Senin, 20 Juli 2020

Bagaimana Proses Respirasi Eukariotik dan Prokariotik?

Eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti sedangkan prokariotik tidak mempunyai membran inti sehingga substansi inti sel berada di sitoplasma. Proses respirasi eukariotik & prokariotik sebenarnya sama saja, yakni terdiri dari respirasi aerob & respirasi anaerob. Hanya saja proses glikolisis pada eukariota terjadi di mitokondria sedangkan proses glikolisis pada prokariota terjadi di sitoplasma lantaran sel prokariotik tidak mempunyai mitokondria. Sel flora, walaupun termasuk eukariota, nir dapat melakukan respirasi melainkan fotosintesis. Berikut adalah proses respirasi baik pada eukariotik dan prokariotik. Langsung saja kita simak selengkapnya:

respirasi aerob

1. Respirasi Aerob

Respirasi aerob merupakan proses pembebasan energi yang terkandung dalam kuliner sebagai ATP yg merupakan asal tenaga bagi makhluk hidup dengan bantuan oksigen. Secara keseluruhan reaksi respirasi aerob membentuk 38 ATP, 6 H2O, dan 2 CO2. Respirasi aerob terdiri berdasarkan 3 termin yaitu glikolisis, daur krebs, dan sistem transpor elektron.

Glikolisis adalah proses dimana glukosa dipecah tanpa donasi oksigen & membuat tenaga. 1 molekul glukosa dipecah sebagai asam piruvat, 2 NADH, dan 2 ATP. Reaksi ini membutuhkan 2 ATP. Sesungguhnya proses glikolisis membentuk 4 ATP, namun dua ATP disimpan buat pulang melakukan glikolisis.

Siklus krebs merupakan reaksi metabolisme antara asetil Ko-A dengan asam oksaloasetat yg terjadi di mitokondria sel tepatnya pada bagian matriks mitokondria. Sebelum proses ini dimulai, asam piruvat yang berasal berdasarkan proses glikolisis dirubah sebagai asetil Ko-A. Kemudian asetil Ko-A masuk ke siklus krebs & bereaksi dengan asam oksaloasetat yg membentuk asam sitrat. Kemudian asam sitrat mengalami reaksi dengan donasi enzim sebagai akibatnya menghasilkan 8 NADH, dua FADH2, dan dua ATP.

Transpor elektron adalah reaksi sehabis daur krebs yg terjadi pada krista pada mitokondria sel. 10 NADH dan dua FADH2 output siklus krebs menaruh elektron & H ke sistem transpor elektron sehingga terjadi reaksi redoks. 1 NADH membuat tiga ATP dan 1 FADH2 membentuk dua ATP.

Dua. Respirasi Anaerob

Respirasi anerob adalah respirasi yg tidak melibatkan oksigen menjadi penerima elektron saat pembentukan ATP. Salah satu respirasi anaerob merupakan fermentasi. Contoh fermetasi merupakan fermentasi alkohol & fermentasi asam laktat. Respirasi anaerob dapat terjadi dalam seluruh makhluk hidup. Pada bakteri dan fungi, respirasi anaerob dilakukan karena keadaan lingkungan yang kurang oksigen & sistem metabolismenya yang masih belum kompleks. Pada manusia, respirasi anaerob biasa terjadi pada sel otot saat berolahraga.

Judul

Alamat

Anda mampu request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...