Minggu, 30 Agustus 2020

Pengertian Psikologi (Artikel Lengkap)

Psikologi merupakan ilmu pengetahuan & ilmu terapan yg menyelidiki pikiran, mental, & tingkah laku insan secara ilmiah. Orang yang mempunyai keahlian akademik di bidang psikologi diklaim psikolog. Psikologi jua disebut ilmu jiwa. Dalam bahasa Inggris, psikologi dianggap psychology.

1. Asal Mula Kata Psikologi

Etimologi istilah psikologi merupakan istilah serapan bahasa Inggris psychology yg dari berdasarkan bahasa Yunani ???? (psukh?) yang berarti ?Napas, batin, & jiwa? Dan menerima akhiran ?????? (-logia) yang berarti ?Studi? Atau ?Penelitian?. Sehingga secara harfiah, psikologi berarti studi mengenai psikis atau jiwa. Kata Latin psychologia pertama kali digunakan oleh seorang humanis Kroasia-Latin Marko Maruli? Dalam bukunya yg berjudul Psichiologia de ratione animae humanae antara akhir abad ke-15 masehi sampai awal abad ke-16 masehi. Referensi tertua ketika ini yang menuliskan istilah psychology dalam bahasa Inggris merupakan yang ditulis sang Steven Blankaart pada tahun 1694 yang berjudul The Physical Dictionary. Di pada buku tadi tertulis ?Anatomi memperlakukan tubuh, dan psikologi memperlakukan jiwa.?

2. Sejarah Pengertian Psikologi

Pada tahun 1890, William James mengartikan psikologi menjadi ?Ilmu tentang mental makhluk hidup, termasuk fenomenanya & kondisinya?. Defini tersebut diterima selama beberapa dekade. Namun, pengertian tersebut tergantikan sang definisi psikologi berdasarkan John Watson dalam tahun 1913 yaitu disiplin psikologi menjadi pengambilan warta yg berguna buat mengendalikan tingkah laris.

3. Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Pengertian psikologi dari beberapa pakar psikologi mampu bhineka lantaran menyangkut kejiwaan insan. Selain pengertian psikologi pada atas, berikut adalah beberapa contoh lainnya:

Crow & Crow: Psikologi adalah tingkah laku manusia dan interaksi manusia dengan dunia sekitarnya.

Chaplin (1972): Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.

Richard Mayer (1981): Psikologi adalah analisis mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.

Sumber:

  1. Psychology (https://en.wikipedia.org/wiki/Psychology)
  2. PENGERTIAN PSIKOLOGI (https://annissayudhakusuma.wordpress.com/2014/06/03/pengertian-psikologi/)

Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...