Rabu, 17 Juni 2020

Panduan Ternak Ayam Potong Untuk Pemula

Panduan Ternak Ayam Potong Untuk Pemula

Posted by Agrikompleks

Panduan Ternak Ayam Potong - Ayam potong merupakan salah satu komoditas pangan yang tinggi peminatnya. Selain karena mudah didapat, ayam potong harganya relatif terjangkau dibandingkan dengan ayam kampung atau daging sapi yang harganya kita naik.

Ternak ayam potong

Ayam pangkas menjadi galat satu pilihan konsumen saat ini. Permintaannya pun terus meningkat. Sehingga terkadang stok di pasar menjadi hambatan. Usaha ternak ayam potong sanggup menjadi galat satu peluang bisnis menjanjikan yg mampu anda jalankan.

Ternak ayam pangkas untuk skala menengah memang membutuhkan kapital yg relatif besar . Salah satu kapital besarnya merupakan menyediakan tempat & pangan serta perawatan.

Lokasi ternak ayam pangkas nir bisa di perumahan atau berdekatan menggunakan keramaian karena pastinya ayam akan stress, meninggal & rakyat jua akan terganggu menggunakan bau serta lalat yg terbang kemana-mana.

Jika memang terpaksa wajib dekat menggunakan pemukiman penduduk, peternak wajib bisa memperhatikan syarat sangkar dan perawatan ternak ayam potong agar nir berbau lantaran poly masyarakat yang tidak senang berdekatan dengan peternakan ayam karena limbah yang didapatkan.

Apabila peternak mampu menjamin penanganan limbah menggunakan baik maka masyarakat tidak akan keberatan dengan peternakan ayam tersebut. Berikut tips ternak ayam pangkas khusus buat pemula, silahkan kalian ikuti tips berikut.

Tips yg pertama merupakan loka buat ternak. Buatlah sangkar yg ideal & bisa menyesuaikan pencahayaan surya masuk dan kebutuhan angin ayam pangkas, serta beri lampu yang cukup buat mengatur pencahayaan dan mengatur agar suhu lingkungan permanen hangat, suhu berperan penting agar ayam potong bisa bertahan hidup.

Tipe kandang yg digunakan buat ternak ayam potong ada dua macam yaitu tipe anjung & melantai atau litter. Di dalam pembuatan kandang wajib diperhatikan & jangan hingga terlewatkan sumberdaya listrik dan sumber airnya.

Setelah sangkar terselesaikan dibentuk, pasang alat-alat buat menyambut DOC ayam pangkas, pemilihan bibit atau DOC yg berkualitas memiliki peluang hayati yg akbar sebagai akibatnya kemungkinan tinggi juga buat di panen.

Dalam ketika empat belas hari pertama anda harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam tadi, lantaran masa ini sangat penting buat kesuksesan usaha anda.

Perhatikan jua suhu ruangan pada saat empat belas hari pertama ini, bila anak ayam poly yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kurang hangat, tapi jika sudah mulai menyebar berarti suhunya pas tetapi juga jangan sampai terlalu panas.

Usahakan untuk vaksinasi ayam potong tepat pada hari ke tujuh, ke empat belas dan ke dua puluh satu. Setelah melewati masa empat belas hari pertama maka selanjutnya akan lebih mudah karena kita hanya perlu mengontrolnya sehari dua kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya saja, hal ini terus dilakukan hingga masa panen tiba.

Pemberian antibiotik & vitamin dalam minuman ayam diberikan mulai hari ke 5 hingga hari ke sepuluh sebelum masa panen. Khusus vitamin bisa diberi hingga masa panen. Pakan pula menjadi poin penting dalam kesuksesan ternak ayam broiler. Semakin bernutrisi pakan yg diberikan maka tumbuh dan kembang ayam akan menjadi semakin pesat.

Pemberian pakan pun harus sempurna misalnya diadaptasi menggunakan umurnya, anugerah porsi harus sempurna, hadiah makan tepat ketika, dan hadiah air minum nir boleh terputus.

Itulah warta mengenai pedoman ternak ayam potong buat pemula, mudah-mudahan mampu berguna dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...