Manajemen adalah ilmu & seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan supervisi terhadap usaha-bisnis para anggota organisasi & penggunaan sumber daya organisasi buat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Fungsi manajemen mencakup elemen-elemen yang melekat pada aktivitas manajemen yg dijadikan sebagai suatu acuan oleh seorang manajer pada saat melaksanakan suatu aktivitas guna mencapai suatu tujuan tertentu. Manajer memastikan semuanya berjalan lancar sesuai tujuan. Berikut merupakan fungsi-fungsi manajemen. Langsung saja kita simak yang pertama:
Manajer merencanakan suatu aktivitas untuk mencapai tujuan. Perencanaan tersebut meliputi apa yang harus dilakukan & berapa anggarannya. Perencanaan juga termasuk rencana, upaya, & langkah-langkah yang harus dilakukan buat mencapai tujuan. Tujuan jua ditentukan waktu pertama kali melakukan perencanaan. Hasilnya berupa rencana, baik planning jangka panjang juga jangka pendek.
Manajer mengorganisasikan suatu perencanaan. Setelah perencanaan selesai dibuat, manajer akan memilih siapa-siapa saja yg melakukan kewajiban eksklusif dan ditempatkan pada posisi eksklusif. Hasil berdasarkan proses pengorganisasian merupakan kelompok atau organisasi menggunakan masing-masing tugasnya. Manajer jua wajib bisa mencegah terjadinya kekosongan dalam suatu posisi sehingga perencanaan nir dapat berjalan menggunakan baik. Selain itu, pengaturan asal daya selain insan jua diatur dalam fungsi ini.
Manajer mengarahkan seluruh bawahannya buat dapat menjalankan tugasnya masing-masing sesuai perencanaan. Manajer harus sanggup memotivasi & mengarahkan supaya output pekerjaan mereka berjalan menggunakan baik & sesuai menggunakan tujuan yang dibutuhkan.
Manajer mengendalikan atau menkoordinasi bawahannya supaya proses berjalan sinkron rencana. Manajer pula memandu bawahannya agar bekerja sinkron planning dan membuat mereka saling bekerjasama. Selain itu, manajer pula berperan mencegah perselisihan antar bawahan.
Manajer mengawasi semua proses organisasi & memastikan semuanya berjalan menggunakan baik. Manajer senantiasa menyelidiki & mengoreksi setiap output pekerjaan agar sinkron menggunakan rencana. Hal ini bertujuan buat menghindari kendala-kendala dalam mencapai tujuan. Manajer juga harus bisa mencari solusi cara lain jika galat satu perencanaan sebelumnya nir bisa berjalan dengan lancar.
(Tambahan)
Hasil akhir jua wajib dinilai buat menilai seberapa dekat output pekerjaan menggunakan tujuan, atau bahkan melampaui tujuan. Sehingga manajer bisa melakukan evaluasi supaya perencanaan selanjutnya bisa lebih baik lagi.
Biasanya, pihak luar waktu ingin menemui suatu organisasi atau perusahaan, mereka akan bertemu dengan pihak manajemen terlebih dahulu. Terutama rendezvous yg menyangkut perusahaan atau organisasi secara holistik. Hal ini lantaran manajer yg paling banyak mengetahui seluk beluk organisasi atau perusahaan.
Referensi:
- Ini 4 Fungsi Manajemen dan Pembahasannya (http://nichonotes.blogspot.sg/2015/02/fungsi-manajemen.html)
- 4 Fungsi Utama dalam Manajemen (http://kiteklik.blogspot.sg/2010/11/4-fungsi-utama-dalam-manajemen.html)
- Fungsi Manajemen (http://seputarpendidikan003.blogspot.co.id/2015/04/fungsi-manajemen.html)
- Fungsi Fungsi Manajemen (https://vickyindiarto.wordpress.com/2010/10/10/fungsi-fungsi-manajemen/)
Anda mampu request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.Com atau eksklusif saja lewat komentar dibawah :)