Selasa, 21 Juli 2020

4 Alat Pernapasan pada Porifera

Porifera merupakan organisme multiseluler kingdom animalia yg badannya memiliki banyak pori-pori (disebut ostium) buat memudahkan aliran air di dalam tubuhnya. Porifera bernapas menggunakan memasukkan air ke rongga spongocoel melalui pori-pori yang terdapat di semua permukaan tubuhnya. Porifera tidak memiliki sistem saraf, sistem pencernaan, sistem ekskresi, sistem pernapasan, bahkan sistem peredaran darah. Mereka bergantung dalam aliran air dalam sekujur tubuhnya buat menerima makanan dan oksigen serta untuk membuang kotoran. Berikut merupakan alat pernapasan dalam porifera. Langsung saja kita simak yg pertama:alat-pernapasan-pada-porifera

Warna

Nama Bagian

Sumber gambar: http://upload.Wikimedia.Org/wikipedia/commons/c/cc/Porifera_cell_types_01.Png

Ostium atau ostia adalah saluran yg mengarah ke pada tubuh porifera. Wujudnya apabila ditinjau dari luar tampak seperti pori-pori atau lubang-lubang kecil. Ostium adalah jalan masuk air yang pula masih ada oksigen terlarut pada dalamnya.

Koanosit (choanocytes) adalah sel yg memiliki flagelum dan memiliki semacam ?Kerah? Berbentuk silinder atau kerucut. ?Kerah? Tadi mengelilingi sebagian flagela. Sel ini terdiri dari flagelum, mikrofil, & nukleus (inti sel). Koanosit melapisi rongga tubuh porifera (spongosol). Fungsi koanosit adalah buat menciptakan genre air supaya sebagai satu arah & buat menyerap oksigen secara difusi.

Amoebosit (sel amoeboid atau lophocytes) merupakan sel yg bergerak misalnya amoeba. Fungsi amoebosit adalah buat mengedarkan oksigen (& jua kuliner) berdasarkan koanosit ke semua sel dalam porifera secara difusi.

oskulum

Sumber gambar: http://upload.Wikimedia.Org/wikipedia/commons/7/7c/Osculo.Jpg

Oskulum (osculum) adalah lubang pengeluaran air yg berisi residu makanan & karbon dioksida. Air keluar secara difusi dengan kecepatan hampir 8,4 cm/detik. Ukuran oskulum diatur oleh miosit.

Sumber:

Judul

Alamat

Dengan bantuan terjemahan menurut Google Translate.

Anda sanggup request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...