Jumat, 25 Desember 2020

Jaringan Tumbuhan (Materi Ringkasan)

jaringan tumbuhanPada dasarnya jaringan pada flora terdapat 2 macam yaitu jaringan meristem & jaringan dewasa. Jaringan meristem adalah jaringan yg tersusun menurut sel-sel muda yang aktif membelah, umumnya masih ada dalam ujung batang dan ujung akar. Jaringan dewasa merupakan jaringan yang sel-selnya tidak membelah, sudah mengalami diferensiasi (berubah dari jaringan meristem menjadi jaringan lain), & membentuk jaringan yg kompleks.

Jaringan pada tanaman tersusun dari beberapa sel flora yg memiliki struktur yang berbeda dengan sel fauna. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, vakuola yang besar , dan mempunyai plastida?Yg terdiri dari kloroplas, kromoplas, & leukoplas?Yg nir dimiliki sang sel fauna. Sedangkan sel flora tidak memiliki sentriol misalnya yang dimiliki sel hewan. Terdapat beberapa jenis sel tumbuhan misalnya sel parenkim, sel kolenkim, & sel sklerenkim.

Jaringan meristem atau jaringan muda adalah jaringan yang terdiri menurut sekelompok sel flora yang aktif membelah. Hal ini disebabkan lantaran penyusun jaringan meristem bersifat embrional.

Berdasarkan berasal usulnya, jaringan meristem bisa dikelompokkan menjadi 3 macam:

Promeristem (telah ada sejak tumbuhan masih dalam tingkat embrio)

Jaringan meristem primer (terdapat pada tunas dan akar)

Jaringan meristem sekunder (mengakibatkan batang dan akar membesar ke arah samping)

Berdasarkan letaknya, jaringan meristem dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

Meristem apikal (di ujung batang dan ujung akar, menyebabkan pertumbuhan tunas batang dan akar)

Meristem interkalar (di antara ruas-ruas batang, menyebabkan ruas-ruas batang dapat bertambah panjang)

Meristem lateral (di kambium, menyebabkan batang bertambah lebar)

Jaringan dewasa atau jaringan tetap adalah jaringan yang telah berhenti membelah. Jaringan dewasa dibedakan dari kegunaannya misalnya berikut:

Jaringan epidermis. Terletak di bagian paling luar dan berfungi untuk menutupi permukaan tumbuhan. Jaringan epidermis tidak memiliki klorofil. Pada epidermis bisa terdapat stomata, trikomata, spina (duri), velamen, sel kipas, dan sel kersik.

Jaringan parenkim atau jaringan dasar. Ditemukan pada hampir semua bagian (organ) tumbuhan karena merupakan penyusun sebagian besar organ pada tumbuhan.

Jaringan penyokong. Fungsinya untuk memperkokoh tanaman.

Jaringan pengangkut. Berfungsi untuk mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Baik dari akar ke daun melalui xilem maupun dari daun ke seluruh bagian tanaman melalui floem.

Jaringan gabus. Berfungsi untuk melindungi jaringan lain agar tidak kehilangan air dengan sifat kedap air nya.

Beberapa jaringan manunggal dan membangun sistem jaringan. Berikut adalah macam-macam sistem jaringan dalam tanaman :

Sistem jaringan dermal. Membentuk pembungkus luar tumbuhan. Sistem ini melibatkan epidermis dan periderm.

Sistem jaringan pembuluh. Membentuk sistem pengangkutan air dan zat makanan ke seluruh bagian tumbuhan. Sistem ini melibatkan jaringan pengangkut yaitu xylem dan floem.

Sistem jaringan dasar. Membentuk jaringan dasar pada tumbuhan. Sistem ini melibatkan jaringan parenkim, kolenkim, dan sklerenkim.

Organ merupakan perpaduan jaringan yang secara bersama-sama melakukan tugas eksklusif. Ciri-karakteristik organ pada tumbuhan dikotil tidak selaras menggunakan yg dimiliki flora monokotil. Berikut merupakan organ-organ pada flora:

Akar. Berfungsi untuk melekatkan tumbuhan pada media (tanah), menyerap air dan zat hara, sebagai cadangan makanan, dan berperan untuk pernapasan.

Batang. Berfungsi untuk menyalurkan air dan garam mineral, sebagai cadangan makanan, dan sebagai tempat melekatnya daun, bunga, dan buah.

Daun. Berfungsi untuk fotosintesis.

Bunga. Sebagai alat reproduksi pada tumbuhan.

Kultur jaringan merupakan teknik membudidayakan suatu jaringan tanaman menjadi tumbuhan baru yg mempunyai sifat seperti induknya. Tujuannya merupakan buat menerima banyak tumbuhan yang sama pada saat singkat. Untuk melakukan kultur jaringan digunakan jaringan meristem karena jaringan ini memiliki sel yg selalu membelah & berkembang.

Anda sanggup request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Semoga berguna Materi Pelajaran

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...