Selamat datang di blogku.... Saya akan mereview acara yang super. Yaitu Mario Teguh Golden Ways. Kali ini episodenya Raja Dunia, Budak Cinta. Langsung saja kita simak reviewnya. Yang akan mengubah hidup kita bukan orang lain, ramalan orang lain, modal, kemampuan, dan bakat. Hidup kita akan berubah karena upaya dari diri kita sendiri. Maka, (maaf saya tidak bisa melanjutkan artikel tentang Mario Teguh Golden Ways yang bertema Raja Dunia, Budak Cinta karena lagi bad mood)
Indeks berita terbaru hari ini dari peristiwa, kecelakaan, kriminal, hukum, berita unik, Politik, dan liputan khusus di Kalimantan Timur, Samarinda, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Bontang, Kutim, Berau, PPU, Paser, Kubar, Melak
Sabtu, 18 September 2021
Raja Dunia, Budak Cinta
Jumat, 17 September 2021
Liburan Panjang Telah Usai, Kembali ke Sekolah
Liburan 'yang agak membosankan' ini sementara waktu lagi akan berakhir. Dan saya harus sekolah & belajar menggunakan sungguh-benar-benar lantaran akan menghadapi Ujian Nasional tahun depan. Apa saya telah mempersiapkan segala yg dibutuhkan buat sekolah? Yang pasti telah. Buku tulis, tas, kotak pensil, pulpen, pensil beserta penghapusnya, penggaris, dan tentu saja kitab -kitab penunjang belajar saya.
Apakah anda takut lantaran liburan yg sangat panjang (4 minggu) ini akan berakhir? Kalau aku nir takut bahkan saya sangat bahagia karena saya hampir mangkat kebosanan pada tempat tinggal . Sekarang, saya akan mulai belajar lebih ulet . Jadi, mungkin kegiatan sampingan seperti bermain, main personal komputer , termasuk mengupdate artikel di blog saya ini akan saya kurangi.
Saya ingin sekali bersekolah pada Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Denpasar atau SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Karena NEM yg diharapkan tinggi dan nilai homogen-rata minimal kelulusan merupakan 7 (pertama pada Indonesia, lho!) yang membuat aku berusaha belajar dengan giat. Nah, aku telah memilih sekolah Sekolah Menengah Atas yang saya inginkan. Kalau anda? Apa persiapan anda buat back to school?
Besok Hari Istimewaku
Benar, besok (Selasa, 26 Juli 2011 ) merupakan hari yang relatif istimewa bagi aku . Tahu kenapa? Karena aku berulang tahun yang ke 14! Saya tidak akan merayakan hari ulang tahun aku . Saya hanya akan merayakan ulang tahun saya pada blog ini. Kenapa? Karena saya bosan menggunakan teman-teman Sekolah Dasar aku & poly menghabiskan banyak uang. Saya akan merubah tampilan blog ini menjadi lebih meriah. Orangtua saya terlihat belum mengetahui hari ulang tahun aku . Mungkin mereka akan menciptakan kejutan buat saya.
Apa asa dan hasrat aku pada ulang tahun saya yang ke-14 ini? Saya ingin sukses, panjang umur (termasuk orangtua dan saudara termuda saya), dunia berubah menjadi lebih baik (termasuk teman-sahabat SD saya agar berubah menjadi orang yg nir suka mengatur kehidupan aku & orang lain), & aku ingin berubah, memperbaiki kekurangan & kelemahan yang masih bisa diperbaiki, menyempurnakan kelebihan aku , dan menata ulang kehidupan aku yg sebelumya musnah dirusak dan diatur sang teman-teman Sekolah Dasar aku . Saya akan menulis semua kelemahan dan kekurangan aku & menulis beberapa solusi buat memperbaikinya pada bentuk check list (tentunya sangat misteri). Jika terdapat kelemahan yg aku tidak sanggup saya temukan solusinya saya akan bertanya kepada para pembaca setia saya. Dukung saya ya untuk memperbaiki hayati saya dalam rangka memperingati hari ulang tahun saya yg ke 14 dan Katakan dengan semangat"selamat ulang tahun, Hedidanquot;...
Liburan Panjang Telah Usai, Kembali ke Sekolah
Liburan 'yang agak membosankan' ini sementara waktu lagi akan berakhir. Dan saya harus sekolah & belajar menggunakan sungguh-benar-benar lantaran akan menghadapi Ujian Nasional tahun depan. Apa saya telah mempersiapkan segala yg dibutuhkan buat sekolah? Yang pasti telah. Buku tulis, tas, kotak pensil, pulpen, pensil beserta penghapusnya, penggaris, dan tentu saja kitab -kitab penunjang belajar saya.
Apakah anda takut lantaran liburan yg sangat panjang (4 minggu) ini akan berakhir? Kalau aku nir takut bahkan saya sangat bahagia karena saya hampir mangkat kebosanan pada tempat tinggal . Sekarang, saya akan mulai belajar lebih ulet . Jadi, mungkin kegiatan sampingan seperti bermain, main personal komputer , termasuk mengupdate artikel di blog saya ini akan saya kurangi.
Saya ingin sekali bersekolah pada Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Denpasar atau SMA Negeri 1 Kuta Selatan. Karena NEM yg diharapkan tinggi dan nilai homogen-rata minimal kelulusan merupakan 7 (pertama pada Indonesia, lho!) yang membuat aku berusaha belajar dengan giat. Nah, aku telah memilih sekolah Sekolah Menengah Atas yang saya inginkan. Kalau anda? Apa persiapan anda buat back to school?
Kamis, 16 September 2021
TEORI-TEORI ATOM
Setelah mencari agak usang pada Google. Akhirnya ketemu juga teori-teori atom yg saya butuhkan. Ini dteori-teori atom dari masa ke masa:
John Dalton : = Dasar : Berdasarkan 2 aturan yaitu hukum kekelan massa & hukum perbandingan tetap. = Isi : Setiap unsur tersusun atas partikel-partikel mini yang nir dapt di bagi lagi yg dianggap atom. = Kelemahan : John Dalton tidak bisa menemukan bagian atom yg lebih dalam lagi.
J. J. Thomson : = Dasar : Ditentukannya partikel negative di dalam atom yang dianggap electron. = Isi : Atom terdiri menurut materi bermuatan positif & electron yg tersebar didalamnya. = Kelemahan : Thomson belum mampu menyebutkan neutron dalam atom.
Rutherford : = Dasar : BAdanya partikel alfa yg terpantul dalam penembakan lempeng emas tipis menggunakan sinar alfa yg mengejutkan. = Isi : Atom memiliki inti mini , sangat pejal & bermuatan positif, yang berada di sentra atom. Elektron beredar mengikuti inti pada lintasan yang relative sangat jauh, sehingga sebagian besar menurut atom terdiri menurut ruang hampa. = Kelemahan : Teorinya tidak menjelaskan mengapa electron nir tersedot dan jatuh ke intinya.
Niels Bohr : = Dasar : Niels Bohr menyebutkan kelemahan pada teori atom Rutherford. = Isi : Didalam atom terdapat lintasan-lintasan yg dianggap kulit atom. Electron hanya boleh pada lintasan-lintasan yg diperbolehkan & tidak boleh diantara dua lintasan. Elektron dapat berpindah dari satu kulit kekulitnya pada sertai pemancuran/penyerapan sejumlah tenaga tertentu. = Kelemahan : Teori orbit yg berbentuk lingkaran menggunakan jari-jari eksklusif nir bisa di terima.
SD Negeri 3 Sading
SD Negeri 3 Sading merupakan loka belajar saya lebih kurang menurut tahun 2003 sampai 2009 . Sekolah negeri ini terletak pada Lingkungan Umahanyar desa Sading kecamatan Mengwi kabupaten Badung provinsi Bali negara? Yang niscaya anda telah memahami. Di sekolah ini saya selalu menerima rangking 1 dan dua berturut-turut. Itu karena siswa pada kelas aku paling poly cuma 17 bahkan pernah 13 orang murid dalam pack saya masih kelas 2. Mengapa begitu? Memang, jumlah penduduk di Lingkungan Umahanyar sedikit apalagi jumlah anak kecilnya. Untuk ke Lingkungan lain wajib melewati tanjakan & turunan. Maka, di Sekolah Dasar Negeri tiga Sading sangat sedikit anak yang sekolah dari Lingkungan lain.
Saya selalu menerima peringkat 1 atau 2. Tidak pernah rangking tiga & diatasnya. Itu karena persaingan pada sekolah aku sangat sedikit. Bayangkan, yang mendapatkan rangking 1 atau 2 cuma itu-itu saja, yaitu aku , I Putu Hedi Sasrawan & pesaing primer aku , Ni Gusti Komang Ayu Mitariyani (mohon maaf bila terdapat kesalahan nama lengkap). Kalau yg juara tiga nir menentu siapa yg meraihnya (bergiliran yg mendapatkannya).
Teman-teman SD ku nir sebaik teman-teman SMP ku. Pada ketika saya SD, cita rasanya seperti 'dijajah'. Ada salah seseorang teman (sebenarnya bukan sahabat sih) yg menjadi 'penekek' (pemimpin) gang yg tidak bernama yg terkenal di Sading. Saya adalah termasuk orang yang tidak mengecewakan pintar. Jadi, sayalah yang sebagai penentu naik tidaknya (atau lulus tidaknya) sahabat saya. Saya dipaksa buat memberikan 'salinan' jawaban aku . Jika nir, saya dikeroyok habis-habisan sang anggota geng itu. Saya ingin melawan tapi apa boleh untuk, anggota gengnya banyak & tersebar di semua SD Sading.
Saat saya lulus Sekolah Dasar, itulah hal yang paling kutunggu-tunggu. Yang hanya aku takutkan adalah keliru satu anggota geng tersebut bersekolah di Sekolah Menengah pertama Negeri lima Denpasar. Saat penerimaan rapor saya saya terkejut bahwa saya menerima rangking 2. Saya menduga yg menerima rangking 1 akan lebih tinggi NEMnya dibandingkan dengan saya. Saat melihat NEM, yg mendapatkan rangking 1 lebih dahulu dianggap NEMnya. Saya terkejut bahwa NEMnya merupakan 22 koma sekian. Itu tidak memenuhi persyaratkan buat bersekolah di SMP Negeri lima Denpasar. Dia saja rendah, apalagi aku ? Saya deg-degan waktu melihat NEM saya. Saya sangat senang lantaran NEM aku 27,00, Matematika dan IPA 9 ,50, hanya Bahasa Indonesia saja yang mendapatkan 8,50. Semua nilai total dan mata pelajaran aku tertinggi dari sahabat-sahabat saya. Termasuk yang menerima rangking 1. Dengan NEM sebanyak itu, aku sanggup masuk di sekolah favorit aku , Sekolah Menengah pertama Negeri 5 Denpasar. Saya tambah senang lagi karena teman-sahabat aku tidak terdapat yang bersekolah di sekolah aku .
Di Sekolah Menengah pertama Negeri 5 Denpasar, aku menerima sahabat-teman yang 1000 kali lebih baik berdasarkan teman-teman (sebenarnya nir bisa dibilang sahabat) saya pada Sekolah Dasar aku . Itulah pengalaman aku selama bersekolah pada SD Negeri 3 Sading 'yang penuh penderitaan'. Bagaimana pengalaman anda?
cara mendaftarkan blog ke search engine
Follow @HediSasrawan Cara mendaftarkan blog ke search engine-Hedi Sasrawan. Banyak cara yang bisa kita lakukan supaya blog kita bisa dikenal & pada kunjungi, antara lain adalah dengan rajinnya kita blogwalking atau berkunjung ke blog milik orang lain, mendaftarkan ke aneka macam agregator, & yang paling efektif merupakan melalui search engine atau mesin pencari.
Bagi blogger pemula mungkin berangggapan bahwa jika kita menciptakan website atau blog akan secara otomatis terindeks atau berada pada list banyak sekali search engine, & kenyataannya tidaklah demikian. Seperti halnya sebuah sekolah, agar nama kita terdaftar dalam buku daftar anak didik, tentunya kita wajib melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke sekolah tersebut. Sama halnya dengan mesin pencari, supaya blog kita terindeks pada mesin pencari, maka kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita dalam situs pemilik mesin pencari.
Mesin pencari tentu jumlahnya sangat poly sekali, dan dalam ketika ini yg paling populer di global merupakan Google, Yahoo, dan Msn. Apabila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari mereka, maka kewajiban kita merupakan mendaftarkan URL blog kita dalam mesin pencari mereka. Jika terdapat yg belum tahu ke manakah harus mendaftarkan blognya, maka silahkan simak goresan pena berikut :
atau menggunakan www pun sama saja :
http://www.Hedisasrawan.Blogspot.Com/atom.Xml
Tugas sobat hanya mengisi alamat URL blog miliknya, serta menuliskan alamat email saja, kemudian klik tombol Submit Your Site.
Jika ingin lebih cepat terkenal coba lakukan ping ke bebagai agregator, silahkan klik banner di bawah :
Sobat tinggal mengisi form yg di sediakan.
Sudahkan blog sobat terindeks di google/Yahoo/Bing? Coba masukan alamat blog sobat pada mesin pencari Google/Yahoo/Bing.
Rabu, 15 September 2021
Arti Liburan yang Sebenarnya
Arti liburan yang sebenarnya adalah saat dimana kita telah menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan telah mempersiapkan hari esok dengan baik . Banyak yang menganggap bahwa liburan itu adalah saat dimana kita tidak bekerja seperti hari Minggu dan libur. Padahal tugas-tugas yang diberikan sebelum hari libur belum bahkan tidak dikerjakan dan belum mempersiapkan apapun untuk mempersiapkan hari esok. Akibatnya setelah hari libur selesai, semua menjadi berantakan atau tidak berjalan sempurna dan itu saya sebut kurang disiplin .
Menurut saya hari liburan (bukan hari libur) yang paling sempurna bagi kalangan pelajar adalah saat sesudah ujian, sesudah ulangan umum semester 1 & 2, awal libur sekolah, dan pertengahan (hingga 3 hari sebelum libur sekolah usai) libur sekolah. Itulah hari yang paling sempurna untuk berlibur. Apakah hari Minggu/libur bisa disebut liburan? Bisa, asalkan semua tugas-tugas anda telah selesai dan pada akhir hari libur (sore hari atau hari terakhir liburan) anda harus pergunakan untuk mempersiapkan hari esok. Maksudnya? Pada akhir liburan anda bisa beres-beres rumah, mempersiapkan semua alat tulis dan buku-buku sesuai jadwal pelajaran besok, dll sesuai apa yang harus anda lakukan besok.
kalau menurut saya jika pada hari-hari libur tugas saya belum selesai maka saya anggap rugi. Mana mungkin namanya liburan kalau anda masih memikirkan tugas-tugas yang semakin menumpuk di kantor/sekolah, betul kan? Liburan sebenarnya untuk melepas stress/kejenuhan dalam keseharian, eh malah menambah stress. Iya toh? Jadi saran saya sepulang dari sekolah kerjakan dulu PR atau tugas-tugas yang ada sampai selesai minimal 75%. Kalau di kantor, ikutilah tradisi orang Jepang ‘tidak pulang ke rumah sampai tugas benar-benar selesai’. Kalau saya sih, sepulang sekolah saya ganti pakaian, makan, lalu membongkar ‘komposisi’ tas hari ini dan memeriksa satu-persatu buku supaya saya ingat jika ada PR/tugas. Jika ada, saya selesaikan sampai mencapai target 75% selesai (kalau bisa 100% itu sangat bagus). Kalau belum mencapai target, saya bertanya via SMS, chatting (biasanya via Facebook), dan dari search engine/internet. Setelah benar-benar selesai baru saya liburan (walaupun bukan hari libur, kalau semua tugas selesai, saya anggap liburan). Tapi tetap ingat, pada malam harinya persiapkan semuanya untuk esok. Misalnya belajar pelajaran besok, mempersiapkan alat tulis, memasukan buku sesuai dengan jadwal besok, dll.
Itulah arti liburan yang sebenarnya menurut saya, jika ada komentar/tambahan/keluhan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya lewat kotak komentar dibawah ini. Sampai jumpa di artikel ‘berkualitas’ saya berikutnya dan Tetap Semangat!TM
Jadikan Belajar Seperti Makan, Anda Akan Lapar Jika Tidak Melakukannya
Salah satu cara yg paling efektif buat sukses merupakan belajar. Tapi terdapat pertanyaan mengapa nir setiap orang suka belajar? Padahal katanya belajar merupakan keliru satunya cara buat sukses? Orang yg nir mau belajar mungkin lantaran dia kurang termotivasi buat belajar. Jadi, dukungan berdasarkan orangtua dan guru sangat tepat supaya orang tadi rajin belajar. Lalu bagaimana caranya?
Salah satu cara supaya anda rajin belajar merupakan jadikan belajar misalnya ?Makan?. Apabila anda nir makan niscaya anda merasa lapar. Apabila dihubungkan dengan belajar adalah jika anda tidak belajar dalam saat-saat tertentu anda akan merasa lapar (perasaan yang ga? Enak, bosan, atau merasa bersalah). Dengan itu, anda akan belajar. Tapi bagaimana caranya? Caranya adalah biasakanlah! Biasakanlah belajar pada jam-jam tertentu namun permanen konsisten dan disiplin menggunakan jam belajar anda. Misalnya, mulai 26 Juli yang lalu aku telah tetapkan jam-jam belajar aku misalnya berikut:
- Sepulang sekolah (biasanya jam 1 siang) sampai selesai saya gunakan untuk mengulangi pelajaran yang diberikan tadi di sekolah, membongkar isi tas dan memeriksa setiap buku yang saya bawa untuk mengingat apakah ada PR atau tugas yang diberikan tadi, jika ada maka langsung saya kerjakan hingga selesai minimal 75% (jika belum selesai 75% saya terus kerjakan selesai pada hari itu juga) dan mengerjakan soal-soal ujian dari beberapa buku koleksi saya.
- Jam 6 petang tepat (tidak boleh lewat atau lebih awal 5 menit) sampai selesai saya gunakan untuk mengambil semua buku yang berhubungan dengan pelajaran untuk besok dan memeriksa apakah ada PR yang masih belum dikerjakan atau ulangan harian dsb. Jika ada saya kerjakan dan pelajari hingga selesai. Jika tidak ada saya membaca materi dan menjawab soal di buku (entah itu dari LKS, buku paket/BSE) yang berkaitan dengan materi dan jadwal pelajaran besok.
Pada awalnya, melakukan semua hal tersebut sangatlah susah. Untuk melakukan hal ini membutuhkan kedisiplinan & impian bertenaga untuk maju yg tinggi. Tapi seminggu kemudian aku mulai terbiasa bahkan ?Merasa lapar? Apabila aku tidak melakukannya. Bagaimanakah menggunakan anda? Apa taktik belajar anda? Apabila punya silahkan mengembangkan dengan aku buat menyempurnakan strategi saya menggunakan tulis strategi anda pada kotak komentar dibawah ini. Jika tidak, anda mampu menciptakan taktik sendiri kini dan bila nir mampu cobalah ikuti strategi saya & para pembaca yg rajin berkomentar. Tidak terdapat istilah terlambat! Lebih baik terlambat daripada nir! Lebih baik lagi bila anda memulainya menurut sekarang! Terima kasih.
Tugas Seni Budaya Rupa: Mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali
Follow @HediSasrawan Nama Anggota Kelompok:
1. Febriyanty Kusumaningrum (26)
2. Firman Nur Sidik (27)
3. I Gede Gian Riadi Putra (28)
4. I Putu Hedi Sasrawan (29)
lima. Ida Bagus Ngurah Indra Pramana (30)
I. PENDAHULUAN
I1. Arti Mengidentifikasi
Mengidentifikasi dari berdasarkan kata Identifikasi yang berarti Tanda kenal diri, bukti dari penentu atau penetapan bukti diri seorang sehingga Mengidentifikasi memiliki arti upaya memilih atau tetapkan bukti diri seorang.
I2. Tujuan dan manfaat karya tulis
Tujuan: Mampu mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali serta sanggup mengungkapkan keunikannya.
Manfaat: Dapat menghargai output budaya Bali buat dikembangkan sebagai aktivitas kreatif.
II. Pembahasan
II1. Apa itu seni?
Seni pada mulanya merupakan proses dari manusia, dan sang karena itu merupakan sinonim menurut ilmu. Seni sangat sulit dijelaskan dan jua sulit dinilai. Masih bisa dikatakan seni merupakan proses dan produk menurut menentukan medium,dan suatu set peraturan buat penggunaan medium itu, buat membicarakan baik kepercayaan , gagasan, sensasi, atau perasaan menggunakan cara seefektif mungkin.
Menurut kamus Bahasa Indonesia, seni merupakan karya (sajak, lukisan, musik dan lain-lain) yg diciptakan dengan talenta & merupakan output daripada sesuatu kreasi.. Seni mencakupi nilai moral yang membawa kesan keharmonian kepada warga pada konteks tata cara dalam kesenian sesuatu budaya itu sendiri.
Lowenfeld (1983) menyampaikan setiap rakyat yg paling primitif hingga warga yang paling modern mengekspresikan dirinya melalui seni. Lowenfeld pula menyatakan bahwa anak muda menggunakan seni buat mengekspresikan bagaimana ia belajar buat membuatkan konsep. Herberd Reed & Lowenfeld (1982) menyatakan bahwa seni dalam dasarnya sulit untuk dipahami dan dijeleskan dengan fakta. Seni adalah hal yg dinamis dan menyatu sebagai potensi yg sangat akbar buat pendidikan anak. Seni selalu menyuguhkan suatu konsep yg metafisik. Secara mendasar seni merupakan organik & kenyataan yang dapat diukur. Seni mempunyai 2 prinsip, yaitu : prinsip bentuk (fungsi persepsi) dan keaslian (fungsi khayalan).
Muharam (1991) menyatakan seni atau kesenian secara umum dikenal sebagai rasa keindahan umumnya dan rasa keharuan khususnya yang melengkapi kesejahteraan hayati. Pandangan ini melihat seni sebagai suatu estetika (rasa estetika) & keharuan. Disini seni berarti karya insan, ialah sesuatu yang tercipta oleh karya insan yg melibatkan semua pikiran, perasaan buat menggagas, memproses dan membentuk bentuk karya yang mempunyai nilai estetika & menyebabkan keharuan & memberi kepuasan dan kesejahteraan manusia. Dengan demikian seni secara konkret adalah estetika ciptaan insan.
Seni itu tak berbentuk yg mengandung unsur estetika atau keindahan yg menghasilkan cipta, rasa & karsa dan mengandung bentuk & isi.
Sebuah karya seni memiliki bentuk & isi. Bentuk merupakan bagian luar yang paling gampang dilihat indah atau tidak indah namun mengenai isi relatif sulit dirasakan sebab memerlukan penafsiran serta pemahaman.
Apakah semua karya seni memiliki bentuk yg latif? Jawabnya tidak. Karya seni terkini kadang nir menerangkan bentuk yg indah tetapi ingin mengungkapkan isi (pesan) yang indah seperti usaha hayati, humanisme yg menyentuh pencerahan kita.
II2. Fungsi karya seni rupa
Fungsi karya seni rupa dibedakan menjadi dua yakni:
1. Hiasan (seni rupa murni) merupakan karya seni rupa yg hanya menjadi pajangan yang bisa dinikmati keindahannya dan mengacu pada karya-karya yang hanya buat tujuan pemuasan eksresi eksklusif/buat memenuhi kebutuhan rohani.
Contoh seni murni :
- Lukisan
- Patung
- Graffiti
- Kaligrafi
2. Alat (seni rupa terapan) merupakan karya seni rupa yg digunakan sebagai indera pakai buat memenuhi kebutuhan mudah. Biasanya seni rupa terapan digunakan dalam kehidupan sehari-hari & selalu terkait menggunakan ketentuan menjadi berikut :
- Dapat diproduksi
- Bersifat praktis
- Bentuk Menyesuaikan fungsi
- Menyesuaikan kesukaan rakyat.
Contoh seni terapan / gunakan :
- Desain grafis
- Desain arsitektur
- Desain pakaian
- Desain produk
- Kriya kayu
- Kriya kulit
- Kriya bambu
- kriya rotan
- kriya logam
II3. Seni rupa murni
karya Seni rupa murni merupakan cabang Seni yang membangun karya seni dengan media yg sanggup ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan memasak konsep garis, bidang, bentuk, volume, rona, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Seni rupa murni sanggup juga adalah kata buat menyebut salah satu jenis seni rupa, yang dilandasi oleh tujuan buat memenuhi kebutuhan akan kepuasan batin artis penciptanya. Seni murni diciptakan dari kreativitas ekspresi yang sangat pribadi (lukis, patung, grafis, keramik ). Namun dalam hal eksklusif, karya seni rupa murni itu bisa jua diperjualbelikan atau
mempunyai fungsi sebagai benda pajangan pada sebuah ruang.
Seni Rupa dibedakan ke pada tiga kategori, yaitu Seni Rupa murni, kriya, & desain. Seni Rupa murni mengacu kepada karya-karya yg hanya untuk tujuan pemuasan eksresi langsung, ad interim kriya & desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.
Dalam pembelajaran seni rupa, peranan seni murni, kriya, maupun desain bersifat saling melengkapi & saling berkaitan. Pembelajaran seni rupa dapat dilakukan dengan pendekatan studio, misalnya studio seni lukis, seni patung, seni grafis, dan kriya. Pembelajaran seni rupa dapat pula dipisahkan sebagai aktivitas pembelajaran seni rupa murni, kriya, & desain.
Secara kasar terjemahan Seni Rupa di dalam Bahasa Inggris merupakan fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni terkini, kata fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian Seni Rupa murni buat lalu menggabungkannya menggunakan desain & kriya ke pada bahasan visual arts
Program Studi Seni Rupa murni merupakan acara studi dibidang Seni Rupa yang awalnya berangkat berdasarkan pemahaman tradisi ?Fine-Art?. Sebuah tradisi yang berkembang berdasarkan perihal Modernism yang mempunyai struktur & bentuknya sendiri, tidak bertujuan mudah (guna keseharian). Suatu bahasa Seni Rupa yg berfungsi sebagai sarana buat menaikkan kualitas kehidupan. Lingkup pendidikan Program Studi secara garis besa Seni Rupa Murni rnya memberikan kemampuan (metode) berlatih & belajar berpikir melalui (secara) Rupa menggunakan logika Rupa yg menghubungkan kepekaan dan struktur, proses kreatif & sistem perancangan dan kaidah estetik & teknologi, ditunjang menggunakan ihwal ilmu-ilmu sosial dan kebudayaan.
Ciri-karakteristik seni rupa murni adalah mempunyai motif dan teknik pembuatannya yg khas dan beragam.
Contoh gambar seni rupa murni:
Patung catur muka
Lukisan penari Bali
-
Untuk membicarakan ilham & gagasan yang telah tertuang dalam karya seni rupa, perlu diadakan aktivitas berupa pameran. Adanya pameran di...
-
Apakah Anda ditolak sang gebetan Anda? Jangan murung , carilah yg lain. Namun, Anda tetap menyayangi gebetan Anda? Kalau begitu, Anda mampu ...
-
Rasanya gurih dan enak, pas untuk camilan atau pelengkap makan nasi. Warga biasa menyajikannya bersama sambal yang agak pedas dan gurih. Tek...
Kuliner Khas Kutai Timur
Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...