Senin, 26 Oktober 2020

10 Bagian-Bagian Sitoplasma dan Fungsinya

Sitoplasma adalah bagian pada sel makhluk hidup yang terletak di antara membran sel & inti sel. Sitoplasma berperan penting dalam biosintesis & biogenetika pada sel. Sitoplasma terdiri menurut dua bagian yaitu ektoplasma (bagian luar) dan endoplasma (bagian dalam). Berikut adalah bagian-bagian sitoplasma dan kegunaannya. 10 bagian termasuk organel yg dipecah sebagai delapan bagian. Langsung saja kita simak yg pertama:

Bagian-bagian sitoplasma sel hewan

Sitosol adalah bagian yang mengisi ruang antar organel dengan volume lebih kurang 50% dari volume sel. Sebagian akbar sitosol terdiri berdasarkan air, ion, molekul, enzim, dan protein. Fungsi sitosol merupakan buat menjaga bentuk sel, melindungi organel berdasarkan benturan, & menyimpan bahan kimia buat aktivitas metabolisme.

Organel merupakan satu dari beberapa struktur menggunakan fungsi spesifik yg terapung-apung dalam sitoplasma. Organel adalah ?Organ?-nya sel. Berikut adalah macam-macam organel:

Mitokondria merupakan organel membran terikat ganda yang ditemukan di seluruh organisme eukariotik, tetapi beberapa selnya terdapat yg nir mempunyai mitokondria (contohnya sel darah merah). Fungsi mitokondria adalah menjadi sentra respirasi sel, metabolisme asam lemak, pembuat energi, homeostasis kalsium, dll.

Plastida merupakan organel sel yang membentuk rona dalam sel flora. Plastida terdiri berdasarkan leukoplas, kloroplas, & kromoplas. Fungsi plastida adalah untuk melakukan fotosintesis, menyimpan pati, & mensintesis asam lemak.

Vakuola adalah organel yang berisi cairan & dibatasi selaput tipis yang diklaim tonoplas. Cairan pada vakuola mengandung enzim, lipid, alkaloid, garam mineral, asam, & basa. Fungsi vakuola adalah buat menyimpan zat makanan berupa sukrosa & garam mineral, dan tempat menimbun sisa metabolisme.

Ribosom merupakan salah satu organel tidak bermembran yang masih ada pada semua jenis sel baik prokariotik maupun eukariotik. Fungsi ribosom merupakan buat melakukan sintesis protein, transkripsi, elogasi, translasi, inisiasi, elongasi, dan terminasi.

Retikulum endoplasma (RE) adalah organel dalam sel eukariotik yang menciptakan jaringan kantung membran tertutup yg berbentuk misalnya tabung. Terdapat 2 jenis RE yaitu RE kasar & RE halus. Pada RE kasar masih ada bintik-bintik ribosom. Fungsi retikulum endoplasma adalah menjadi tempat penyimpanan kalsium, modifikasi protein, sintesis lemak & kolesterol, menetralkan racun, dan transportasi molekul.

Badan golgi adalah organel yg berkaitan dengan fungsi ekskresi sel. Strukturnya berupa berkas kantung berbentuk cakram yg bercabang menjadi serangkaian pembuluh yang berukuran sangat kecil di ujungnya. Fungsi badan golgi adalah menciptakan dinding sel flora dan sebagai tempat ekskresi sel.

Lisosom merupakan organel membran terikat yang ditemukan pada hampir semua sel hewan. Lisosom berupa vesikel bundar yg mengandung enzim hidrolitik yg dapat memecah hampir semua jenis biomolekul.

Sentriol merupakan struktur sel berbentuk silinder yg terdiri berdasarkan protein yang dianggap tubulin yg ditemukan di kebanyakan sel eukariotik. Fungsi sentriol adalah buat membangun kutub-kutub buat pembelahan sel, proses mitosis, & penyelesaian sitokinesis.

Inklusi adalah partikel mini menurut zat-zat larut yg ditahan pada dalam sitosol. Zat tersebut terdiri berdasarkan substansi bersifat cair maupun padat yg merupakan hasil metabolisme sel. Contoh inklusi adalah amilum, karbohidrat, protein, lemak, tanin, dll. Kandungan zat inklusi berbeda-beda di tiap selnya.

Referensi:

  1. MAKALAH STRUKTUR DAN FUNGSI SITOSOL DAN SITOSKELETON (http://haninasalmah.blogspot.co.id/2016/03/v-behaviorurldefaultvmlo_30.html)
  2. Sitosol (https://sucirahmadanisafitri.wordpress.com/2012/03/26/sitosol/)
  3. Pengertian Mitokondria, Struktur, dan Fungsi Mitokondria (http://woocara.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-mitokondria-struktur-fungsi-mitokondria.html)
  4. STRUKTUR DAN FUNGSI PLASTIDA (http://unisetdc.blogspot.co.id/2012/08/struktur-dan-fungsi-plastida.html)
  5. Fungsi Plastida (http://nurhafifah1506.blogspot.co.id/2015/11/fungsi-plastida.html)
  6. Apa Sajakah Sebenarnya Fungsi Vakuola? (http://kampus-biologi.blogspot.co.id/2014/09/apa-sajakah-sebenarnya-fungsi-vakuola.html)
  7. Organel (http://biologyismine.blogspot.co.id/2010/09/organel.html)
  8. Materi Tentang Ribosom (http://ade12forest.blogspot.co.id/2013/07/materi-tentang-ribosom.html)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...