Jumat, 08 Mei 2020

Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda

Merawat Tubuh Kuda - Perawatan tubuh harus dilakukan ketika kuda dalam kondisi segar dan kering. Sebelum perawatan, lankukan pencongkelan kuku kuda menggunakan congkel kuku. Lakukan dari bagian tumit (heel) ke arah telapak kuku (toe) dan pastikan tidak ada bagian yang rusak atau terinfeksi.

Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda

Posted by Agrikompleks

Cara Merawat Bagian Tubuh Kuda

Perawatan tubuh kuda dapat dibagi sebagai dau termin, yaitu perawatan tubuh bagian kanan dan perawatan tubuh bagian kiri. Pada perawatan tubuh bagian kanan, perawat wajib berdiri dalam sisi bagian kanan kuda. Selanjutnya pegang kerok dengan tangan kanan & sikat pada tangan kiri. Kerok dan gosok tubuh kuda mulai dari bagian leher lalu ke tubuh, bahu, kaki depan sampai ke kuku.

Kemudian pulang ke arah tubuh lalu perut, punggung dan kaki belakang. Begitu seterusnya, kerok kemudian sikat secara bergantian. Walaupun cara ini lebih efektif, namun terdapat juga sebagian perawat yang mengerok kuda dulu baru menyikatnya.

Satu hal yg perlu diperhatikan bahwa kerok jangan digunakan dalam bagian lutut atau bagian-bagian tulang. Setelah terselesaikan dalam bagian kanan, perawatan tubuh bisa dilanjutkan dalam bagian kiri. Perawat berdiri di sebelah sisi kiri kuda sembari memegang kerok dengan tangan kiri & menyikat memakai tangan kanan. Perawatan dimulai dari bagian leher & seterusnya sama misalnya perawatan pada bagian kanan.

Perawatan kemudian dilanjutkan ke bagian kepala kuda. Bersihkan kepala kuda menggunakan menggunakan sikat, terutama pada bagian lipatan leher. Perhatikan pula bagian bawah brongsong yang berhubungan eksklusif dengan kulit.

Selanjutnya lakukan penyisiran rambut kuda, mulai menurut atas (pangkal) hingga ekor. Untuk penyisiran rambut dibagian ekor, pegang ekor dengan satu tangan dan tangan lainnya melakukan penyisiran. Sisir sedikit demi sedikit hingga terselesaikan. Selain itu, ekor juga dibersihkan menggunakan air panas yg sebelumnya sudah dicampur detergen.

Perawatan selanjutnya dilakukan dengan melap bagian mata, hidung, lubang hidung, pendengaran dan ekspresi. Melap tubuh kuda merupakan polesan terakhir pada perawatan tubuh kuda & memastikan hasil perawatan.

Untuk mengetahui perawatan telah bersih atau belum dapat dengan melewatkan jari tangan dalam bagian kuda. Apabila pada jari ada kotoran atau debu, berarti perawatan belum paripurna. Cek jua kebersihan dalam bagian mata, hidung, telinga & verbal lantaran bgain-bagian tadi seringkali terlupakan.

Bila diharapkan dapat melakukan perawatan tambahan pada badan kuda. Perawatan tambahan tadi mencakup pemijatan dan penyisiran & penipisan rambut.

Sumber :

Maswarni & Nofiar, R. (2014). Kuda (Manajemen Pemeliharaan dan Pengembangbiakan). Penebar Swadaya. Jakarta.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...