Kamis, 04 Juni 2020

8 Langkah Cara Kerja Jantung

Jantung merupakan organ berotot yg memompa darah melalui pembuluh darah buat sistem aliran darah. Pada insan, jantung terletak pada antara paru-paru tepatnya di tengah dada. Jantung terbagi atas empat ruang, yaitu serambi (atrium) dan bilik (ventrikel). Jantung mempunyai katup yang berfungsi mencegah aliran pulang darah. Jantung bekerja menggunakan memompa darah dengan ritme yg ditentukan sang sel pacemaker di nodus sinoatrial. Berikut adalah penjelasan ringkas dan lengkap mengenai langkah-langkah atau tahap-tahap cara kerja jantung. Langsung saja kita simak yg pertama:

Bagian-bagian jantung

Gambar dibawah merupakan animasi cara kerja jantung. Sedangkan gambar di atas merupakan bagian-bagian jantung buat membantu mengetahui bagian-bagian dalam animasi di bawah.

Animasi langkah cara kerja jantung

Berikut adalah penjelasan langkah cara kerja jantung:

Serambi kiri relaksasi sebagai akibatnya darah dari paru-paru yang kaya akan oksigen masuk ke serambi kiri jantung melalui pembuluh balik paru-paru (pulmonal).

Serambi kiri berkontraksi sebagai akibatnya katup mitral terbuka dan darah masuk ke bilik kiri.

Bilik kiri berkontraksi sebagai akibatnya darah kaya oksigen terpompa ke semua tubuh melalui aorta.

Setelah oksigen digunakan oleh sel buat metabolisme, darah merogoh karbon dioksida menurut sel yg merupakan limbah metabolisme dan membawanya ke jantung.

Serambi kanan berelaksasi sebagai akibatnya darah menurut seluruh tubuh yg kaya karbon dioksida masuk ke serambi kanan jantung melalui vena cava.

Serambi kanan berkontaksi sehingga katup pulmoner terbuka dan darah masuk ke bilik kanan.

Bilik kanan berkontraksi sehingga darah kaya karbon dioksida terpompa ke paru-paru melalui arteri pulmonalis buat melepas karbon dioksida & mengambil oksigen.

Kembali ke nomor 1.

Referensi:

Cara Kerja Jantung Singkat & Lengkap (http://cacatanipa.Blogspot.Co.Id/2015/06/cara-kerja-jantung.Html)

Anda mampu request artikel apa saja melalui hedisasrawan@gmail.Com atau pribadi saja lewat komentar dibawah :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...