Selasa, 21 Juli 2020

Cara Budidaya Tanaman Kangkung yang Baik dan Benar

Cara Budidaya Tanaman Kangkung yang Baik dan Benar

Posted by Agrikompleks

Budidaya Tanaman Kangkung - Budidaya kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang proses penanamannya lebih mudah daripada sayuran kebanyakan, agar kangkung yang kita tanam dapat menghasilkan hasil yang optimal, kita dapat persiapkan mulai dari bagaimana cara pemilihan benih yang baik.

Budidaya tanaman kangkung

Budidaya kangkung itu sendiri sanggup menjadi prospek usaha yg menjanjikan lantaran kebutuhan masyarakat dengan sayuran yang satu ini sangat meningkat apalagi apabila diolah menjadi kuliner yang legit dan enak. Nah, kali ini kami akan memberikan warta mengenai cara budidaya tanaan kangkung yang baik dan sahih.

Pilih Bibit yg Berkualitas

Karena kita ingin hasil yang maksimal, maka usahakan untuk memiliki bibit yang bagus dan berkualitas unggul. Bibit yang bagus pastiakan menghasilkan hasil panen yang baik pula, adapun ciri-ciri bibit bagus bagus pada awal pertumbuhan kangkung ditandai dengan  tumbuh tegak dan daya tumbuhnya hanya perlu 100%.

Dalam melakukan pembibitan kami memberikan fakta terdapat 2 cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan teknik stek yaitu batang ditancapkan pada tanah dengan kondisi bibit yg akbar dan segar atau menggunakan benih dengan kondisi yg indah & kering.

Persiapkan Lahan Tanam

Pada tahap selanjutnya yaitu bagaimana  mempersiapkan lahan untuk menanam tanaman kangkung. Lahan tanaman kangkung yang baik digunakan harus bebas dari hama dan penyakit dan buatlah bedengan dengan lebar sekitar 1 meter dan panjang menyesuaikan, lalu beri jarak dengan bedengan yang terletak sekitar 40 cm atau menyesuaikan tempat. Kemudian sebarkan pupuk kompos di atasnya kemudian biarkan dalam sehari.

Media tanam jua bisa terbuat pot atau polybag yg harus tetap dipadukan menggunakan kegemburan tanah yang akan digunakan. Jadi kamu bebas mau menanam dimana saja, kalian mampu menentukan menanamdi pekarangan tempat tinggal , di belakang tempat tinggal , di pot atau di polybag. Tinggal bagaiaman cara kalian utuk melakukan perawatan terhadap flora kangkung kalian nantinya.

Proses Penanaman

Nah, bila telah siap lahannya langkah selanjutnya adalah persiapan buat penanaman tumbuhan kangkung. Di pada penanaman tadi terdapat dua macam metode yg mampu dilakukan yaitu, menggunakan cara ditebar, akan namun proses ini memang begitu cepat namun umumnya kurang optimal lantaran taraf kerapatan penanaman nir menentu, kalian bisa melakukan penebaran benih dengan cara perlahan dan atur jeda penebaran benih kangkung.

Proses penanaman selanjutnya menggunakan cara ditugal yaitu memasukkan 2-tiga benih ke pada lubang yang telah dibuat pada bedengan menggunakan jeda 10 x 5 centimeter. Degan cara ini meskipun pengerjaannya relatif lambat tetapi menggunakan cara ini output sanggup melimpah. Jadi balik pada kalian, mau yang ditebar atau menggunakan cara tunggal dengan mengembangkan lubang-lubang.

Proses Perawatan

Inti menurut perawatannya adalah menyiram rutin pada pagi hari dan sore hari. Jika kalian mendapatkan ekspresi dominan kemarau, kalian hanya perlu penyiraman yg rutin setiap pagi dan sore hari. Nah, umumnya apabila tanaman kangkung disiang hari terlihat layu dan menguning, kalian wajib lakukan penyiraman menggunakan intensitas yang cukup. Jika kalian kurang memperhatikan penyiraman di siang hari maka tumbuhan sanggup tewas.

Proses Pemanenan

Waktu panen dalam budidaya kangkung mulai berdasarkan penanaman umumnya memakan ketika 30-45 hari. Memanen tanaan kangkung pun nir sulit yaitu dengan cara dipotong dan dicabut.

Itulah informasi tentang cara budidaya tumbuhan kangkung yg baik & sahih agar hasil yg di dapatkan sesuai harapan serta dapat menambah keuntungan yg menjanjikan gampang-mudahan sanggup bermanfaat & menambah wawasan kalian, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...