Rabu, 23 September 2020

16 Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial

Penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan yang ada di dalam masyarakat. Setiap individu memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga menghasilkan perilaku yang berbeda pula. Penyimpangan sosial menunjukkan bahwa proses sosialisasi telah gagal dilakukan. Ada beberapa faktor penyebab perilaku menyimpang. Berikut adalah faktor-faktor penyebab penyimpangan sosial. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Kesenjangan Sosial

Perbedaan status yang mengarah pada kesenjangan sosial, terutama antara orang kaya dengan orang miskin yg sangat mencolok, bisa menyebabkan rasa iri dan dengki sebagai akibatnya terjadi tindak pencurian, penghilangan nyawa, dan saling ejek.

2. Nilai & Norma yg Terlalu Longgar

Seharusnya para konduite menyimpang haruslah dibina. Namun ada beberapa rakyat yg membiarkan begitu saja konduite menyimpang itu terjadi. Mungkin lantaran warga terlalu sibuk menggunakan rutinitas atau sudah lelah membina pelaku perilaku menyimpang tadi. Sehingga dia semakin menyimpang dari rakyat.

Tiga. Lingkungan Pergaulan

Pergaulan secara nir pribadi sangat menghipnotis konduite seorang. Apabila tanpa pengetahuan & pencerahan yang relatif, seorang gampang terpengaruh oleh kelompok pergaulannya yg kerap kali menyimpang. Akibatnya dia jua ikut berbuat konduite yang menyimpang.

4. Ketidakpuasan

Ada beberapa individu atau gerombolan yg merasa nir puas dengan kondisi masyarakat waktu ini. Sehingga mereka perlu melakukan perubahan walaupun yg mereka lakukan itu menyimpang berdasarkan norma warga tersebut. Misalnya terdapat satu kelompok rakyat ya ng anti terhadap pendidikan & menduga seluruh orang yang mengikuti pendidikan merupakan orang yg menyimpang.

Lima. Ketidaksanggupan Menyerap Norma-Norma

Baca juga: Ilmu yg Mempelajari Perilaku Menyimpang

Orang yang tidak sanggup menyerap norma-norma yg terdapat di pada rakyat akan nir sanggup membedakan mana yang baik dan mana yang buruk berdasarkan masyarakat. Hal tadi terjadi akibat proses pengenalan yang nir sempurna atau terjadi keretakan dalam famili.

6. Penyalahgunaan Narkotika

Orang yg tidak pernah melakukan defleksi sosial, bila diberi narkotika (narkoba & obat-obat terlarang), maka ia akan mengalami penyimpangan sosial. Itu dikarenakan sifat aditif narkotika yang membuat para pecandunya rela melakukan apa saja buat mendapatkan narkotika.

7. Sikap Mental

Sikap mental yang tidak pernah malu membuat kesalahan juga menjadi pemicu seseorang berbuat hal yang menyimpang. Jika sikap mental ini diarahkan ke hal yang positif, maka dia bisa saja menjadi pemimpin yang hebat.

8. Keluarga

Keluarga yg nir bisa membahagiakan anaknya juga dapat membuat anak tersebut mengalami penyimpangan sosial. Itu dikarenakan dia berusaha mencari sumber kebahagiaan dan afeksi yang lain. Anak juga akan mencari perhatian dengan cara berbuat hal yang jelek.

9. Intelegensi

Intelegensi atau tingkat kecerdasan pula menghipnotis perilaku seseorang. Biasanya orang yg memiliki keterbelakangan mental cenderung berbuat hal-hal yg menyimpang. Sebaiknya apabila orang tersebut cerdas, maka ia akan lebih gampang memahami norma-norma yg berlaku di masyarakat.

10. Media Massa

Media massa juga dapat mensugesti konduite seseorang. Ada beberapa media massa yang cenderung provokatif & menebar kebencian. Akibatnya beliau terjerumus & berusaha buat membasmi orang/kaum yg ia benci. Perbuatan tersebut sering menyimpang menurut kebiasaan.

11. Proses Belajar yg Menyimpang

Baca pula: Penyimpangan Sosial dan Pengendalian Sosial (Materi Ringkasan Sosiologi)

Seseorang yang terlalu acapkali belajar menggunakan tokoh idolanya yang kerap melakukan hal yang menyimpang, maka ia akan terjerumus dan terinspirasi buat melakukan hal yg sama. Buku yg isinya menyimpang juga bisa menjerumus seseorang.

12. Sosialisasi Subkebudayaan yg Menyimpang

Baca pula: 6 Macam Media Sosialisasi

Hal ini terjadi ketika budaya luar masuk ke dalam warga lokal dan beberapa kebudayaan luar tadi menyimpang menggunakan norma yg ada pada rakyat lokal. Salah satu contohnya merupakan budaya secks bebas & istilah-kata kasar.

13. Keinginan Untuk Dipuji

Banyak sekali orang yg memiliki sikap gila pujian. Terutama mereka yang kurang menerima perhatian & kebanggaan berdasarkan famili. Dia rela berbuat apa saja supaya dipuji sang kelompoknya meskipun menyimpang. Misalnya, ada sebuah gerombolan yg senang merokok & satu orang yang nir merokok, orang tadi kurang mendapat perhatian menurut keluarganya, sebagai akibatnya dia merokok buat mendapatkan kebanggaan dari kelompoknya tersebut.

14. Ketegangan Antara Kebudayaan dan Struktur Sosial

Terjadinya ketegangan antara kebudayaan dan struktur sosial dapat meyebabkan terjadinya perilaku menyimpang. Ketegangan terjadi jika seseorang berupaya mencapai suatu tujuan namun tidak memperoleh peluang sehingga ia akan mengupayakan peluang itu sendiri dengan cara yang menyimpang. Contohnya adalah jika setiap penguasa sama saja menindas rakyat maka rakyat akan berani memberontak terhadap penguasa. Ada yang memberontak dengan cara perlawanan dan ada pula yang terselubung seperti menunggak atau mempermainkan pajak.

15. Ikatan Sosial yg Berlainan

Setiap orang umumnya berhubungan dengan beberapa kelompok yang berbeda. Hubungan tersebut akan menciptakan seorang usang-kelamaan akan mengidentifikasikan diri menggunakan grup yang paling dihargainya. Jika perilaku grup tadi menyimpang, maka kemungkinan besar beliau jua terjerumus ke dalam defleksi sosial tadi.

16. Labelling

Pemberian labelling atau julukan negatif dalam seseorang yg walaupun hanya sekali melakukan tindakan menyimpang jua bisa menaruh efek jelek. Ia merasa terganggu dengan label barunya tersebut & cenderung akan mengulanginya lagi lantaran sudah terlanjur. Misalnya bila seseorang ketahuan mencuri, maka beliau akan dicap pencuri oleh warga , padahal ia hanya sekali melakukan pencurian.

Sumber:

  1. Perilaku menyimpang (http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_menyimpang)

  2. FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PENYIMPANGAN SOSIAL (http://diasdiari.blogspot.com/2014/02/faktor-faktor-penyebab-penyimpangan.html)

  3. 15 Sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang (http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/09/15-sebab-terjadinya-perilaku-menyimpang.html)

  4. Faktor-Faktor Penyimpangan Sosial (https://missevi.wordpress.com/2009/03/19/faktor-faktor-penyimpangan-sosial/)

  5. Faktor Penyebab dan Dampak Penyimpangan Sosial (http://izzah-ruhama.blogspot.com/2012/11/faktor-penyebab-dan-dampak-penyimpangan.html)

  6. Faktor yang Menyebabkan terjadinya penyimpangan sosial (http://www.febrian.web.id/2014/02/faktor-yang-menyebabkan-terjadinya.html)

  7. Faktor Penyebab Terjadinya Penyimpangan Sosial (http://www.pojokpedia.com/faktor-penyebab-terjadinya-penyimpangan-sosial.html)

  8. Perilaku menyimpang (http://layanabk.weebly.com/prilaku-menyimpang-penyebab-dan-dampaknya.html)

  9. Sebutkan 3 faktor yang menyebabkan perilaku penyimpangan sosial dalam masyarakat! (http://brainly.co.id/tugas/100314)

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...