Jumat, 27 November 2020

Sistem Ekskresi Hati (Artikel Lengkap)

sistem ekskresi hatiHati adalah bagian menurut sistem ekskresi dalam manusia. Itu dikarenakan salah satu manfaatnya adalah mengeluarkan urea dan amonia ke luar tubuh. Selain itu, hati pula adalah bagian berdasarkan sistem pencernaan dalam insan.

1. Fungsi Hati dalam Sistem Ekskresi

Fungsi hati pada sistem ekskresi merupakan mengeluarkan urea dan amonia ke luar tubuh. Urea & amonia adalah output dari perombakan darah. Berikut merupakan proses perombakan sel darah merah sebagai akibatnya menjadi zat warna empedu yang mengandung urea dan amonia:

Hemoglobin yang terkandung pada sel darah merah dirombak sebagai tiga zat yaitu hemin, Fe (zat besi), dan globin. Fe & globin dipakai buat pembentukan hemoglobin baru. Sedangkan hemin dirubah menjadi bilirubin dan biliverdin. Setelah itu, bilirubin dan biliverdin menciptakan zat warna empedu. Zat rona empedu lalu mengalami oksidasi sehingga sebagai urobilin yg berwarna kuning. Urobilin inilah yang akan keluar bersama feses dan urine. Itulah alasan mengapa urine atau feses berwarna kekuningan.

2. Penyakit dalam Hati yg Berkaitan Dengan Sistem Ekskresi

Banyak sekali penyakit hati yg mengakibatkan kerusakan pada sistem ekskresi lainnya. Diantaranya adalah hepatitis yang menyebabkan warna urine sebagai gelap.

Tiga. Struktur Hati

Hati merupakan kelenjar tubuh yang terbesar. Beratnya kurang lebih 2 kg atau tiga-lima% menurut total berat tubuh. Hati berada pada rongga perut sebelah kanan atas tepatnya pada bawah diafragma, warnanya agak coklat, dan diselaputi sang capsula hepatica. Hati menerima suplai darah menurut arteri hepatica. Hati terdiri dari dua lobus dimana setiap lobus terbentuk berdasarkan sel parenkimal yg diklaim hepatosit & sel non-parenkimal.

Sumber:

1. Sistem Ekskresi Pada Manusia (Artikel Lengkap)http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/07/sistem-ekskresi-pada-manusia-rangkuman.html
2. SISTEM EKSKRESI MANUSIA (HATI)http://ekaazsasa.wordpress.com/2013/04/10/sistem-ekskresi-manusia-hati/
3. Sistem Ekskresi - Hati/ Heparhttp://ebiolearning.blogspot.com/2011/02/sistem-ekskresi-hati-hepar.html
4. Sistem Ekskresi (3): Sistem ekskresi pada manusiahttp://biologimediacentre.com/sistem-ekskresi-3-sistem-ekskresi-pada-manusia/
5. Hatihttp://id.wikipedia.org/wiki/Hati

Judul

Alamat

Layanan curhat & request artikel: hedisasrawan@gmail.Com

Semoga bermanfaat Materi Pelajaran

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...