Selasa, 16 Juni 2020

Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran

Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran

Posted by Agrikompleks

Batang Pisang Sebagai Media Tanam Sayuran - Tahukan kamu, jika batang pisang atau biasa disebut gedebog dapat dimanfaatkan sebagai media tanam sayuran secara langsung. Berbagai macam jenis tanaman sayuran yang berumur pendek seperti cabai, bawang merah, bayam, terong, tomat, sawi, pakcoy, kangkung dan jenis sayuran lainnya bisa ditanam menggunakan media gedebog pisang ini.

Batang pisang sebagai media tanam sayuran

Gedebog pisang ternyata memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan media tanam lain, seperti tingginya kandungan pati yang berfungsi sebagai sumber nutrisi flora & juga mengandung mikroorganisme dekomposer lokal yg dapat membangun kompos secara langsung di pada btg pisang tersebut.

Tak hanya itu, gedebog pula menagndung senyawa misalnya Antrakuinon Saponin & Flavonoid yg berperan untuk mendorong tumbuhnya serabut akar dalam flora, sebagai akibatnya akar flora dapat menyerap nutrisi dengan baik.

Ditambah lagi dengan kandungan kadar airnya yang tinggi yaitu kurang lebih 80%. Sehingga bisa membuat penggunaan gedebog pisang menjadi media tanam nir perlu lagi dilakukan penyiraman yg rutin sebagai akibatnya bisa berhemat kebutuhan air buat penyiraman.

Batang Pisang Dapat Dimanfaatkan Sebagai Media Tanam Sayuran
Sumber : webblogkkn.Unsyiah.Ac.Id

Lalu, bagaimana cara menggunakan media gedebog pisang ini? Berikut tahapan yang mampu dilakukan.

  • Pertama, pilih gedebok pisang sebagai media tanam. Bisa dipotong dan kemudian di posisikan tidur atau bisa langsung ditanaman tanpa melakukan pemotongan.
  • Pada bagian batang pisang dibuat lubang dengan diameter 5 cm sedalam 10 cm serta diberi jarak untuk setiap lubang sekitar 15-20 cm.
  • Siapkan media dari campuran tanah, kotoran hewan dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1. aduk sampai rata lalu masukkan ke dalam lubang tanam
  • Setelah itu, masuukan benih tanaman dan ditutup dengan tanah.
  • Langkah berikutnya, rawat secara rutin. Tanaman disemprot menggunakan pupuk cair organik setiap 5 hari sekali dan diselingi dengan pengendalian hama serta pembersihan gulma bila perlu.

Demikian pembuatan media tanam menggunakan gedebog pisang, apabila hal-hal di atas dilakukan secara baik dan sempurna maka budidaya sayur organik memakai media gedebog pisang ini akan menaruh hasil yang maksimal .

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...