Sabtu, 02 Mei 2020

Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan

Budidaya Ikan Platy - Salah satu jenis ikan hias yang mudah di pelihara dan menguntungkan adalah ikan platy. Ikan platy termasuk dalam kategori jenis ikan hias kecil tahan lama dan tidak mudah mati. Kelebihannya mudah berkembang biak dan budidaya platy ini sangat mudah.

Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan

Posted by Agrikompleks

Budidaya Ikan Platy, Ikan Hias yang Menguntungkan

Bagi kalian yg tertarik buat melakukan bisinis ikan hias, budidaya ikan hias yang satu ini sangat cocok buat dijadikan usaha lantaran mudah dikawinkan & mempunyai harga jual yg gampang dan cukup indah.

Namun buat memulai bisnis budidaya ikan hias platy kalian perlu mengetahui bagaimana cara budidaya yg baik dan sahih sebagai akibatnya bisa mendapatkan laba, buat itu kami akan menaruh keterangan mengenai cara budidaya ikan platy agar bisa menguntungkan.

Tempat Pemijahan Budidaya Ikan Platy

Untuk tempat pemijahan budidaya ikan platy, kalian bisa menggunakan bak yang terbuat dari semen dengan ukuran kira-kira 2x1 meter dan ketinggian baik diperkirakan sekitar 0,4 meter. Kalian juga bisa menggunakan wadah akuarium dengan memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi sekitar 80x45x40 cm. Akan tetapi untuk wadah akuarium kalian hanya bisa menampung ikan nantinya lebih sedikit dibandingkan dengan bak semen.

Untuk penggunaan airnya kalian bisa menggunakan air sumur yang sudah diendapkan sehari semalam (24 jam). Kalian jua harus memperhatikan suhu yang paling ideal buat loka pemijahan ikan platy diperkirkan sekitar 25 - 27 derajat celcius. Untuk lebih baik lagi supaya menjadi tempat berteduh bagi ikan platy kalian mampu masukkan tumbuhan hydrilla atau enceng gondok yang sudah bersih menurut lumpur & telur-telur siput.

Memilih Induk Budidaya Ikan Platy

Keberhasilan budidaya ikan platy ditentukan oleh bagusnya indukan. Induk jantan mempunyai gonopodium, sedangkan betina tidak. Induk jantan tumbuh lebih kecil dibandingkan betina. Pilihlah induk jantan yang telah berukuran 2,5 cm, dengan induk betina yang berukuran 3,75 cm. Kemudian di umur 5 sampai 6 bulan kalian sudah bisa dikawinkan indukan ikan platy.

Induk platy harus sehat dan memiliki bentuk badan yg montok dan jangan menentukan ikan yang bentuk badannya memanjang sedangkan buat warna badan induk yang baik biasanya merah cabe. Induk yg sudah diseleksi pada tenpatkan pada bak tersendiri, dan diberi kuliner yang bergizi, misalnya jentik nyamuk & aneka macam jenis kuliner yg disukai ikan platy.

Pemijahan Budidaya Ikan Platy

Untuk pemijahan budidaya ikan platy setelah kalian sudah mempunyai bak pemijahan atau akuarium dipersiapkan kemudian bersihkan terlebih dahulu bak datau akuariumnya lalu isi dengan air bersih. Tinggi air pemijahan berkisar 35 - 40 cm dan jangan lupa untuk mengisi air yang bersih kedalam tepat pemijahan.

Jumlah induk yang dipijahkan sebaikanya jangan tanggung-tanggung, jika perlu jangan kurang dari 100 induk betina dalam bak pemijahan. Kemudian jika ingin menggunakan akuarium dapat diisi sekitar 30 - 50 ekor induk betina. Untuk induk jantan sama seperti ikan hias lainnya yaitu masukkan  jumlah induk jantan sepertiga dari induk betina.

Nah, setelah selesai pemijahan & beberapa bulan lalu anakan ikan telah mulai terdapat. Anak atau benih kemudian dipindahkan ke pada bak pembesaran, sedangkan induknya permanen pada dalam bak pemijahan. Kalian ingat indukan platy harus diberi makan yang relatif.

Untuk menghindari serangan bibit penyakit, makanan harus dicuci bersih dulu. Jangan abaikan benih terlalu usang bersama induknya, supaya tidak jadi korban sifat kanibal induk. Indukan betina ikan platy hanya sanggup membuat benih antara 30 - 60 ekor & indukan betina akan mengeluarkan anak lagi setelah 4 minggu kemudian.

Pembesaran Budidaya Ikan Platy

Langkah selanjutnya yaitu pembesaran budidaya ikan platy, untun pembesaran ikan kalian harus mempunyai bak pembesaran dengan ukuran sekitar 2 x 2 meter, dengan ke dalaman bak sekitar 0,4 meter. Lakukan pengisian air bersih dan beri enceng gondok atau hydrilla sebagai peneduh maupun tempat persembunyian.

Untuk hadiah pakan dalam minggu pertama benih-benih diberi makan infusoria & plankton yg didapat output pemupukan. Nah, lalu memasuki hari ke dua sudah boleh diberi makan cacing atau kutu air.

Kalian wajib memperhatikan kualitas air dalam bak, nah buat pergantian air kalian usahakan melakukan seminggu sekali namun sisakan air lama kira-kira kurang lebih 1/tiga air yang terdapat pada pada bak. Air yang dipakai buat mengganti usahakan sudah didiamkan sehari semalam, dan penggantian dilakukan pada pagi hari, nir lebih menurut jam 10.00.

Penjarangan dilakukan selesainya benih berumur sebulan. Kalian harus memisahkan ikan platy ketika telah besar , demikian jua yg lebih kecil supaya buat menghindari persaingan mengambil makanan.

Masa Panen Ikan Platy

Masa panen budidaya Ikan Platy ini biasanya rata - rata 2 bulan namun lebih kepada permintaan dari pasar, dan dengan waktu tersebut, akan menghasilkan untung dengan beternak ikan kecil serta cantik ini.

Itulah berita tentang cara budidaya ikan platy yang baik & sahih mudah-mudahan sanggup berguna dan menambah wawasan Anda, Selamat mencoba !

Kuliner Khas Kutai Timur

Sambal raja terbuat dari cabai, bawang merah, terasi, tomat yang digoreng hingga lembek dan mudah dihaluskan. Disertai dengan tempe, udang, ...