Minggu, 25 Oktober 2020

32 Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Seni merupakan ragam aktivitas manusia dalam hal penciptaan karya visual, auditori, atau pertunjukan yang mengekspresikan imajinasi atau kemampuan teknis pencipta dengan tujuan untuk diapreasi keindahannya atau kekuatan emosinya. Sesungguhnya, sulit mendefinisikan secara universal apa itu seni. Lantaran setiap orang punya pandangannya masing-masing. Ada yang mengungkapkan itu seni, dan terdapat jua yg nir. Maka menurut itu, kita wajib tahu pengertian seni menurut banyak sekali sudut pandang orang-orang yg sudah ahli pada bidangnya. Berikut adalah beberapa pengertian seni dari para ahli. Langsung saja kita simak yg pertama:

Pengertian seni menurut para ahli

Seni adalah kekuatan langsung seseorang yg kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan tugas pekerjaannya.

Berdasarkan etimologis, seni adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni adalah suatu media yg dapat melakukan suatu aktivitas eksklusif.

Seni merupakan kemampuan dan kemahiran seorang buat mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yg bersangkutan menggunakan tugas & kegunaannya menjadi artis.

Seni merupakan output peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

Seni adalah manifestasi berdasarkan kebudayaan sebagai hasil karya cipta insan yang mencakup seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.

Seni adalah output estetika yg dapat menggerakan perasaan latif orang yg melihatnya. Menurut beliau, perbuatan insan yg bisa menyebabkan perasaan indah dapat dikategorikan sebagai seni.

Seni adalah kreasi yang berbentuk estetika.

Seni merupakan intisari ekspresi berdasarkan aneka macam kreativitas insan.

Seni adalah hasil kerja yg dilahirkan jiwa dan rasa insan sesuai menggunakan fitrahnya.

Seni merupakan suatu output peniruan yang terdapat pada alam menggunakan segala seginya.

Seni adalah media penyampaian pesan berdasarkan seniman kepada orang lain dengan tujuan mensugesti pikirannya.

Seni adalah kualitas, hasil aktualisasi diri, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya dan penjabaran objek-subjek terhadap kriteria estetis.

Seni merupakan usaha seniman pada mengalihkan energi psikis & pencapaian kepuasan yg bisa diterima oleh global eksternal.

Seni adalah kegiatan rohani yg merefleksikan empiris dalam suatu karya yang bentuk dan isinya bisa membangkitkan pengalaman eksklusif dalam rohani penerimanya.

Seni adalah gerakan batin menggunakan pengalaman gaya yg dikomunikasikan dalam struktur yg mulia, memiliki kemampuan buat memanggil perasaan keajaiban & perasaan.

Seni adalah sesuatu yg mempunyai unsur wangsit, kegiatan, & artefak.

Seni merupakan sebuah sistem yg koheren, karya mampu menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menerangkan secara universal.

Seni merupakan segala manifestasi batin & pengalaman estetis menggunakan memakai media bidang, garis, rona, tekstur, volume, & gelap jelas.

Seni merupakan hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam pencerahan hayati bermasyarakat atau berkelompok.

Seni adalah sebuah proses dan produk pada memilih media, suatu pemikiran peraturan buat memakai media itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, juga kepercayaan menggunakan cara yg seefektif mungkin.

Seni merupakan setiap bisnis dalam menciptakan segala bentuk yang bisa menyenangkan perasaan.

Seni merupakan suatu kompleks berdasarkan ilham-wangsit, gagasan, nilai-nilai, norma-kebiasaan, dan peraturan dimana kompleks kegiatan dan tindakan berpola menurut insan dalam rakyat dan umumnya berwujud benda-benda hasil manusia.

Seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan pada bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Seni merupakan penggunaan imajinasi manusia secara kreatif pada pada sebuah gerombolan warga menggunakan kebudayaan tertentu.

Seni adalah suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam pandangan baru dan pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & khayalan pandangan akan suatu benda & suasana, atau karya yang bisa menumbuhkan rasa latif sehingga mampu membentuk peradaban yg lebih maju lagi.

Seni merupakan ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat mencicipi apa yg dirasakan seniman.

Seni adalah sesuatu yg didapatkan menurut unsur rasa yg herbi karya cipta seseorang.

Seni adalah suatu ekspresi yg ditunjukkan sang insan yg memiliki unsur keindahan lalu diungkapkan pada sebuah media yang konkret & bisa dinikmati sang seluruh panca alat manusia.

Seni adalah proses dari insan dan oleh karenanya merupakan sinonim dari ilmu.

Seni adalah keindahan & tujuan yg positif membuahkan penikmat merasa pada kebahagiaan.

Seni adalah alat buatan manusia yang mengakibatkan impak-impak psikologis atas insan lain yg melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

Seni merupakan sebuah virtual karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

Referensi:

  1. 10 pengertian seni menurut pendapat para ahli (https://ufikmuckraker.wordpress.com/2012/03/28/10-pengertian-seni-menurut-pendapat-para-ahli/)
  2. Definisi seni menurut para ahli (http://varadiva.blogspot.co.id/2013/05/definisi-seni-menurut-para-ahli.html)

Anda mampu request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.Com atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...