Sabtu, 06 Juni 2020

Aspek Budidaya Padi Organik Melalui Metode SRI

Aspek Budidaya Padi Organik Melalui Metode SRI

Posted by Agrikompleks

Aspek Budidaya Padi Organik Melalui Metode SRI -Usaha tani padi dengan sistem SRI (System of Rice Intensification) merupakan usahatani yang dapat menghemat penggunaan input seperti benih, penggunaan air, pupuk kimia dan pestisida kimia melalui pemberdayaan petani dan kearifan lokal.

Aspek budidaya padi organik metode SRI

Beberapa praktek pada berbagai negara menemukan bahwa metode SRI (System of Rice Intensification) berhasil menekan serendah mungkin input produksi. Hal ini sejalan dengan upaya para aktivis pertanian organik buat mengolah tanah secara berkelanjutan.

Hasilnya, ditemukan hubungan perlindungan air dalam sistem budidaya padi SRI menggunakan upaya konservasi tanah yang dianut pada budidaya padi organik. Saat ini, banyak para petani organik yang menerapkan budidaya padi dengan metode SRI (System of Rice Intensification).

Pola pertanian padi SRI (System of Rice Intensification) organik merupakan deretan antara metode budidaya padi SRI (System of Rice Intensification) yang pertamakali dikembangkan pada Madagaskar, menggunakan metode budidaya padi organik pada praktek pertanian organik. Metode ini akan mempertinggi fungsi tanah sebagai media tumbuh & asal nutrisi tanaman .

Dengan sistem SRI organik siklus ekologis akan berlangsung menggunakan baik karena memanfaatkan mikroorganisme tanah secara natural. Pada gilirannya keseimbangan ekosistem dan kelestarian lingkungan akan sellalu terjaga. Di sisi lain, produk yang didapatkan berdasarkan metode ini lebih sehat bagi konsumen karena terbebas dari paparan zat kimia berbahaya.

Melalui sistem ini kesuburan tanah dikembalikan sebagai akibatnya siklus-siklus ekologis bisa kembali berlangsung dengan baik dengan memanfaatkan mikroorganisme tanah sebagai penyedia produk metabolit buat nutrisi flora.

Melalui metode ini dibutuhkan kelestarian lingkungan dapat permanen terjaga dengan baik, demikian pula dengan produk akhir yg dihasilkan, yang notabene lebih sehat bagi konsumen lantaran terbebas menurut paparan zat kimia berbahaya.

Pemilihan metode budidaya padi organik secara SRI (System of Rice Intensification) sanggup menghasilkan produk akhir berupa beras organik yg memiliki kualitas tinggi sebagai beras sehat, ditinjau menurut beberapa aspek berikut:

Aspek lingkungan

Dengan menghilangkan penggunaan pupuk & obat-obatan kimia & manajemen penggunaan air yang terukur secara nir eksklusif telah membantu mengkonservasi lingkungan.

Aspek kesehatan

Bagi konsumen produk yang dihasilkan akan lebih sehat & menyehatkan, karena tidak terkandung sisa zat kimia berbahaya yg dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh manusia.

Produktivitas tinggi

Bagi penghasil atau petani, penerapan metode ini mampu menaikkan hasil panen yang pada giliranya menghasilkan laba maksimal .

Kualitas yang tinggi

Produk  yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan produk konvensional, sehingga harganya pun tentunya akan lebih baik.

Itulah keterangan mengenai aspek budidaya padi organik melalui metode SRI, gampang-mudahan bisa berguna & menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...