Rabu, 30 September 2020

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan (Artikel Lengkap)

Seni adalah hasil khayalan atau pengungkapan ekspresi insan. Karya seni biasanya mengandung nilai keindahan. Seni rupa merupakan salah satu macam-macam seni. Seni rupa merupakan galat satu cabang seni yang membangun karya seni yang dapat dicermati oleh mata & dirasakan oleh rabaan. Salah satu cabang seni rupa merupakan seni rupa murni dan seni rupa terapan. Berikut merupakan pengertian seni rupa murni dan terapan. Langsung saja kita simak yg pertama:

Pengertian Seni Rupa Murni dan Terapan

Seni rupa murni merupakan seni yg diciptakan tanpa mempertimbangkan fungsinya tetapi buat dinikmati keindahannya. Seni rupa murni lebih bebas dan umumnya mempunyai nilai keindahan yang tinggi. Fungsinya hanya sebagai pajangan dan tidak bisa dipakai buat mempermudah hidup kita. Contoh seni rupa murni merupakan lukisan, kaligrafi, & patung. Karya seni rupa murni tak jarang ditemukan pada museum seni atau pada dalam bangunan sebagai pajangan atau penghias ruangan.

Seni rupa terapan adalah seni yg diciptakan buat digunakan sehari-hari namun permanen memiliki nilai estetika. Nilai estetika tidak terlalu diperhatikan karena seniman lebih mementingkan nilai guna sehingga seniman tersebut tidak bisa bebas mengekspresikan dirinya pada seni rupa terapan. Seni rupa ini terdapat hampir di semua benda yg kita gunakan sehari-hari seperti arsitektur, sandang, peralatan dapur, peralatan keagamaan, dll. Saat menciptakan sebuah karya seni rupa terapan, seniman wajib memperhatikan beberapa faktor antara lain keindahan, keamanan, ketenangan, dan nilai guna.

Anda sanggup request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...