Senin, 20 Juli 2020

6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya

Paru-Paru adalah organ yg berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini sangat penting karena hewan (termasuk manusia) nir dapat hidup tanpa oksigen. Oksigen sangat krusial buat proses respirasi pada mitokondria dalam sel sebagai akibatnya dapat membuat tenaga buat beraktivitas. Paru-paru terdiri berdasarkan beberapa bagian. Berikut adalah bagian paru-paru dan kegunaannya. Langsung saja kita simak yang pertama:

6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya

Bronkus merupakan batang bercabang yang menghubungkan paru-paru kiri, paru-paru kanan, & trakea. Bronkus tersusun atas tulang rawan, lapisan mukosa, dan otot polos. Tulang rawan berfungsi sebagai rangka bronkus, lapisan mukosa membentuk lendir buat menjebak partikel asing yg akan memasuki paru-paru, & otot polos membuat kita dapat bernapas secara otomatis tanpa disadari.

Bronkiolus adalah cabang berdasarkan bronkus yang bermuara ke alveolus. Struktur bronkus tidak memiliki tulang rawan, memiliki silia, dan pada bagian ujung terdiri berdasarkan jaringan epitelium berbentuk kubus bersilia.

Alveolus merupakan loka melakukan pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida secara difusi. Struktur alveolus terdiri dari selaput tipis & terdapat poly kapiler darah. Di alveolus darah akan melepaskan karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen berdasarkan udara.

Pleura adalah selaput yg melapisi paru-paru. Strukturnya seperti kantong dan halus & licin. Fungsi pleura merupakan untuk mengurangi tabrakan saat paru-paru mekar atau mengempis. Pleura terdiri dari dua lapisan yaitu pleura parietal dan pleura viseral. Terdapat sedikit cairan yang mengandung glikosaminoglikan diantara kedua lapisan tersebut.

Selain bagian yg masih ada pada paru-paru, berikut adalah dua bagian yg sering dianggap sebagai bagian berdasarkan paru-paru:

Diafragma merupakan otot berserat yg sebagai pembatas antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma pula berperan krusial dalam proses pernapasan perut. Diafragma tersusun atas otot, pembuluh darah, & saraf yang diklaim saraf frenikus.

Trakea adalah tabung menggunakan panjang sekitar lima inci yg menghubungkan laring menggunakan bronkus. Trakea tersusun atas tulang rawan hialin berbentuk seperti huruf C dan dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea adalah menjadi saluran pernapasan. Silia yang terdapat pada sel epitel berfungsi buat menangkap partikel asing & membawanya ke faring sehingga bisa masuk ke sistem pencernaan.

Sumber:

Judul

Alamat

Anda sanggup request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...