Minggu, 25 Oktober 2020

10 Jenis Termometer (Beserta Fungsi dan Gambar)

Termometer adalah perangkat yg bisa mengukur suhu atau perubahan suhu. Termometer digunakan secara luas pada bidang industri buat mengendalikan suatu proses, studi cuaca, pada bidang medis, & pada penelitian ilmiah. Karena penggunaannya yang beragam & luas, maka termometer terdiri menurut poly jenis bergantung pada penggunaan dan teknologinya. Berikut adalah jenis-jenis termometer beserta fungsi, kegunaan, cara pemakaian, & gambar. Langsung saja kita simak yg pertama:

Termometer bimetal

Termometer bimetal adalah termometer yg memanfaatkan disparitas pemuaian antar 2 jenis logam. Termometer ini terdiri dari dua buah keping logam yang memiliki koefisien muai berbeda, sehingga waktu terkena perubahan suhu maka bimetal akan melengkung ke arah tertentu. Jika suhu semakin tinggi, maka keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang memiliki koefisien muai lebih mini . Sedangkan bila suhu menurun, maka keping bimetal akan melengkung ke arah logam yang mempunyai koefisien muai lebih besar . Termometer bimetal dipakai buat mengukur suhu panggang kompor, termostat, pemanggang, & circuit breakers.

Termometer digital

Termometer digital merupakan termometer yg menggunakan sensor digital dan layar LCD buat memberitahuakn tingkat suhu. Sensor yg dipakai biasanya termokopel. Termometer digital digunakan secara luas lantaran akurasi dan sensitivitasnya. Termometer ini dipakai secara luas untuk mengukur suhu badan, menjadi indera bantu memasak, dan laboratorium.

Termometer alkohol

Termometer alkohol merupakan alternatif menurut termometer air raksa. Fungsi antara keduanya pun seperti. Namun tidak seperti termometer air raksa, termometer alkohol lebih aman & lebih lambat menguap. Alkohol yang dipakai biasanya berjenis etanol karena lebih murah & lebih aman apabila termometer pecah. Termometer etanol hanya bisa buat mengukur suhu sampai 78? C sebagai akibatnya sering dipakai buat mengukur suhu badan dan suhu ruangan.

Termometer probe

Termometer probe adalah termometer yg memiliki ujung sensor yang runcing & terhubung kabel yang relatif panjang. Termometer jenis ini digunakan secara luas pada bidang kesehatan, ritel, dan makanan sebagai penguji menggunakan cara menetrasi atau merendam termometer. Kabel yang panjangnya kurang lebih 1 meter memungkinkan buat fleksibilitas penggunaan.

Termometer air raksa merupakan termometer cairan (liquid) yg menggunakan air raksa (merkuri) sebagai cairannya. Bentuknya seperti dengan termometer alkohol. Termometer ini dipakai lantaran dapat mengukur suhu yg sangat tinggi, gampang dilihat, perubahan suhu lebih cepat, dan tidak membasahi dinding termometer. Namun termometer air raksa memiliki beberapa kekurangan yaitu sangat berbahaya bila pecah, nir bisa mengukur suhu rendah, & harganya nisbi lebih mahal dibandingkan menggunakan termometer alkohol. Termometer air raksa digunakan untuk mengukur suhu badan, pada laboratorium, dan industri.

Termometer dinding

Termometer dinding adalah termometer yg dipasang tergantung pada dinding buat mengukur suhu ruang. Bahan pengisinya berupa air raksa dan dinyatakan dalam satuan derajat celcius dan fahrenheit. Fungsinya yaitu buat mengukur suhu ruangan.

Termometer resistensiTermometer resistensi adalah termometer yang digunakan buat mengukur suhu antara ?250 & 700 derajat celcius. Cara kerjanya yakni menggunakan mencatat perubahan resistensi cairan yg mengalir melalui kawat platina yang dililitkan dengan bahan keramik atau kaca. Selain platina, termometer ini pula bisa menggunakan tembaga & nikel, namun platina digunakan lantaran akurasinya dan rentang suhu yg dideteksi lebih luas. Termometer ini digunakan secara luas pada bidang otomatisasi & proses kontrol.

Termometer maksimum-minimum

Termometer maksimum minimum adalah termometer yg digunakan buat mengetahui suhu maksimum dan suhu minimum di suatu tempat pada jangka ketika eksklusif. Termometer ini juga dianggap termometer Six-Bellani dari penemunya yakni James Six Bellani. Prinsip kerjanya yaitu apabila suhu naik, air raksa pada bola mengembang dan mendesak bagian yg sempit masuk kedalam tabung yg berskala. Ujung air raksa sebelah kanan merupakan suhu udara tertinggi. Jika suhu udara turun kolom air raksa permanen ditempat lantaran tertahan oleh bagian yg sempit. Untuk mengembalikan posisinya, termometer ini wajib diayun dengan keras.

Termometer resistor

Termometer penahan merupakan termometer yang memanfaatkan perubahan kendala jenis suatu penghantar dampak adanya perubahan suhu. Termometer ini berupa komponen elektronika. Akurasi termometer ini sangat tinggi tetapi harganya tergolong mahal. Termometer ini keliru satunya digunakan dalam pipa bahan bakar gas.

Termometer inframerah

Termometer inframerah merupakan termometer yg mengukur suhu menggunakan mendeteksi radiasi termal memakai laser. Termometer ini memiliki keunggulan yakni alatnya nir perlu menyentuh objek. Termometer inframerah bisa dipakai buat mengukur suhu tubuh di bagian tertentu & dalam industri

Referensi:

Termistor & Termometer bimetal mekanik (http://rikapebriani12.Blogspot.Co.Id/2015/03/termistor-&-termometer-bimetal-mekanik.Html)

Bimetallic Thermometers(http://automationwiki.Com/index.Php/Bimetallic_Thermometers)

CARA PEMAKAIAN ALAT TERMOMETER AIR RAKSA & TERMOMETER DIGITAL (http://umilatiffah.blogspot.co.id/2015/03/cara-pemakaian-alat-termometer-air.html)

Kelebihan dan Kekurangan Termometer Air Raksa dan Alkohol (http://aldiyanw.blogspot.co.id/2013/03/kelebihan-dan-kekurangan-termometer-air.html)

SUHU~JENIS TERMOMETER (http://johannavalentinava.blogspot.co.id/)

Termometer Maksimum Minimum (http://bankku47.blogspot.co.id/2014/12/termometer-maksimum-minimum.html)

Termometer Resistor (https://iiflatifahblog.wordpress.com/2016/12/26/termometer-resistor/)

Anda bisa request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat komentar dibawah :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...