badan bercorak cokelat serta bagian atas bercorak gelap. Burung yang mempunyai nama latin Collocalia Vestita ini pula senang serta banyak hidup di wilayah tepi laut.

Budidaya burung walet

Nyatanya bukan burungnya yang dapat dimanfaatkan, namun sarang burungnya. Sarang burung walet sangat diburu orang, sebagai akibatnya banyak orang yang berniat membudidayakan burung walet, sebab sarangnya mempunyai harga yg fantastis. Alasannya, sarang burung walet ialah sarang yang terbuat memakai air liur mereka sendiri serta memiliki khasiat luar biasa terutama buat kesehatan.

Umumnya sarang burung walet lebih kerap ditemui pada loka yang susah terjangkau semacam pada gua dekat tepi bahari serta hutan. Maka tidak heran jika waktu ini sudah banyak orang yang melaksanakan budidaya ternak burung walet rumahan. Lalu, bagaimana buat mampu membentuk burung walet buat bisa pada budidaya? Bukankah burung walet hidup secara berkelompok serta nir tak jarang terpisah?

Berikut kami memberikan metode budidaya ternak burung walet yang gampang serta simpel di rumah sendiri, mulai menurut melaksanakan pembibitan burung, hingga perawatan, tanpa melaksanakan panggilan terhadap koloni burung tadi buat hinggap di kandang yg sudah kalian buat.

Sediakan Kandang atau Ruangan

Cara budidaya ternak burung walet yg wajib dilakukan pertama kali merupakan sediakan lahan, menciptakan sangkar atau ruangan. Perhatikan pula kondisi tempat asli lingkungan yang disukai burung walet, yakni lingkungan yg terpencil, sepi, & mempunyai suhu 24-26 derajat Celcius.

Kamu sanggup menyiapkan lahan pada tempat tinggal sendiri atau menciptakan bangunan baru khusus buat sangkar. Jika pada tempat tinggal sendiri, kamu mampu menggunakan atap rumah untuk pada jadikan sangkar. Atau bila engkau menciptakan bangunan baru, engkau bisa menciptakan bangunan berbentuk kotak, dan berlubang di setiap sisinya, untuk tempat keluar masuk burung walet.

Melakukan Pembibitan

Pada dasarnya burung walet umumnya diundang buat sanggup tiba menggunakan cara memasang rekaman bunyi burung walet pada tempat sangkar. Lalu mengecat bangunan menggunakan cat warna putih atau hitam. Dari cara tersebut mungkin akan memperoleh keberhasilan hanya beberapa % saja. Akan namun, engkau juga sanggup melakukan pembibitan menggunakan cara memesan telur walet yang ditetaskan pada sangkar protesis kamu.

Kamu sanggup mendapatkan telur burung walet dengan membelinya di pasar burung, atau pasar burung yang menydiakan banyak sekali macam telur, termasuk telur burung walet yg berkualitas. Apabila ditempatmu tidak terdapat yang menjual telur burung, engkau jua mampu membelinya secara online.

Perawatan

Cara budidaya ternak burung walet sesudah melakukan pembibitan adalah menggunakan cara merawat anakan burung walet, agar membuat burung yang berkualitas. Di kembali burung walet yang berkualitas, maka mereka jua akan membuat sarang-sarang yang berkualitas pula.

Setelah engkau sudah menetaskan telur burung walet di kandang, anakan burung walet umumnya nir akan dibawa keluar kandang, selama kira-kira 2-tiga hari. Untuk pakan burung walet, engkau mampu memberinya kuliner alami, misalnya rayap, kumbang, semut, hingga serangga bersayap lainnya.

Anakan burung walet sangat membutuhkan asupan protein & karbohidrat yg tinggi. Kandungan tersebut sangat banyak terdapat di serangga seperti yg disebutkan pada atas, bahkan hingga biji-bijian. Jadi, jangan sampai lupa buat menaruh mereka pakan secara rutin ya.

Memperhatikan Kebiasaan & Membuat Sarang

Cara budidaya ternak burung walet selesainya mereka dewasa merupakan menggunakan memperhatikan kebiasaan mereka dalam berkembang biak. Biasanya burung walet dewasa akan berkembang biak pada usia empat tahun, namun nir semua burung walet mampu bertahan hayati usang, karena beberapa % burung walet mangkat , dikarenakan diserang oleh predator.

Burung walet yang berpasangan umumnya akan membuat sarang & menempati sarang tersebut. Mereka akan bertemu setiap demam isu semi di sarang yg sama. Burung walet umumnya akan menghasilkan sekiranya 2-tiga buah pada interval dua atau tiga hari. Pengeraman telur akan dimulai berdasarkan telur pertama & seterusnya, selama 19-20 hari per telurnya. Burung walet sendiri membutuhkan waktu lebih kurang 30-45 hari buat menciptakan sarang. Burung walet mampu membuat sarang kapan saja bahkan setiap ketika (pagi, siang dan malam).

Panen

Kamu sanggup memanen sarang burung walet dalam waktu walet betina telah siap bertelur. Lantaran jika engkau memanen pada ketika itu, kamu akan menerima jenis sarang walet yang berkualitas indah. Sementara jika engkau memanen pada saat telur-telur burung sudah menetas dan bisa terbang, maka kualitas sarangnya agak sedikit menurun.

Itulah warta tentang cara budidaya ternak burung walet, mudah-mudahan mampu bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...