Minggu, 30 Agustus 2020

10 Negara Terbelakang di Afrika

10 Negara Terbelakang di AfrikaNegara udik adalah negara yang serba kekurangan & masih belum stabil. Perekonomian masih bergantung pada bantuan menurut luar negeri & perseteruan masih tak jarang terjadi. Segala fasilitas & pelayanan masih sangat minim. Angka kriminalitas dan korupsi pula sangat tinggi. Hal ini menciptakan negara kolot sangat sulit untuk berkembang bahkan semakin udik. Berikut adalah 8 negara udik pada benua Afrika. Langsung saja kita simak yg pertama:

Malawi merupakan sebuah negara terkurung daratan pada Afrika tenggara yang sebelumnya dikenal menjadi Nyasaland. Negara ini merdeka dari Inggris dalam tanggal 6 Juli 1964. Pendapatan per kapita Malawi merupakan berkisar $900 pada tahun 2011. Negara ini masih mempunyai beberapa masalah HAM misalnya pembatasan kebebasan berbicara, kebebasan pers, penangkapan sewenang-wenang, kekerasan terhadap perempuan , perdagangan manusia, & pekerja anak. Korupsi juga menjadi masalah utama meskipun sudah terdapat lembaga Biro Anti-Korupsi Malawi (ACB). Di Malawi masih terjadi pelecehan secksual, pernikahan anak, & penghilangan nyawa ibu karena dituduh penyihir. Angka pengidap HIV/AIDS pula tergolong tinggi. Penduduknya termasuk yg paling padat di dunia & 85% penduduk tinggal pada pedesaan. 90% komoditas ekspor masih bergantung dalam pertanian dan 1/3 PDB asal menurut pertanian. Banyak negara yang memberikan bantuan pada Malawi yang totalnya mencapai lebih berdasarkan US$ 575 juta.

Niger merupakan sebuah negara terkurung daratan pada Afrika Barat yg namanya dari menurut Sungai Niger. Negara ini merdeka dari Perancis pada tanggal 3 Agustus 1960. Pendapatan per kapita Niger adalah berkisar $800 pada tahun 2011. 80% aturan pemerintah dari dari bantuan luar negeri. Perekonomian masih bergantung dalam sektor pertanian, peternakan, dan beberapa uranium. Kekeringan, pengangguran, taraf pertumbuhan penduduk yg tinggi, dan penurunan permintaan global buat uranium sudah melemahkan perekonomian. Niger sering mengalami krisis pangan yang menyebabkan terjadinya kelaparan. Angka melek alfabet masih sangat rendah yakni hanya 28,7% dalam tahun 2005. Angka kematian balita usia 1-4 tahun juga sangat tinggi lebih kurang 248 menurut 1000. Terdapat 3 dokter dan 22 perawat per 100.000 penduduk dalam tahun 2006.

Republik Afrika Tengah adalah negara terkurung daratan pada Afrika Tengah. Negara ini merdeka berdasarkan Perancis dalam tanggal 13 Agustus 1960. Walaupun negara ini kaya akan uranium, minyak, emas, berlian, kayu, dan air, Republik Afrika Tengah tetap masuk ke dalam daftar sepuluh negara termiskin di dunia dalam tahun 2013. Indeks Pembangunan Manusia sangat rendah yakni pada peringkat 185 berdasarkan 187 negara. 11% menurut populasi terjangkit virus HIV. Sumber pendapatan masyarakat masih bergantung dalam bidang pertanian. Pendapatan per kapita negara ini hanyaah $800 per tahun 2011. Kegiatan eksport dihalangi dengan perkembangan infrastruktur yg tidak baik & lokasi negara yang terjebak daratan. Di Republik Afrika Tengah hanya jalan tol yg diaspal, nir masih ada jaringan rel kereta api, dan hanya memiliki sebuah bandara internasional. Pendidikan pada negara ini gratis berdasarkan usia 6 sampai 14 tahun. Tetapi, hanya seperempat penduduknya yang mampu membaca. Fasilitas kesehatan masih sangat tidak baik & hanya terdapat sebuah rumah sakit. Berbagai kejahatan, perdagangan insan, pekerja anak, diskriminasi, & korupsi masih merajalela di negara ini.

Republik Sierra Leone adalah sebuah negara di Afrika Barat yg mempunyai iklim tropis. Negara ini mempunyai penduduk yg paling toleran antar kepercayaan pada dunia terutama antara Islam dan Kristen. Kekerasan agama sangat langka pada negeri ini. Tetapi, pendapatan per kapitannya sangat kecil yakni berkisar $800 pada tahun 2011. Sierra Leone merdeka dari Inggris dalam lepas 27 April 1961. Perkembangan ekonomi pada negara ini bergantung dalam sektor pertambangan khususnya berlian, titanium, bauksit, dan emas. Wabah ebola telah mengancam negara ini.

Eritrea adalah sebuah negara yang terletak di sebelah timur Afrika. Negara ini merdeka dari Ethiopia pada tanggal 24 Mei 1991 (de facto). Negara ini tidak pernah melakukan pemilu legislatif dan memiliki catatan pelanggaran HAM paling buruk di dunia. Di Eritrea sering terjadi pelanggaran HAM, kebebasan berbicara, kebebasan pers, dan berbagai pelanggaran lainnya. Bahkan Indeks Kebebasan Pers pada tahun 2014 menunjukkan bahwa Eritrea menduduki peringkat 178 yang merupakan terendah kedua di dunia setelah Korea Utara. Pendapatan per kapita hanya $700 (2011) namun mengalami pertumbuhan sebesar 8,7 persen (2011) dan membuatnya menjadi salah satu yang tercepat di dunia. Hal ini disebabkan oleh pemerintah Eritrea yang gencar mengembangkan infrastruktur transportasi. Eritrea memiliki beberapa sumber daya alam yang jumlahnya cukup besar seperti tembaga, emas, granit, marmer, dan kalium. Pelayanan kesehatannya sudah mencapai kemajuan yang signifikan. Angka harapan hidup sudah mulai meningkat dari 39,1 (1960) menjadi 59,5 (2008). Namun penyakit malaria dan TBC masih menjadi masalah umum. Usia 7-13 tahun wajib menempuh pendidikan meskipun negara ini belum memiliki infrastruktur pendidikan yang memadai.

Somalia adalah sebuah negara yang terletak pada Afrika bagian timur. Negara ini terbentuk menurut penggabungan beberapa negara dalam tanggal 1 Juli 1960. Namun konflik masih seringkali terjadi lantaran gerakan separatis. Pendapatan per kapitanya hanya $600 (2010) & komoditas ekonomi bergantung pada ternak, pengiriman uang, & telekomunikasi. Korupsi menjadi masalah utama di Somalia. Pelayanan kesehatan masih sangat buruk dampak kacaunya pemerintahan. Banyak tempat tinggal sakit yang dirusak dampak perang sipil. Banyaknya perompak pada perairan Somalia menciptakan negara ini nir lagi menjadi tempat transit padahal letak negara ini sangat strategis.

Zimbabwe merupakan negara terkurung daratan yg terletak pada Afrika bagian selatan. Negara ini merdeka berdasarkan Inggris dalam tanggal 18 April 1980. Pendapatan per kapita hanya $500 (2011). Inflasi yg terus membengkak hingga mencapai 11.200.000% dalam bulan Agustus 2008 menyebabkan hancurnya perekonomian dan mata uang Dolar Zimbabwe tidak dipercaya lagi sang warga meskipun pemerintah telah mengeluarkan pecahan 100.000.000.000.000 dolar. Zimbabwe memiliki cadangan mineral, emas, platina, dan berlian yg masih menguntungkan. Angka asa hayati di Zimbabwe merupakan yang paling rendah di dunia yaitu lebih kurang 43,lima tahun. Penyakit HIV/AIDS merajalela. Banyak rumah sakit yg bangkrut. Namun angka melek huruf pada Zimbabwe tergolong tinggi mencapai 90,70% (2013), tertinggi di Afrika. Pendidikan sempat gratis sapai tahun 1980. Pendidikan pada Zimbabwe terancam sejak krisis ekonomi yang melanda negara itu.

Liberia merupakan sebuah negara pada Afrika barat yang merdeka pada lepas 26 Juli 1847. Perang saudara & ketidakstabilan politik mengakibatkan perekonomian musnah & seratus ribu lebih orang meninggal dunia. 85% berdasarkan penduduk hidup di bawah garis kemiskinan. Liberia juga diguncang virus Ebola yang mewabah. Liberia adalah keliru satu negara termiskin pada global menggunakan pendapatan per kapitanya hanya $400 (2011). Ekonomi di Liberia sangat bergantung pada donasi asing & ekspor bijih besi, karet, dan kayu. Angka melek alfabet mencapai 60,8% (2010). Pendidikan harus ditempuh & perdeo dari usia 6 hingga 16 tahun. Angka harapan hayati mencapai 57,4 tahun dalam tahun 2012. Liberia masih mengimpor 90% beras dan 20,4% anak-anak mengalami busung lapar. Hanya 17% berdasarkan populasi yg mendapatkan akses ke fasilitas sanitasi yg memadai. Kejahatan secksual masih sangat acapkali terjadi di Liberia.

Burundi adalah negara terkurung daratan pada daerah Afrika Tenggara yang merdeka dari Belgia pada lepas 1 Juli 1962. Burundi merupakan galat satu dari 5 negara termiskin pada dunia dan memiliki pendapatan per kapita yang tergolong terendah yakni hanya $400 (2011). Negara ini sudah mengalami peperangan yg panjang. Korupsi, sistem hukum yang tidak baik, letak negara yang terkurung daratan, kurangnya kebebasan ekonomi, meningkatnya kasus HIV/AIDS, & sulitnya masyarakat miskin buat memperoleh akses pendidikan membuat negara ini semakin terpuruk. 56,8% anak berusia pada bawah 5 tahun menderita malnutrisi kronis. Perekonomian Burundi sangat bergantung dalam donasi asing. Sedangkan industri terbesar Burundi yaitu pertanian hanya menyumbang 30% PDB. 93% komoditas ekspor merupakan kopi.

RD Kongo (sebelumnya bernama Zaire) merupakan sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah & berbatasan dengan Republik Kongo. Negara ini merdeka menurut Belgia dalam lepas 30 Juni 1960. Perang sipil telah menghancurkan negara ini dan menyebabkan 5,4 juta orang meninggal global sejak tahun 1998. 90% menurut kematian tersebut diakibatkan oleh malaria, diare, pneumonia, dan malnutrisi. Indeks Pembangunan Manusia termasuk yg terendah dan menerima peringkat 186 berdasarkan 187 negara. Sebenarnya negara ini sangat kaya akan asal daya alam. Namun, ketidakstabilan politik, kurangnya infrastruktur, & budaya korupsi sudah menghambat pembangunan dan eksploitasi asal daya alam. Ekspor terbesar negara tersebut adalah mineral. Angka melek huruf mencapai 67,2%. HIV/AIDS, malaria, & demam kuning mewabah di RD Kongo.

Anda bisa request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...