Selasa, 02 Juni 2020

Cara Budidaya Kacang Tanah yang Menguntungkan

Cara Budidaya Kacang Tanah yang Menguntungkan - Kacang tanah dalam bahasa latin disebutArachis hypogaea L. adalah tanaman budidaya yang banyak ditanam di Indonesia. Tanaman dari keluarga kacang-kacangan ini berbunga di atas permukaan tanah, sedangkan buahnya berada didalam tanah.

Cara Budidaya Kacang Tanah yang Menguntungkan

Posted by Agrikompleks

Budidaya kacang tanah

Di Indonesia, kacang tanah sebagai tumbuhan polong terpenting selain kedelai. Tanaman ini sanggup tumbuh & berproduksi dengan baik pada hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Pada awalnya sentra produksi kacang tanah pada Indonesia terpusat pada Sumatera Utara, Sulawesi & Pulau Jawa. Dan kini kacang tanah telah dibudidayakan diseluruh wilayah Indonesia.

Di setiap wilayah kacang tanah mempunyai nama yang tidak sama, contohnya orang Aceh menyebutnya kacang tanoh, orang sunda menyebutnya kacang una atau suuk. Kacang tanah juga dikenal menggunakan nama kacang brol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, kacang benggala & lain sebagainya.

Di Indonesia permintaan kacang tanah masih sangat tinggi, hal ini bisa mengakibatkan peluang menjanjikan pada pada bisnis budidaya kacang tanah. Bagi yang ingin memulai pada usaha budidaya kacang tanah berikut tahapan cara budidaya tumbuhan kacang tanah yang baik & benar supaya menerima laba yang aporisma,

Syarat Tumbuh Kacang Tanah

Kacang tanah memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi dan mampu tumbuh dimana saja, namun idealnya budidaya kacang tanah dilakukan dalam ketinggian 50 ? 500 dpl. Kacang tanah paling baik dibudidayakan pada daerah dengan tekstur tanah yang gembur & fertile dengan curah hujan sedang. PH tanah ideal adalah 6,0 ? 6,lima dan suhu yg dikehendaki sekitar 28 ? 32 derajat celcius. Pada suhu dibawah 15 derajat celcius kacang tanah nir bisa tumbuh dengan baik, pertumbuhan terhambat & tidak dapat berbunga menggunakan paripurna.

Persiapan Lahan Budidaya Kacang Tanah

Lahan untuk budidaya kacang tanah harus digemburkan terlebih dahulu atau dibajak. Jika huma yang digunakan rawan tergenang saat ekspresi dominan hujan, maka harus dibuat bedengan atau dibentuk parit-parit buat drainase.

Taburkan dolomit bila pH tanah dibawah 6,0. Kemudian taburkan pupuk dasar berupa pupuk sangkar atau kompos, TSP, KCL & ZA dengan takaran diubahsuaikan dengan tingkat kesuburan tanah. Setelah penaburan pupuk dasar, abaikan huma selama 7 ? 10 hari.

Persiapan Benih Budidaya Kacang Tanah

Benih kacang tanah mampu diperoleh menurut flora kacang tanah yg sudah tua, yaitu kacang tanah yang dipanen pada usia kira-kira 100 hari setelah tanam. Pilih benih dari tanaman kacang tanah yang berkualitas baik & sehat.

Buah kacang tanah yang baik buat benih memiliki karakteristik-karakteristik warna kulit kehitaman dengan biji yang padat. Apabila dibuka nir memiliki selaput pada bagian dalam cangkang. Setelah dipanen, buah yg akan dijadikan benih disortase lalu dijemur sampai kering.

Benih yang baik buat ditanam merupakan benih yang baru atau benih yang disimpan tidak lebih menurut 2 bulan. Benih sebaiknya tidak dikupas selama dalam penyimpanan.

Cara Menanam Biji Benih Kacang Tanah

Kebutuhan benih dalam budidaya kacang tanah kira-kira 50 kg/hektar. Penanaman kacang tanah dilakukan menggunakan cara ditugal dengan jarak 20 x 20 centimeter. Setiap lubang ditanam satu benih kemudian ditutup dengan tanah.

Bisa pula ditanam menggunakan cara garitan atau dibuat parit memanjang, kemudian benih diletakkan pada parit tersebut menggunakan jarak 20 ? 25 centimeter. Selanjutnya dibentuk lagi parit didepannya yang sekaligus menutup benih pada parit sebelumnya. Begitu seterusnya sampai terselesaikan.

Cara Pemeliharaan Budidaya Kacang Tanah

Benih kacang tanah mulai berkecambah selesainya 5-7 hari & mulai berbunga pada usia 20 hari selesainya tanam. Kacang tanah akan terus berbunga sampai usia 75 hari selesainya tanam. Bakal butir atau ginofor akan muncul sehabis terjadi proses penyerbukan. Ginofor akan menuju & menembus tanah buat menciptakan polong.

Pemeliharaan & perawatan yang diperlukan supaya flora kacang tanah tumbuh dengan baik merupakan penyiangan. Penyiangan dilakukan supaya tanaman tidak terganggu oleh gulma dan rumput liar.

Sebaiknya penyiangan dilakukan segera jika terlihat tumbuh rumput atau gulma. Rumput dicabut dengan hati-hati supaya nir merusak ginofor atau bakal buah. Hindari penyiangan menggunakan cangkul karena mampu merusak & mengganggu pembuahan.

Jenis Pupuk dan Cara Pemupukan Susulan Budidaya Kacang Tanah

Pemupukan susulan dilakukan dalam usia 30 hari setelah tanam, yakni pada saat flora berbunga. Agar buahnya banyak dan bernas pakai pupuk yang banyak mengandung unsur phosphor, contohnya TSP atau SP36.

Taburkan pupuk secara merata pada tumbuhan kacang tanah. Pemupukan sebaiknya dilakukan pada sore hari atau dalam waktu daun tumbuhan kacang tanah dalam syarat kemarau. Hal ini dimaksudkan supaya pupuk tidak melekat dalam daun tumbuhan.

Setelah pemupukan dilakukan pembubunan tanah atau menutup area perakaran agar tumbuhan kacang tanah berbuah banyak & berkualitas cantik. Pembubunan pula berguna buat mengurangi pertumbuhan gulma. Lakukan dengan hati-hati agar nir menghambat buah.

Pengendalian Hama dan Penyakit Budidaya Kacang Tanah

Hama yg umumnya menyerang flora kacang tanah diantaranya ; hama perusak akar (uret), ulat grayak, & ulat penggulung daun.

Pengendalian dilakukan menggunakan cara pengolahan lahan yang baik, penyiangan secara rutin & menjaga kebersihan lahan serta area sekitar huma budidaya. Jika terpaksa gunakan insektisida menggunakan dosis sesuai yang dianjurkan.

Sedangkan penyakit yg umumnya menyerang flora kacang tanah antara lain ; penyakit layu, bercak daun, karat daun & sklerotium.

Pengendalian dilakukan dengan cara pengolahan lahan yg baik, penyiangan rutin, sanitasi lahan dan pergiliran tumbuhan. Untuk mencegah penularan penyakit, usahakan tumbuhan yang terinfeksi dicabut dan dimusnahkan serta menggunakan varietas yg tahan terhadap agresi penyakit.

Panen Budidaya Kacang Tanah

Untuk kebutuhan konsumsi kacang tanah bisa dipanen pada usia 85-90 hari sehabis tanam. Kacang tanah yg siap dipanen memiliki ciri ? Karakteristik daun menguning & rontok, serta batang mengeras, & biji sudah terisi penuh.

Panen kacang tanah dilakukan menggunakan cara mencabut lalu biji atau buah kacang tanah dicabut satu persatu. Kemudian kacang tanah dijemur atau bisa jua dijual langsung sesudah panen.

Itulah kabar tentang cara budidaya flora kacang tanah yang baik dan sahih supaya output yg pada dapatkan sinkron harapan serta dapat menambah keuntungan yg menjanjikan mudah-mudahan mampu bermanfaat dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...