Jumat, 31 Juli 2020

26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Ideologi adalah gugusan ide, asa, pandangan, atau gagasan berupa konsep yg bisa dijadikan asas, pendapat, tujuan, & penunjuk arah kelangsungan hayati. Istilah ini pertama kali digunakan sang Destutt de Tracy dalam akhir abad ke-18 buat mendefinisikan ?Ilmu mengenai ilham?. Secara etimologis, ?Ideologi? Berasal dari bahasa Yunani idea yg berarti ?Wangsit? Dan logos yg berarti ?Ilmu?. Untuk memahami lebih pada pengertian ideologi, berikut adalah beberapa pengertian ideologi berdasarkan para ahli filsafat. Langsung saja kita simak yang pertama:

Ideologi adalah pengetahuan tentang cara menyembunyikan kepentingan, menerima, dan mempertahankan kekuasaan menggunakan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan & tipu daya.

Ideologi merupakan kumpulan ide, gagasan, atau akidah yang melahirkan anggaran-anggaran dalam kehidupan.

Ideologi adalah keyakinan-keyakinan & gagasan-gagasan yg ditaati sang suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

Ideologi adalah pencerahan palsu, lantaran ideologi merupakan suatu output pemikiran yang diciptakan sang pemikirnya yang ditentukan sang kepentingannya.

Ideologi merupakan sistem proteksi kekuasaan yang dimiliki sang penguasa.

Mereka mempunyai dua pengertian:

Ideologi merupakan sekelompok wangsit & konsep yang normatif yang memiliki pola, yg adalah representasi menurut kekuatan politik yg ada.

Ideologi adalah peta konsep yang membantu masyarakat pada mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik dan keyakinan akan kebenaran sosial.

Ideologi adalah sistem pemikiran yang berguna pada mempertahankan orde sosial tertentu.

Ideologi merupakan keseluruhan sistem berpikir & perilaku dasar rohaniah sebuah gerakan, kelompok sosial, atau individu.

Ideologi merupakan suatu pandangan atau sistem nilai yg menyeluruh dan mendalam mengenai bagaimana cara yang usahakan, yaitu secara moral dipercaya benar & adil, guna mengatur tingkah laris bersama dalam banyak sekali segi kehidupan.

Ideologi merupakan suatu gagasan yang spekulatif, tetapi bukan gagasan palsu, lantaran bukan dimaksudkan untuk mendeskripsikan suatu empiris melainkan untuk dapat memberikan gambaran tentang bagaimana semestinya insan itu dapat menjalani hidupnya.

Meskipun Louis Althuser adalah murid berdasarkan Karl Marx, tetapi dia menentang pengertian ideologi dari Karl Marx.

Ideologi merupakan ilmu tentang gagasan atau ilmu tentang inspirasi-inspirasi yang sesuai menggunakan realita & sejalan dengan nalar budi bukan imajinasi atau gagasan palsu.

Antonine Destut de Tracy merupakan orang pertama yang menggunakan kata ?Ideologi?. Meskipun pengertian ideologi dari Antonine Destut de Tracy ditentang oleh Karl Marx.

Ideologi adalah inti dari semua pemikiran insan.

Ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yg diorganisir sebagai suatu sistem yang teratur.

Ideologi merupakan suatu kata yg dipergunakan buat sekelompok impian mengenai banyak sekali macam kasus politik & ekonomi yg dilaksanakan pada suatu rencana sistematis & dijalankan sang gerombolan atau lapisan rakyat.

Ideologi adalah sintesa pemikiran fundamental dari suatu konsep hidup. Sintesa maksudnya adalah paduan aneka macam pengertian agar semuanya menjadi selaras.

Ideologi merupakan kompleks pengetahuan dan nilai yg secara holistik sebagai landasan bagi seorang atau rakyat buat memahami jagad raya dan bumi seisinya serta memilih sikap dasar buat mengelolanya.

Ideologi adalah kompleks pengetahuan & macam-macam nilai, yang secara universal sebagai landasan bagi seseorang atau jua masyarakat buat bisa memahami jagat raya dan bumi seisinya dan jua menentukan perilaku dasar buat dapat mengolahnya.

Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.

Ideologi adalah suatu cara buat melindungi kekuasaan pemerintah supaya bisa bertahan & mengatur rakyatnya.

Ideologi merupakan sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yg memberi keabsahan bagi institusi & pelakunya.

Ideologi adalah sebuah pemikiran yang memiliki ilham dan metode berupa konsep rasional, yang meliputi akidah & solusi atas semua perkara kehidupan insan.

Ideologi adalah suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yg sistematis & menyeluruh tentang manusia & kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

Ideologi adalah keseluruhan pemikiran politik dan pula rival-rivalnya.

Ideologi adalah pemikiran fundamental yg sama sekali tidak dibangun pada atas pemikiran-pemikiran yg lain, melainkan adalah akumulasi jawaban atas pertanyaan menurut mana, buat apa, & mau ke mana alam, manusia, dan kehidupan ini yang dihubungkan menggunakan asal muasal penciptaannya & kehidupan setelahnya.

Ideologi adalah bentuk proteksi gugusan inspirasi terhadap tingkah politik yg nir rasional yg bertindak dalam wujud idealisme.

Ideologi adalah impian politik atau doktrin (ajaran) menurut suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.

Referensi:

  1. Pengertian Ideologi Menurut para Ahli (http://www.pengertianahli.com/2013/05/pengertian-ideologi-menurut-para-ahli.html)
  2. Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (http://www.gurupendidikan.com/pengertian-ideologi-menurut-para-ahli/)
  3. Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (http://www.artikelsiana.com/2014/11/pengertian-ideologi-menurut-para-ahli.html)
  4. Ideologi (https://id.wikipedia.org/wiki/Ideologi)
  5. Apa Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (http://www.apapengertianahli.com/2014/06/apa-pengertian-ideologi-ahli.html)
  6. Sepuluh definisi ideologi menurut para ahli (http://ferrymvc.blogspot.com/2011/05/sepuluh-definisi-ideologi-menurut-para.html)

Anda mampu request artikel mengenai apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...