Jumat, 08 Mei 2020

6 Cabang-Cabang Seni Dan Contohnya

Seni merupakan aktualisasi diri perasaan insan ke pada suatu media nyata yg memiliki unsur keindahan. Seni adalah usaha manusia buat membentuk sesuatu yang indah dan membawa kesenangan. Seni mengandung khayalan & gagasan oleh pembuat yang dibuat sedemikian rupa agar tersampaikan ke setiap orang yang menikmati hasil karyanya. Seni terdiri berdasarkan berbagai macam cabang. Berikut merupakan cabang-cabang seni. Langsung saja kita simak yg pertama:

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni yg dapat dilihat sang alat penglihatan & diraba oleh alat peraba. Hal ini sinkron dengan arti kata ?Rupa? Yg berarti keadaan yg tampak berdasarkan luar (bentuk). Seni rupa terbagi sebagai 2 jenis menurut fungsinya yaitu seni rupa murni & seni rupa terapan. Fungsi seni rupa murni adalah menjadi pajangan atau hiasan sebagai akibatnya keindahannya dapat dinikmati oleh orang lain. Sedangkan fungsi seni rupa terapan adalah menjadi indera buat membantu kehidupan insan. Contoh seni rupa merupakan lukisan, patung, kerajinan keramik, arsitektur, pakaian (fashion), dan senjata tradisional.

Seni tari merupakan cabang seni yang menghasilkan suatu mobilitas tubuh yang mengikuti irama eksklusif. Seni tari menggabungkan tiga unsur yaitu wiraga (raga/mobilitas badan), wirama (irama), dan wirasa (rasa/penjiwaan). Tarian umumnya dipadukan dengan pertunjukan musik buat mendukung irama, baik itu musik tradisional juga musik terbaru, atau kolaborasi keduanya. Contoh seni tari adalah tari pendet, tari saman, tari kecak, tari tor-tor, dan berbagai macam tari ciptaan misalnya tari manuk rawa yang asal menurut Bali.

Seni musik merupakan cabang seni yang memakai bunyi yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung lagu, irama, dan keharmonisan. Suara tersebut bisa berasal berdasarkan indera musik juga bunyi vokal insan. Seni musik dipakai secara luas baik sebagai wahana hiburan, pendidikan, komersial, ritual upacara, dll. Seni musik dibagi sebagai 3 jenis yaitu musik klasik, terkenal, dan tradisional. Contoh seni musik adalah musik keroncong, musik gamelan, musik rock, musik jazz, dll.

Seni sastra adalah cabang seni yg memakai rangkaian istilah-istilah membentuk suatu tulisan yg bisa dinikmati oleh pembacanya. Seseorang bisa menikmati seni sastra baik dengan cara membacanya atau dibacakan orang lain. Seni sastra dibagi sebagai dua yaitu puisi dan prosa. Puisi merupakan seni sastra yang memakai kaidah & pedoman tertentu sehingga lebih kaku. Sedangkan prosa adalah seni sastra yg tidak terikat dengan kaidah atau pedoman eksklusif. Contoh seni sastra merupakan puisi, novel, cerpen, pantun, dll.

Seni teater adalah seni kiprah yang dimainkan oleh beberapa orang sesuai kiprah masing-masing. Seni teater menggabungkan unsur seni tari, seni sastra, seni rupa, dan seni musik. Proses membentuk seni teater terdiri menurut penyusunan/pemilihan naskah, penggarapan, penafsiran, & penyajian/pementasan pada hadapan publik. Secara luas, seni teater jua berarti seluruh kegiatan adegan/peran di atas panggung walaupun nir dimainkan sang beberapa orang misalnya wayang. Contoh seni teater adalah ketoprak, wayang, lenong, dll.

Seni berwawasan teknologi merupakan cabang seni tambahan yg memakai teknologi tinggi yg menggabungkan semua seni. Munculnya seni berwawasan teknologi pertanda bahwa seni bisa berpadu menggunakan teknologi sehingga membangun seni dan pengetahuan baru. Contohnya adalah seni sinema (film).

Berikut adalah disparitas antara enam macam seni dalam bentuk tabel.

Cabang Seni

Bentuk Media

Indera Penikmat

Matra/Dimensi

Baca jua:

  1. Seni (Artikel Lengkap)
  2. Seni Musik (Artikel Lengkap)
  3. Seni Rupa (Artikel Lengkap)

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...