Kamis, 30 Juli 2020

Pengertian dan 7 Macam Seni Grafis (Beserta Contoh Gambar)

Seni grafis adalah keliru satu cabang berdasarkan seni rupa yg memanfaatkan teknologi personal komputer & teknik cetak. Media pencetakan yang dipakai umumnya memakai kertas atau kain. Seni grafis dapat ditemukan pada koran, majalah, papan reklame, & pakaian. Berikut adalah pengertian dan macam-macam seni grafis lengkap menggunakan model gambar. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Pengertian Seni Grafis

Seni grafis adalah karya seni yang dihasilkan melalui proses pencetakan (printing, umumnya pada kertas. Dalam bahasa Inggris, seni grafis diklaim printmaking. Hasilnya berupa suatu karya seni yg mampu diperbanyak dengan gampang.

Dua. Macam-Macam Seni Grafis

Teknik seni grafis secara teknis dibagi sebagai beberapa macam yaitu:

contoh cetak relief

Cetak relief adalah proses dimana lapisan ada dalam lempengan cetakan atau balok kayu diberi tinta sedangkan area yang tidak ada (tersembunyi) bebas tinta, sebagai akibatnya ketika ditempelkan bisa membentuk sebuah cetakan yg diinginkan. Contoh penggunaan teknik relief merupakan stempel.

contoh cetak intaglio

Cetak intaglio merupakan teknik cetak ada menggunakan menorehkan/menggoreskan plat aluminium sebagai akibatnya menciptakan suatu gambar yang diinginkan, lalu area yang tergores diisikan tinta dan ditempelkan pada kertas basah. Hasilnya berupa cetakan ada. Teknik ini merupakan kebalikan menurut cetak relief. Contoh penggunaan teknik intaglio adalah uang kertas.

cetak plano

Cetak plano (planographic printing) merupakan mencetak dalam lapisan datar. Teknik ini memanfaatkan perbedaan sifat minyak dan air yang tidak saling menyatu. Teknik ini telah menginspirasi mesin cetak ofset yg menggunakan acuan pelat. Contoh penggunaan teknik cetak plano adalah mesin fotokopi & mesin scanner.

contoh cetak stensil

Cetak stensil merupakan teknik mencetak dengan menggunting kertas sinkron bentuk atau tulisan yg diinginkan, kemudian kertas tersebut ditempelkan dengan kain/papan yg akan diberi cat, & kertas tersebut dicat/disemprot. Sehingga waktu kertas tadi dicabut, output cat pada kain/papan akan seperti yang sudah digunting. Contoh penggunaan cetak stensil merupakan spanduk dan papan peringatan.

kolagrafi

Kolagrafi merupakan teknik mencetak menggunakan menempelkan objek pada kanvas & keseluruhannya diberi cat, lalu objek tersebut dilepas. Hasilnya, bagian yang tidak dicat akan berbentuk seperti objek & tampak cekung. Kolagrafi tidak ada hubungannya dengan kolase meskipun kolagrafi terkesan mempunyai istilah dasar kolase.

contoh cetak saring

Cetak saring merupakan pengembangan menurut cetak stensil yg memiliki kekurangan terutama waktu mencetak huruf yg mempunyai kurva tertutup misalnya o, d, e, atau a. Teknik ini acapkali disebut sablon. Pencetakan akan dilakukan melalui saringan yang sudah diberi batasan sesuai huruf/bentuk yang dingin dicetak. Contoh penggunaan teknik cetak saring adalah kaos, pembungkus kuliner olahan UKM, dan spanduk.

fotografi

Fotografi merupakan seni yg menggunakan pencitraan dalam sebuah objek. Unsur seni yg tak jarang ditonjolkan merupakan komposisi foto. Makin rupawan komposisinya, maka makin mengagumkan juga foto tersebut. Apalagi jika ada pesan yg tersirat di pada foto tadi. Peralatan utamanya adalah kamera. Hasil foto dapat dicetak atau disimpan pada personal komputer .

Referensi:

Cetak Datar (planografi print) (http://senirupapgpaud.Blogspot.Com/2014/10/cetak-datar-planografi-print.Html)

Seni grafis (https://id.Wikipedia.Org/wiki/Seni_grafis)

KONSEP PENDIDIKAN SENI RUPA (http://tysn-4.Blogspot.Com/2012/07/konsep-pendidikan-seni-rupa.Html)

Printmaking (https://en.Wikipedia.Org/wiki/Printmaking)

Macam Seni Grafis - Pengertian dan Contohnya (http://www.Febrian.Web.Id/2014/02/macam-seni-grafis-pengertian-dan.Html)

Pengertian Fotografi (http://www.Gilangajip.Com/pengertian-fotografi/)

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...