Kamis, 04 Juni 2020

Kandang yang Baik Dan Benar Untuk Ternak Bebek

Kandang yang Baik Dan Benar Untuk Ternak Bebek - Pada umumnya, kandang dalam peternakan bebek dibagi menjadi tiga kelas, yaitu kandang untuk DOD atau anak bebek, kemudian untuk bebek dara, terakhir yaitu untuk bebek dalam masa bertelur.

Kandang yang Baik Dan Benar Untuk Ternak Bebek

Posted by Agrikompleks

Kandang ternak bebek

Dari tiga macam kelas tersebut ada beberapa hal yg wajib diperhatikan dan diketahui bagi anda yg akan merintis bisnis budidaya ternak bebek. Sesuaikan menggunakan keadaan & lingkungan kalian. Lantaran poly sekali faktor yang menentukan baik nir nya suatu kandang buat jenis bebek tertentu dan lingkungan eksklusif. Nah, berikut adalah kami akan menaruh berita mengenai bagaimana kandang yang baik & benar buat ternak bebek.

Kandang Bebek yang Baik & Ideal

Kondisi keseluruhan kandang harus nyaman, kering dan bersih dari kotoran. Dinding utama harus tertutup, karena bebek akan gelisah jika melihat hewan lain seperti anjing atau kucing melintas di dekat kandang.

Selain itu, dinding yang sedikit terbuka jua berfungsi sebagai jalannya aliran udara, dimana angin luar tidak masuk secara pribadi ke pada kandangn tetapi dapat terfilter. Untuk atap seperti biasa, menjadi media berteduh bagi bebek ketika surya panas terik & hujan tiba.

Suhu ruang pada pada kandang. Baik sekali apabila sanggup anda acapkali mengecek syarat dan suhu pada kandang. Usahakan suhu selalu sama misalnya suhu ruangan, nir terlalu panas & nir terlalu dingin. Yaitu antara 27? Hingga 30? Celcius.

Hal ini dapat kita antisipasi sebelum membuat sangkar, kita bisa menciptakan sangkar menghadap barat atau timur sebagai akibatnya angin & panas matahari bisa silih berganti masuk ke pada sangkar. Sinar surya yg masuk bisa sebagai sarana dalam menghilangkan kelebaban & penyakit yg menumpuk pada pada kandang. Sedangkan angin menjadi penyuplai udara.

Penerangan. Juga adalah hal yang penting pada ternak bebek. Penerangan kandang haruslah relatif. Selain memudahkan kita dalam merawat dan melihat syarat bebek, penerangan juga dapat membuat bebek sebagai nyaman & suhu terkendali.

Ruang Gerak. Kenapa ruang mobilitas juga penting? Ini dikarenakan bebek nir senang makan & minum secara bersamaan pada satu saat, mereka lebih memilih bergantian daripada berdesakan. Oleh karena itu, menggunakan ruang mobilitas yg luas kita dapat berhemat waktu & pemeliharaan menjadi lebih efisien. Penting sekali buat sangkar bebek pedaging yg harus memacu ukuran bebek sampai siap jual.

Tinggi kandang. Jangan terlalu pendek dan terlalu tinggi, sebaiknya sinkron menggunakan tinggi badan kita, usahakan lebih tinggi. Bisa dua-tiga meter sebagai akibatnya kita bisa mudah pada merawat dan memberi makan bebek.

Kebersihan. Bersihkan loka dan media sebelum dan setelah kandang jadi secara rutin. Jangan hanya sekali sebelum pembuatan sangkar saja kita lakukan penyemprotan. Pemberian disinfektan secara rutin sangat diharapkan. Berikan semprotan dan disinfektan ketika bebek sedang keluar dari sangkar. Ingat, sangkar bebek yang baik merupakan yg kering dan higienis berdasarkan penyakit.

Buat desain kandang. Alangkah baiknya sebelum anda mulai menciptakan, anda untuk sketsa. Dimana letak wadah pakan, tempat mandi & lain-lain. Tujuannya agar anda gampang dalam menempatkan segala sesuatu nantinya. Untuk sangkar bebek petelur, ingat siapkan wadah buat menampung telur di pada sangkar, buatlah petak - petak yang tidak terlalu akbar sehingga bisa memudahkan kita waktu panen telur.

Selanjutnya, setelah anda tahu berbagai jenis & tipe sangkar bebek. Karena menurut pengalaman, masing - masing sangkar tersebut mempunyai beberapa kelebihan & kekurangan. Alangkah baiknya sebelum kita menentukan bentuk kandang yg akan kita buat, kita memahami lebih dahulu tentang jenis kandang bebek yg banyak digunakan oleh para peternak bebek.

Jenis - Jenis Kandang

Ada beberapa jenis kandang yang bisa kita pilih dan dapat disesuaikan dengan jumlah modal dan lahan yang kita miliki.

Kandang Baterai

Tipe kandang ini menggunakan sistem satu kandang untuk seekor bebek. Biaya pembuatannya pun paling mahal dibandingkan tipe kandang yang lain. Dengan luas 50 cm persegi dan satu baris berisi 5 kandang.

Dengan sangkar baterai, kita bisa lebih mudah melakukan kontrol dalam setiap bebek. Tetapi perkawinan bebek wajib dilakukan menggunakan inseminasi buatan yang memakan biaya . Kandang jenis ini kini hanya digunakan buat anakan bebek atau starter.

Kandang Ranch / Ren

Ini adalah tipe kandang yang banyak dipakai oleh para peternak bebek dan dapat berisi lebih dari satu bebek. Cocok sebagai kandang bebek pedaging dan petelur dewasa. Umbaran/latar untuk bermain bagi ternak membuat kandang jenis ini terlihat alami. Selain itu, juga terdapat kolam di depan kandang yang membuat bebek dapat mandi dan berenang saat udara panas.

Kandang Postal

Kandang jenis ini hampir sama dengan kandang ren, karena dapat berisi lebih dari satu bebek. Bahkan satu petak kandang dapat berisi ratusan ekor bebek. Tergantung dengan luas lokasi. Sangat menghemat tempat karena wadah pakan dan telur terdapat di dalam kandang, sehingga lebih mudah dalam pemberian pakan.

Usahakan jika anda menggunakan jenis kandang ini, buatlah menggunakan tinggi maks 2 meter, supaya lebih gampang pada panen dan pemberian pakan. Jenis kandang postal cocok buat pembesaran bebek pedaging/konsumsi.

Demikian tersebut jenis - jenis sangkar bebek dan beberapa poin krusial pada merancang sangkar bebek yg baik. Buatlah kandang yg mengagumkan dengan bahan - bahan yang mudah pada dapat pada kurang lebih anda. Usaha peternakan bebek memang menguras porto, tetapi hasilnya bisa kita nimati secara konstan tanpa henti, asalkan kita tetap teliti dan tabah dalam melewati masalah yg terdapat.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...