Senin, 23 November 2020

3 Susunan Saraf Pusat (Artikel Lengkap)

Susunan saraf sentra adalah penyusun utama sistem saraf sentra. Susunan saraf pusat tidak mempunyai jaringan ikat sehingga nisbi lunak misalnya supaya-supaya. Susunan saraf sentra terdiri berdasarkan meninges, substansi kelabu, dan substansi putih.

Serebrum terdiri berdasarkan dua belahan (hemisfer) yaitu substansi kelabu & substansi putih. Sistem saraf pusat memiliki tiga pelindung primer yaitu kulit ketua, tulang tengkorak, & meninges (lapisan pelindung otak). Tetapi diantara ketiga pelindung tersebut, hanya meninges yang adalah bagian menurut susunan saraf sentra.

1. Meninges

Meninges merupakan selaput jaringan ikat yg melindungi sistem saraf sentra. Meninges merupakan susunan saraf pusat yang terluar. Terdapat tiga selaput yang menyusun meninges yaitu duramater, arachnoid, dan piamater.

Duramater adalah lapisan meninges yang terluar. Strukturnya padat dan keras karena mengandung serat kolagen. Duramater merupakan selaput penyusun meninges yang paling tipis. Duramater terdiri menurut dua lapisan yaitu lapisan luar yang melapisi tengkorak dan lapisan pada yang manunggal menggunakan lapisan luar. Di antara tulang ketua menggunakan duramater masih ada rongga epidural. Lapisan luar dan pada melekat menggunakan tengkorak sebagai akibatnya tidak ada lapisan epidural antara tulang menggunakan membran misalnya pada spinal. Lapisan pada dura mater terdiri berdasarkan beberapa lapis fibrosit pipih dan sel-sel luar berdasarkan lapisan arachnoid.

Arachnoid adalah penghubung antara duramater & piamater. Disebut ?Arachnoid? Karena bentuknya seperti sarang laba-keuntungan. Di dalamnya terdapat cairan yg dianggap liquor cerebrospinalis; semacam cairan limfa yang mengisi sela sela membran araknoid. Fungsi arachnoid merupakan menjadi peredam getaran yang melindungi otak waktu kepala terbentur.

Piamater merupakan lapisan meninges yang terdalam & menyentuh otak. Bentuk piamater diubahsuaikan dengan lipatan-lipatan permukaan otak. Pia mater terdiri atas jaringan ikat longgar yg mengandung poly pembuluh darah. Piamater dilapisi oleh sel gepeng yg asal berdasarkan mesenkim. Fungsi piamater adalah menjadi penyuplai kuliner bagi jaringan saraf lantaran mengandung poly pembuluh darah. Pembuluh darah menembus susunan saraf sentra melalai torowongan yang dilapisi oleh ruang perivaskuler.

Dua. Substansi Kelabu

Substansi kelabu atau materi kelabu (substansi grissea) adalah formasi badan neuron. Pada otak, substansi kelabu terletak dalam bagian luar dan menciptakan korteks serebral & serebelar. Namun dalam sumsum tulang belakang, substansi kelabu terletak pada bagian tengah. Kumpulan badan sel neuron yg membangun pulau-pulau substansi kelabu yang dilingkupi sang substansi putih dianggap nuklei. Substansi kelabu terbentuk oleh badan sel. Substansi kelabu mengandung badan sel neuron, dendrit, dan bagian awal dari akson & sel glia yang nir bermielin, yang adalah daerah pada mana ada sayap sinapsis.

Beberapa grup mini substansi kelabu yg diklaim ganglia atau nuklei basalis, terbenam dalam massa substansi putih dalam setiap hemisfer otak. Dua menurut antaranya dalah nukleus kaudatus & nukleus lentiformis, & kedua-duanya bersama menciptakan korpus striatum. Struktur ini berhubungan erat dengan massa substansi kelabu yang lain, yaitu talamus yang terletak di tengah-tengah struktur itu.

3. Substansi Putih

Substansi putih atau materi putih (substansi alba) merupakan formasi serabut saraf. Serabut saraf dislimuti sang lemak yang berfungsi melindungi memberi makan dan memisahkan serabut-serabut saraf. Adanya proteksi tersebut mengakibatkan rona putih dalam substansi alba. Pada otak, substansi putih terletak dalam bagian tengah. Tetapi, dalam sumsum tulang belakang, substansi putih terletak pada bagian luar. Komponen primer menurut substansi putih adalah akson yg bermielin dan oligodendrosit yg memproduksi mielin. Substansi putih tidak mengandung badan sel neuron.

Sumber:

1. SUSUNAN SARAF PUSAThttp://nounna-daphne.blogspot.com/2013/05/susunan-saraf-pusat.html
2. 9. SUSUNAN SARAF PUSAThttp://histofkgsp.blogspot.com/2006/10/9-susunan-saraf-pusat.html
3. SUSUNAN SARAF PUSAThttp://jundapakiringan.blogspot.com/2011/03/susunan-saraf-pusat.html
4. Definisi:Meningeshttp://kamuskesehatan.com/arti/meninges/
5. Lapisan Pelindung Otak (MENINGES)http://gustinerz.com/?p=1869
6. SUSUNAN SARAF PUSAThttp://www.tugaskesehatan.com/2012/05/susunan-saraf-pusat.html
7. Meningeshttp://id.wikipedia.org/wiki/Meninges
8. Sistem saraf pusathttp://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_saraf_pusat
9. Anatomi Fisiologi Manusia_Organisasi system saraf pada manusiahttp://mahendrabio.blogspot.com/2011/10/anatomi-fisiologi-manusiaorganisasi.html

Judul

Alamat

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...