Rabu, 30 September 2020

11 Fungsi Kulit Manusia

Kulit adalah penutup luar tubuh manusia. Kulit terdiri berdasarkan beberapa bagian yaitu epidermis, dermis, dan subkutaneus. Luas total kulit dalam insan dewasa lebih kurang 1,5 m2 menggunakan berat total lebih kurang 15% dari total berat badan. Fungsi primer kulit adalah buat melindungi tubuh bagian pada. Selain buat melindungi tubuh, kulit juga mempunyai poly fungsi lain. Berikut adalah beberapa fungsi kulit manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Kulit merupakan garis depan pertahanan tubuh manusia berdasarkan patogen, zat kimia, sinar surya, & gangguan fisik. Kulit adalah pembatas antara bagian dalam tubuh dengan lingkungan luar. Lingkungan luar sesungguhnya sangat berbahaya karena patogen (bakteri penyebab penyakit) bisa menyebar lewat udara atau permukaan benda. Selain itu, kulit juga dapat melindungi tubuh menurut goresan benda tajam. Pada kulit terdapat sel Langerhans merupakan bagian berdasarkan sistem pertahanan tubuh khusus. PH kulit yang berada di antara lima hingga 6,lima juga bisa mencegah tumbuhnya jamur dan infeksi.

Kulit memiliki poly reseptor pada lapisan dermis dan subkutaneus yg berfungsi untuk mengetahui rangsangan dari lingkungan luar. Rangsangan tersebut bisa berupa panas, dingin, sentuhan, tekanan, getaran, dan nyeri. Rangsangan tadi dikirim & diolah sang sistem saraf dalam insan dan menghasilkan sebuah respon.

Kulit mengandung darah lebih poly menurut yg dibutuhkan yg dapat mengatur tenaga yg hilang lantaran radiasi, konveksi, & konduksi. Suhu tubuh normal adalah 36,6 sampai 37,2 derajat celcius. Jika suhu lingkungan panas, pembuluh darah akan melebar (vasodilatasi) untuk mempertinggi perfusi & pendinginan tubuh. Sedangkan apabila suhu lingkungan dingin, pembuluh darah akan menyempit (vasokonstriksi) buat menurunkan genre darah pada kulit & menjaga panas tubuh.

Kulit memiliki pembatas yg relatif kemarau & semi impermeabel buat mengatur kehilangan cairan. Kehilangan fungsi ini dapat menyebabkan tubuh poly kehilangan cairan (kehilangan cairan tubuh) akibat pembakaran yg terjadi di dalam tubuh.

Orang lain dapat melihat kulit kita & bisa menilai suasana hati (mood), dan kondisi fisik hanya berdasarkan lekuk kulit kita. Emosi manusia juga bisa terlihat kentara lantaran dalam kulit masih ada pembuluh darah dan otot.

Lekuk kulit & kerutan kulit jua bisa memilih persepsi orang lain apakah kita manis/tampan atau nir.

Kulit dapat bertindak sebagai loka penyimpanan lipid (lemak) & air dalam lapisan subkutaneus. Lemak pada kulit dapat dijadikan cadangan tenaga.

Kulit dapat mensintesis vitamin D dengan donasi gambaran sinar UV dalam kulit. Vitamin D sangat bermanfaat buat pertumbuhan tulang karena dapat membantu penyerapan kalsium ke pembuluh darah. Sintesis vitamin D dilakukan menggunakan mengaktivasi prekusor 7-dihidroksi kolesterol dengan donasi sinar ultraviolet. Enzim pada hati & ginjal memodifikasi prekusor & menghasilkan calcitriol (vitamin D aktif).

Kulit adalah galat satu berdasarkan empat sistem ekskresi pada insan. Kulit mengekskresi keringat pada kelenjar keringat yg mengandung urea walaupun kadarnya hanya 1/130 kadar urea pada urine. Selain urea, keringat juga mengandung asam urat, amonia, dan NaCl (garam). Kulit mengeluarkan sekitar 1 liter keringat setiap hari melalui pori-pori kulit. Keringat yang keluar pada kulit jua berfungsi sebagai pengatur suhu.

Sel kulit yg berada pada bagian paling luar sampai kedalaman 0,25?0,4 mm bisa menerima suplai oksigen dari lingkungan luar tubuh. Meskipun tidak sebesar yang diterima menurut darah. Obat-obatan misalnya kortison juga bisa masuk melalui kulit menggunakan salep atau perekat. Beberapa jenis zat jua dapat masuk ke dalam kulit seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, aseton, merkuri, oksigen, & karbon dioksida. Kulit juga menjadi jalur masuk bagi beberapa organisme. Kemampuan absorpsi kulit dipengaruhi oleh ketebalan kulit, hidrasi, kelembaban, dan metabolisme. Absorpsi lebih banyak berlangsung melalui celah antarsel daripada melalui muara saluran kelenjar.

Kulit dapat sebagai pelawan air sehingga nutrisi penting nir mampu tercuci keluar berdasarkan tubuh. Kulit pula memiliki lapisan sebum buat mengurangi penguapan air secara berlebihan.

Kulit jua dapat mendukung banyak sekali gerakan yang dilakukan manusia dan pertumbuhan dalam insan. Itu dikarenakan sifat kulit sangat elastis & sel kulit dapat berkembang seiring pertumbuhan tubuh.

Sumber:

  1. Human skin (http://en.wikipedia.org/wiki/Human_skin)
  2. Fungsi Kulit Manusia (http://www.dermatixultra.org/fungsi-kulit-manusia/)
  3. Pengertian, Fungsi, dan Lapisan - Lapisan Kulit (http://softilmu.blogspot.com/2015/02/Pengertian-Fungsi-Lapisan-Struktur-Kulit-Adalah.html)
  4. Fungsi Kulit Manusia Secara umum (http://budisma.net/2015/01/fungsi-kulit-manusia-secara-umum.html)
  5. Struktur Dan Fungsi Kulit Manusia (http://ardra.biz/kesehatan/kesehatan-kulit-dan-wajah/fungsi-kulit/)
  6. Fungsi Kulit Utama Manusia (http://www.sridianti.com/fungsi-kulit-utama-manusia.html)

Anda bisa request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...