Rabu, 23 September 2020

Makalah: Sejarah, Fungsi, dan Harmoni Musik Arumba

Arumba adalah seni musik khas Jawa Barat yang terdiri dari banyak sekali alat musik yg terbuat berdasarkan bambu. Arumba adalah singkatan berdasarkan Alunan Rumpun Bambu. Alat-alat musiknya mencakup angklung, gambang, gendang, dll. Dalam makalah ini, kita akan membahas tentang sejarah, fungsi, & harmoni musik arumba.Makalah Sejarah, Fungsi, dan Harmoni Musik Arumba

Arumba telah terdapat sejak 1960-an di wilayah Jawa Barat. Awalnya asal berdasarkan Grup Musik Aruba yang dipimpin oleh Yoes Roesadi dalam tahun 1964. Aruba merupakan singkatan berdasarkan alunan rumpun bambu. Pada tahun 1968, Muhamad Burhan menurut Cirebon menciptakan grup musik yg sepenuhnya terbuat berdasarkan bambu. Grup musik itu dinamakan Arumba yang adalah singkatan yg sama, alunan rumpun bambu. Grup Musik Aruba merubah namanya sebagai Arumba dalam tahun 1969 dan menimbulkan perselisihan menggunakan Arumba pimpinan Muhamad Burhan. Namun seiring berjalannya ketika, istilah arumba selalu merujuk pada ensemble musik bambu yang berasal dari Jawa Barat.

Fungsi musik arumba adalah menjadi hiburan, kesenian, pertunjukan, atau pada saat program-acara resmi pada Jawa Barat. Musik arumba jua telah sebagai musik spesial Jawa Barat. Arumba dapat dijadikan musik fragmental dan bisa jua digunakan buat mengiringi nyanyian. Banyak lagu yg menggunakan musik arumba nir hanya lagu-lagu wilayah Jawa Barat, bahkan lagu pop & dangdut bisa juga disajikan dengan musik arumba.

Arumba adalah seni musik bambu. Arumba disusun sedemikian rupa indera musik serta susunan nadanya supaya menghasilkan harmoni. Seperangkat peralatan musik arumba kreasi Muhamad Burhan terdiri dari:

Satu set angklung melodi tiga tabung (dua indung 1 anak) dengan susunan nada mulai dari e sampai menggunakan c??? Sebanyak 33 butir angklung.

4 butir calung diatonis-kromatis. Calung adalah semacam gambang bambu dengan nada do-re-mi?. Alat ini seringkali diklaim calung arumba atau disingkat carumba. Dua diantaranya berfungsi sebagai pengiring. Sedangkan dua yg lainya berfungsi menjadi pengisi variasi dan improvisasi. Calung arumba bisa juga dipakai sebagai melodi yang bergantian menggunakan angklung. Berikut adalah penjelasan keempat carumba tadi:

Carumba pengiring terdiri berdasarkan dua set. Yang pertama (carumba pengiring 1) susunan nadanya mulai dari Fis oktaf hingga a? Sebanyak 28 tabung. Yang kedua (carumba pengiring 2) susunan nadanya mulai menurut E oktaf hingga dengan bes? Sebanyak 31 tabung.

Carumba melodi terdiri menurut dua set. Yang pertama (carumba melodi 1) susunan nadanya mulai berdasarkan e oktaf kecil sampai dengan a?? Sebanyak 30 tabung. Yang kedua (carumba melodi 2) susunan nadanya mulai dari B oktaf akbar sampai menggunakan fis?? Sebesar 32 tabung.

Bas bambu besar atau bas lodong. Alat musik ini berupa bambu akbar yg serupa dengan tempat air nira. Susunan nadanya mulai dari nada Fis oktaf besar hingga menggunakan G oktaf kecil sebesar 14 butir tabung.

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...