Sabtu, 13 Juni 2020

Cara Bercocok Tanam Sayuran Dirumah Dengan Menerapkan Konsep Microgreen

Cara Bercocok Tanam Sayuran Dirumah Dengan Menerapkan Konsep Microgreen

Posted by Agrikompleks

Cara Bercocok Tanam Sayuran Dirumah Dengan Menerapkan Konsep Microgreen - Bercocok tanam menjadi lebih mudah dengan menerapkan konsep microgreen.

Hal ini dikarenakan, konsep ini tidak membutuhkan wadah terlalu besar berkat pertumbuhan akar yang nir terlalu poly.

Bercocok tanam dengan konsep microgreen

Dengan demikian, Anda secara leluasa bisa melakukannya pada pada rumah. Selain itu, tumbuhan dari hasil metode ini dapat langsung Anda makan. Contohnya sanggup ditambahkan dalam salad, sandwich, ataupun stir fried dish.

Menurut pakar, konsep bertanam ini diperuntukkan kepada sayur dan rempah yg dipanen ketika masih berusia belia.

Kurang lebih saat panen tersebut adalah waktu tumbuhan mempunyai tinggi sekitar 2,5 sentimeter. Sehingga pada kurun ketika 2 sampai 3 minggu Anda telah dapat memetik hasilnya.

Beberapa jenis sayuran di Indonesia yang populer untuk ditanam dengan metode ini merupakan rumput terigu, soba, kohlrabi, mustard, & kubis. Sedangkan buat rempah misalnya adalah kemangi & mint.

Sejatinya, konsep ini mampu menghasilkan tanaman yg dengan kandungan vitamin & mineral yg tinggi. Sehingga walaupun anda mengkonsumsi pada jumlah mini , namun tetap dapat meraih kandungan gizi yg cukup.

Tak hanya itu saja, bunga seperti bunga mentari bisa dikembangkan menggunakan konsep ini terlebih dahulu. Jadi, waktu benih sudah tumbuh dengan tinggi kurang lebih satu jari telunjuk, maka ia dapat dipanen buat ditanam pulang.

Lingkungan Tanaman

Microgreen dilakukan pada pada tempat tinggal . Tetapi wajib di ruang dengan sirkulasi udara yg indah lantaran ini adalah faktor esensial dalam tumbuh kembang microgreen.

Tak hanya itu saja, hindari jua lokasi yg terpapar eksklusif menggunakan sinar matahari. Tanaman ini minimal perlu mendapat sinar paling tidak selama empat jam dalam sehari.

Media Tanaman

Untuk benih flora berukuran besar seperti bunga surya, hidroton adalah media tanam yang lebih sempurna. Tetapi, apabila Anda memakai benih berukuran mini , rockwool dan pittmoss merupakan pilihan yang lebih tepat.

Metode Menanam

Berikut langkah-langkah yg dapat Anda lakukan saat menerapkan microgreen dalam plant container.

  • Pilih kontainer yang minimal memiliki tinggi 5 sentimeter dengan lebar sesuai yang Anda sukai.
  • Gunakan planter dengan lubang secukupnya di bagian bawahnya agar mempermudah sirkulasi udara
  • Bersihkan wadah hingga bersih sebelum menaruh media tanaman.
  • Pilih media tanaman sesuai keperluan benih yang akan digunakan.
  • Sebar benih. Tidak ada jarak ideal, yang penting rangkaian benih ini tidak saling berhimpitan.
  • Tutup wadah tanaman.

Pemeliharaan

Gunakan indera semprot air yang mini buat menyiram tumbuhan, terutama di bagian perakaran. Hal ini bisa Anda lakukan minimal 3 kali dalam sehari agar terus menjaga kondisi medium tanaman permanen lembab.

Panen

Momen terbaik buat memanen microgreen adalah ketika daun sudah tumbuh paripurna. Setelah itu, relatif potong tumbuhan tepat pada atas bagian atas tanah.

Usai panen, Anda bisa menanam pulang bibit dengan konsep microgreen dengan medium tanaman yang sama.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...