Minggu, 14 Juni 2020

4 Penggolongan Makhluk Hidup (Hewan dan Tumbuhan)

Penggolongan makhluk hayati adalah penggolongan yang lebih difokuskan dalam persamaan karakteristik dibandingkan pengelompokan secara sistematis. Penggolongan makhluk hayati dapat dilakukan menurut loka hidupnya, kondisi fisik, jumlah kaki, jenis kuliner, cara berkembang biak, dll. Pengelompokan makhluk hayati dari karakteristik-cirinya disebut klasifikasi makhluk hayati. Berikut merupakan beberapa model penggolongan makhluk hidup baik itu hewan maupun tumbuhan. Langsung saja kita simak yang pertama:

contoh penggolongan hewan

1. Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanan

Baca pula: 20 Ciri Khusus Hewan dan Manfaatnya

Hewan bisa digolongkan menurut kuliner yg biasa dikonsumsi. Penggolongan tersebut terdiri berdasarkan tiga jenis yaitu pemakan flora (herbivora), pemakan daging (karnivora), & pemakan flora & fauna (omnivora).

1.1. Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)

Beberapa contoh hewan herbivora (pemakan tumbuhan) yaitu sapi, kerbau, kuda, kambing, dll.

1.Dua. Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Beberapa model hewan hewan pemakan daging (pemakan daging) yaitu singa, buaya, harimau, dll.

1.3. Hewan Pemakan Tumbuhan dan Hewan (Omnivora)

Beberapa contoh hewan omnivora (pemakan tumbuhan & daging) merupakan manusia, ayam, dll.

Dua. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Akar

Bentuk akar setiap tanaman berbeda-beda. Terdapat 2 jenis akar yaitu tunggang & serabut.

2.1. Tumbuhan Berakar Tunggang

Tumbuhan yang berakar tunggang adalah tumbuhan dikotil (berbiji dua). Tumbuhan berakar tunggang biasanya berupa pohon karena pohon berukuran besar membutuhkan akar yang kuat. Contoh tumbuhan berakar tunggang adalah mangga, cabai, kacang-kacangan, jeruk, dll.

2.Dua. Tumbuhan Berakar Serabut

Tumbuhan yang berakar serabut adalah tumbuhan monokotil (berbiji satu). Contoh flora berakar serabut adalah padi, kelapa, rumput, jagung, dll.

Tiga. Penggolongan Hewan Berdasarkan Habitat

Hewan dapat digolongkan berdasarkan habitatnya seperti pada darat, air tawar, air asin, atau amfibi.

3.1. Hewan Habitat di Darat

Ciri utama hewan yg berhabitat di darat adalah bernapas dengan memakai paru-paru. Contoh fauna yg berhabitat pada daratan merupakan manusia, anjing, kelinci, dll.

Tiga.Dua. Hewan Habitat pada Air Tawar

Hewan yang habitatnya di air tawar umumnya berada pada sungai dan danau. Ciri utamanya adalah bernapas dengan insang & jenisnya berupa ikan. Contoh fauna yang berhabitat di air tawar adalah ikan cupang, ikan louhan, ikan lele, dll.

Tiga.Tiga. Hewan Habitat di Air Asin

Hewan yang habitatnya di air asin biasanya berada pada laut. Ciri utamanya dalah bernapas dengan insang. Contoh fauna yg habitatnya pada air asin adalah ikan hiu, gurita, ikan salmon, cumi-cumi, dll.

Tiga.4. Hewan Amfibi

Hewan amfibi adalah fauna yang habitatnya di air dan pada daratan. Contoh hewan amfibi merupakan salamander & katak.

4. Penggolongan Tumbuhan Berdasarkan Bentuk Tulang Daun

contoh penggolongan tumbuhan

Baca jua: 14 Ciri Khusus Tumbuhan & Manfaatnya

Bentuk tulang daun dalam setiap jenis tumbuhan juga majemuk. Terdapat empat jenis bentuk tulang daun yaitu menyirip, menjari, melengkung, & sejajar.

4.1. Tulang Daun Menyirip

Bentuk tulang daun menyirip seperti misalnya sirip ikan. Contoh flora menggunakan tulang daun menyirip merupakan nangka, mangga, jambu, dll.

4.2. Tulang Daun Menjari

Bentuk tulang daun menjari berbentuk misalnya susunan jari. Contoh tanaman menggunakan tulang daun menjari adalah singkong, pepaya, dll.

4.3. Tulang Daun Melengkung

Bentuk tulang daun melengkung melengkung dalam bagian pinggriannya sebagai akibatnya simetris. Contoh flora dengan tulang daun melengkung merupakan sirih, eceng gondok, dll.

4.4. Tulang Daun Sejajar

Contoh tumbuhan menggunakan tulang daun sejajar adalah padi, tebu, jagung, dll.

Referensi:

  1. BAB 2 PENGGOLONGAN MAKHLUK HIDUP (https://ratih2701.wordpress.com/bab-1-ciri-ciri-dan-kebutuhan-makhluk-hidup/bab-2-penggolongan-makhluk-hidup/)

  2. Penggolongan Tumbuhan (http://mastugino.blogspot.co.id/2013/09/penggolongan-tumbuhan.html)

  3. (tanpa judul) (http://winnindi.blogspot.co.id/2013/05/ciri-ciri-ekosistem-air-tawar-a.html)

  4. Nama-Nama Ikan Air Tawar (http://www.binatang.mewarnaigambar.web.id/p/nama-nama-ikan-air-tawar.html)

  5. 2.1 Penggolongkan Hewan Berdasarkan Tempat Hidupnya. (https://windimeriastanti.wordpress.com/2013/01/03/2-1-penggolongkan-hewan-berdasarkan-tempat-hidupnya/)

  6. Amphibia (Amfibi) dan Contoh hewan Amfibi (http://kampus-biologi.blogspot.co.id/2015/02/amphibia-amfibi-dan-contoh-hewan-amfibi.html)

Anda mampu request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.Com atau eksklusif saja lewat kolom komentar :)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...