Sabtu, 02 Mei 2020

3 Contoh Perubahan Sosial dalam Komunikasi

Perubahan sosial merupakan kata yg merujuk pada setidaknya empat jenis fenomena yakni perubahan populasi, perubahan budaya, perubahan rekanan, dan perubahan katastropik. Perubahan sosial lebih luas dibandingkan perubahan budaya karena perubahan sosial lebih bersifat evolusioner. Perubahan sosial dalam komunikasi dewasa ini lebih ditentukan sang perkembangan teknologi. Teknologi memungkinkan setiap orang bisa berkomunikasi menggunakan orang lain meskipun jaraknya sangat jauh. Berikut merupakan model perubahan sosial pada bidang komunikasi. Langsung saja kita simak yg pertama:

Telepon genggam sanggup dikatakan menjadi perangkat paling revolusioner waktu ini. Setiap orang membutuhkannya dan sebagai galat satu kebutuhan utama. Telepon genggam memiliki fitur yg sangat banyak pada ukurannya yang relatif mini . Salah satu fungsi utama telepon genggam merupakan buat berkomunikasi. Telepon genggam sangat membantu dua pihak yang berjauhan saling berkomunikasi. Komunikasi melalui telepon genggam bisa memakai banyak sekali medium mulai berdasarkan mulut, goresan pena, sampai visual. Hal tadi menimbulkan perubahan sosial yang revolusioner sebagai akibatnya diklaim sebagai revolusi komunikasi (Istiyanto, 2016).

Media sosial adalah teknologi yang memfasilitasi pembentukan komunitas atau mengembangkan berita melalui komunitas virtual. Media sosial sudah memungkinkan pertukaran budaya dan komunikasi lintas budaya. Orang-orang di media umum juga berkomunikasi dengan cara yang tidak sinkron dan memunculkan istilah-istilah baru misalnya ?LOL?, ?Wkwk?, ?Viral?, ?Netizen?, dll. Media sosial juga dimanfaatkan sang perusahaan buat mengkomunikasikan produknya kepada calon konsumen potensial.

Media komunikasi satu arah misalnya radio dan televisi menimbulkan perubahan sosial dalam awal kemunculannya & masih terjadi saat ini khususnya di daerah pelosok. Radio dan televisi memungkinkan orang-orang pada pelosok mengetahui apa yg terjadi pada luar daerahnya sebagai akibatnya memberikan wawasan & cara lain hiburan baru. Akan namun, radio dan televisi juga membawa efek negatif misalnya cara komunikasi orang pada televisi yang dipercaya kurang sopan dalam masyarakat mulai ditiru (Hatu, 2011).

Baca pula:

Tugas Sosiologi: Perubahan Sosial Budaya

Perubahan Sosial dan Budaya Massa (Artikel Lengkap Sosiologi)

Sosiologi Komunikasi (Artikel Lengkap)

Perubahan Sosial Di Bidang Teknologi

Pengertian Sosiologi Komunikasi (Artikel Lengkap)

Daftar Pustaka:

Hatu, Rauf. 2011. Perubahan Sosial Kultural Masyarakat Pedesaan (Suatu Tinjauan Teoritik-Empirik). Jurnal Inovasi, Vol. 08, No. 04.

Istiyato, S. Bekti. 2016. Telepon Genggam dan Perubahan Sosial: Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi dan Informasi Bagi Anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi, Vol. 1, No. 1: 58-63.

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...